Pengaruh Metode Preview, Question, Read, Summarize, Test (PQRST) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V MIS Al-Ikhwan Bukittinggi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Dalman. (2014). Keterampilan membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dihan, W., Hidayat, M., & Nugraha, U. (2022). Penerapan Metode PQ4R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SD. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 7(1), 88–100.
Dorisno, D. (2019). Hubungan Gender dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 9(1), 19-28.
Halik, A., Sultan, A., & Asri, H. (2023). Penerapan Model PQRST Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 176 Barru. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(20), 197–201.
Halik, A., Sultan, M. A., & Nasriani, N. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Preview, Question, Read, Summarize, Test (PQRST) Terhadap Hasil Belajar Membaca Pemahaman Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 4(2). https://doi.org/10.36339/jhest.v4i2.4
Hamdayama, J. (2017). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Ida, H., & Fuzi, S. (2023). Membaca dan Pengajarannya (Bermuatan Model Membaca Teks Digital). Sidoarjo: Thalibul Ilmu Publishing & Education.
Khasanah, Aan., & & Cahyan, I. (2021). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan strategi question answer relationships (QAR) pada siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 4(2), 162.
Muhibbah, L. (2023). Efektivitas Metode PQRST untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(1), 93–114. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i1.761
Nurhayati. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI. Bogor: Guepedia.
Purwati, P. D. (2023). Inovasi Keterampilan Bahasa dalam Kurikulum Merdeka. Semarang: Cahya Ghani REcovery.
Putra Nugraha, R. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Metode Pqrst (Preview, Question, Read, Summarize, Test) Peserta Didik Kelas V Sd Negeri Kedungmalang. Jurnal Citra Pendidikan, 3(4), 1379–1385. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i4.2190
Putranto, R., Inayati, D., Mahardika, P., & Safira, R. (2023). Terampil Membaca dan Menulis Bahasa Indonesia SD. Semarang: Cahya Ghani REcovery.
Remiswal, R. (2021). The influence of contextual teaching and learning approach and students’ gender on mathematics understanding at grade IV SDN Alang Lawas, Padang. JURNAL PAJAR: PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN, 5(4).Riyanti, A. (2021). Keterampilan Membaca. Yogyakarta: K-Media.
Rosidah, C., Azmy, B., & Hanindita, A. W. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).
Rusman, R., Khaltsum, U., & Saeful, M. (2024). Pengaruh Metode Preview , Question , Read , Summarize and Test ( PQRST ) Terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V A SDN Paccinongang Unggulan. 2(1).
Sakinah, W. P., & Ibrahim, N. (2023). Pengaruh Metode SQ3R terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Journal Elementary School Education, 7(1), 38–45.
Samsiyah, N. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Kelas Tinggi.
Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Amir, D., & Basit, A. (2018). Kompetensi Pedagogik dan Profesional Mahasiswa Jurusan PAI pada Pelaksanaan PPL Tahun Akademik 2017/2018. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 24-35.
Basit, A. (2021). Pelatihan Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Tematik bagi Guru MIN Korong Gadang Kota Padang. Jurnal Dedikasia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 135-147.
Basit, A., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). SISTEM MANAJEMEN MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI DI KOTA PADANG. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1).
Basit, A., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). UPAYA GURU MENGATASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS 1 MIN 6 KOTA PADANG. MISOOL: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 13-17.
Basit, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Stad Saat Transisi Pembelajaran Daring Ke Luring Di Kelas V Sdn 15 Anduring Kota Padang. IEEJ: Islamic Elementary Education Journal, 1(2), 89-110.
Basit, A., Besral, B., & Mahmud, M. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Negeri 18 Anduring Kota Padang. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 13(1), 89-97.
Basit, A., Nurdin, S., & Kosim, M. (2023). Strategi Guru dalam Pengembangan Kurikulum di MI Negeri 3 Kota Padang. JIEP: Journal of Islamic Education Papua, 1(1), 1-17.
Basit, A., Safri, E., & Rehani, R. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH PERSPEKTIF HADIS. Journal Cerdas Mahasiswa, 5(1), 30-51.
Besral, B., Yustina, L. S., & Basit, A. (2023). Language development in writing through pair-reviews in EFL learning. Studies in English Language and Education, 10(3), 4.
Enisa, S. P., Remiswal, R., & Basit, A. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V DI SD NEGERI 34 AIR PACAH KOTA PADANG. Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar), 3(1).
Ingriza, R., Basit, A., & Besral, B. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Strategi Question Answer Relationships (QAR) Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Kota Padang. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 13(2), 175-187.
Mahmud, M., Basit, A., & Ramanda, R. (2023). Pengembangan Modul Berbasis Arias Pada Materi Peredaran Darah Manusia Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Kelas 2 SD/MI. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 13(2), 193-201.
Ramadhani, S., Basit, A., & Jannah, R. (2023). Pembelajaran Abad 21 Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD N 2 Lubuk Buaya Padang. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 13(2), 157-162
Usdarisman, U., Azhari, D. S., & Basit, A. (2023, December). CHARACTER EDUCATION MANAGEMENT BASED ON ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION LEARNING AT UPI YPTK PADANG. In Proceedings of Imam Bonjol International Conference on Islamic Education (pp. 875-882).
Wulandari, F., & Dorisno, D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Tematik Subtema Merawat Tumbuhan Untuk Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 10(1), 73-80.
Zalnur, M., & Basit, A. (2021). Pembelajaran Online Era Pandemi Covid 19 di Lingkungan Madrasah Kota Padang. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 74-86.
DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v14i1.8715
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Zulfahmi HB, Suci Nurhafizah, Abdul Basit,
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.