Pengaruh Metode SAS dengan Papan Bergaris pada Keterampilan Menulis
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode SAS dengan papan pada keterampilan menulis peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas I SD/MI. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Exsperimen). Penelitian ini dilakukan di MIN Kota Bukittinggi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas I MIN Kota Bukittinggi. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Probability Sampling (Simple Random Sampling), kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah I D dan kelas kontrol I B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji-t dengan pengolahan data menggunakan SPSS 26. Pengujian berdasarkan uji t dengan IMB SPSS versi 26 hipotesis dilakukan dengan uji T dan signifikansi, dengan dasar pengambilan keputusan apabila Thitung > Ttabel atau 𝑠𝑖𝑔 𝛼 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima dan jika Thitung < Ttabel atau 𝑠𝑖𝑔 𝛼 > 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Terlihat nilai Thitung 3.790 dan nilai Ttabel 2,004. Kesimpulannya bahwa penggunaan metode SAS dengan papan bergaris memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan menulis tegak bersambung siswa. Metode ini membantu siswa dalam memahami struktur huruf dan cara penulisannya secara analitik dan sistematis, sehingga meningkatkan kualitas tulisan tangan mereka. Penggunaan metode SAS dengan papan bergaris lebih efektif dibandingkan metode pembelajaran tradisional dalam meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung. Siswa yang diajar dengan metode ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kejelasan, kerapihan, dan kesesuaian bentuk huruf tegak bersambung. Keberhasilan penerapan metode SAS dengan papan bergaris dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: keterampilan guru dalam mengimplementasikan metode ini, keterlibatan aktif siswa selama proses pembelajaran, ketersediaan media pembelajaran yang memadai, serta dukungan lingkungan belajar yang kondusif. Siswa memberikan respons positif terhadap penggunaan metode SAS dengan papan bergaris. Mereka merasa lebih terbantu dalam memahami cara menulis huruf tegak bersambung dan lebih termotivasi untuk meningkatkan keterampilan menulis mereka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.
Agnesta, D. L. 2018. Penerapan Metode SAS Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar .
Dorisno, D. (2018). Penerapan Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question And Getting Answers Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(1), 88-97.
Dorisno, D., & Nanda, O. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Berbasis Discovery Learning di Kelas V Sekolah Dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 9(2), 186-195.
Frasandy, R. N., Rahmatika, U., Rahmawati, D. N. U., & Dorisno, D. (2023). PENERAPAN MEDIA WAYANG KARTUN TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK di SD ISLAM PADANG. As-Sibyan, 6(1), 14-30.
Hartati, T dan Cuhariah Y. 2015. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar Kelas Rendah. Bandung: UPI PRESS.
Henry, T. G. 2009. Metodologi Pengajaran Bahasa. Bandung: CV Angkasa. Hidayat, A. A. 2021. Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas-Reliabilitas,
Jasmiati. 2018 Peningkatan Kemampuan Menulis Pidato Melalui Metode Tiru Model Siswa Kelas VI Sdn 03 Manggilang, Jurnal Tarbiyah Al- Awlad, Vol 8, No 2.
Khasanah, N. U. 2014. Pengaruh Metode Mengajar dan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri I Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Kurniasih, I., & Sani, B. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Peningkatan Profeksionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
Maesaroh, S. 2019. Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan , 154-155.
Maulana, M. I. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Melalui Metode Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar.
Munirah. 2019. Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Novrizal, A. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Geografi. Jakarta: Uin Syarif Hidayatullah .
Payadnya, I. A. 2018. Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Budi Utama.
Prasetiyawati, K. F., & S, B. 2019. Analisis Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Kemampuan Menulis Permulaan . Journal For Lesson and Learning Studies, 396-403.
Resmini dan Juanda. 2007. Pendidikan dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Bandung: UPI PRESS.
Suyono & Hariyanto, Belajar dan pembelajaran, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, Cet-3, 2012)
Tukimin. 2009. Penggunaan Metode Struktural Analitik Sintetik Meningkatkan Prestasi Belajar Membaca Permulaan Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas D4cC SLB BC YPASP Gindang Karanganyar Semester II T.A 2008-2009. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v14i1.8843
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Dr Misra M.S.I, Dr Misra M.S.I
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.