Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar
Abstract
Media digital memainkan peran krusial dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran sains di sekolah dasar pada abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penggunaan media digital dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian literatur review dilakukan dengan analisis berbagai buku, dan jurnal, di mana siswa diperkenalkan dengan pembelajaran IPA melalui berbagai media digital interaktif. Dalam konteks ini, penerapan media digital dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar tidak hanya membantu siswa memahami konsep-konsep ilmiah, tetapi juga memberdayakan mereka dengan keterampilan berpikir kritis yang esensial untuk menghadapi tuntutan dunia abad ke-21. Implikasi dari temuan ini dapat memberikan dasar bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih inovatif dan relevan di masa depan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
A. L, C. (1985). Developing Minds, A Resource Book for Teaching Thinking. Alexandria: ASCD.
Almulla, M. A., & Al-Rahmi, W. M. (2023). Integrated Social Cognitive Theory With Learning Input Factors : The Effects Of Problem-Solving Skills and Critical Thinking Skills On Learning Performance Sustainability. Journal Sustainability, 15(5), 3978.
Amaluddin, M. R., & Machali, I. (2022). Pemanfaatan Media Digital Sebagai Sarana Pembelajaran di SMA Babussalam Pekanbaru. Prosiding The 3rd Annual Conference on Madrasah Teachers (ACoMT). 275–286.
Arends, R. (2012). Learning to Teach Ninth Edition. The Mc Graw-Hill Companies, Inc.
Ariyana, Y., A, P., R, B., & Zamromi. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Ipa Untuk Siswa Sd Kelas V. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 33–48.
Facione, P. (1998). . Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Academic Press.
Fahmi, F., Fajeriadi, H., & Irhasyuarna, Y. (2021). Feasibility of the prototype of teaching materials on the topic of classification of lifestyle based on the advantage of local wetland. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(2).
Fitriani, W., Suwarjo, & Wangid, M. N. (2021). Berpikir Kritis Dan Komputasi : Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 234–242.
Hayyuningtyas, K., & Batubara, H. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Dan Ispring Di Android Untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Ipa Di Kelas 3 Sd. Mubtadi: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 3(1), 61–69.
Ku, K., Kong, Q., Lagu, Y., Deng, L., Kang, Y., & Hu, A. (2019). What predicts adolescents’ critical thinking about real-life news? The roles of social media news consumption and news media literacy. Thinking Skill and Creativity.
Kuncoro, I. A., & Hidayati, Y. M. (2021). Learning Videos Increase Students’ Cognitive Learning Outcomes On Animal Life Cycle Materials. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar (Jisd), 5(2), 299–306.
Lubis, N., & Lubis, A. (2021). Pembelajaran Abad 21 Dengan Implementasi Experiential_Based Learning Bagi Guru Sd N 101789 Marindal I Kabupaten Deli Serdang. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1–6.
Magdalena, I., Hasna Aj, A., Auliya, D., & Ariani, R. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas vi dalam pembelajaran ipa di sdn cipete 2. InPensa : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).
Mahanal, S., Zubaidah, S., Sumiati, I., Sari, T., & Ismirawati, N. (2019). RICOSRE: Sebuah pembelajaran model untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis bagi siswa dengan kemampuan akademik yang berbeda. Jurnal Internasional Instruksi, 12(2), 417–434.
Maskur, & Safitri, E. R. (2021). Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar Digital Berbasis Android Dalam Pembelajaran Ipa Pada Siswa Berkebutuhan Khusus. Joeai (Journal Of Education And Instruction), 4(1), 47–53.
Megahantara, G. S. (2017). Pengaruh Teknologi Terhadap Pendidikan di Abad 21.
Monica, R., Ricky, Z., & Estuhono. (21 C.E.). . Pengembangan Modul Ipa Berbasis Model Research Based Learning Pada Keterampilan 4c Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4470–4482.
Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.
Partono, Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4c (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41–51.
Prafitasari, F., Sukarno, & Muzzazinah. (2021). Integration Of Critical Thinking Skills In Science Learning Using Blended Learning System. International Journal Of Elementary Education. 5(3), 434–445.
Pramono, A., Pujiyanto, Puspasari, B. D., & Dhanti, N. S. (2021). Character Thematic Education Game “Ak@R” Of Society Themes For Children With Malang-Indonesian Visualize. International Journal Of Instruction. 14(2), 179–196.
Priyani, N. E., & N. (2020). Pembelajaran Ipa Berbasis Ethno-Stem Berbanti Mikroskop Digital Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Di Sekolah. Wasis: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 99–104.
Purwati, L. M. (2021). Media Pembelajaran Digital Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Masa Pandemi Di Sekolah Dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 5(2), 152–158.
Rahayu, S., & Kristiawan, I. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Conference on Innovation and Application of Sciene and Technologi (CIASTECH 2018). 245–253.
Ramadhani, S. P., Zulela, & Fahrurrozi. (2021). Analisis Kebutuhan Desain Pengembangan Model Ipa Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1819–1824.
Risky, S. M. (2019). Analisis Penggunaan Media Video Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan. 28(2), 73–79.
Rizkasari, E., Huda, M. K., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Development Of Digital Animation As A Learning Media In Primary Schools. The 5th Annual Applied Science And Engineering Conference (Aasec), 1–6.
Samatoa, U. (2016). Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Indeks.
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4c Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 7(2), 112–122.
Sunami, M. A., & Aslam. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.
Susilo, H., Kristiani, N., & Sudrajat, A. (2020). Pengembangan keterampilan abad 21 pada senior sekolah menengah: Perspektif guru. Di DalamProsiding Konferensi AIP. 2215(1), 030018.
Umayah, U., & Riwanto, M. A. (2020). Transformasi Sekolah Dasar Abad 21 New Digital Literacy untuk Membangun Karakter Siswa Di Era Global. JURNAL PANCAR : Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar, 4(1).
Wardani, R. K., & Syofyan, H. (2018). Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 371–381.
Wijaya, A. M., Arifin, I. F., & Badri, M. I. (2021). Media Pembelajaran Digital sebagai Sarana Belajar Mandiri di Masa Pandemi dalam Mata Pelajaran Sejarah. JUrnal Sandhyakala, 2(2), 1–10.
Wulandari, A. R., Masturi, & Fakhriyah, F. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Youtube Terhadap Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.
Yulyani, Kazumaretha, T., Arisanti, Y., Fitria, Y., & Desyandri. (2020). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. School Education Journal, 10(2), 184–188.
Zubaidah, S., Fuad, S., Mahanal, S., & Suarsini, E. (2017). Meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa melalui Differentiated Science Inquiry yang terintegrasi dengan peta pikiran. Pendidikan Sains Turki, 14(4), 77–91.
DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v14i1.8831
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 elmi yanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.