Pencegah Tindak Kekerasan melalui Internalisasi Nilai Sains bagi Peserta Didik di MI/SD
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran internalisasi nilai-nilai sains sebagai salah satu bentuk pencegah tindak kekerasan bagi anak-anak usia Sekolah Dasar. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kepustakaan (library research). Pelaksanaan penelitian menggunakan berbagai buku dan literatur untuk mendapatkan sumber penelitian tanpa melakukan penelitian langsung di lapangan. Hasil penelitian yang diperoleh meliputi kajian mengenai nilai-nilai yang terkandung dalam sains serta implementasi dan internalisasinya dalam pembelajaran untuk mencegah tindak kekerasan bagi peserta didik di MI/SD. Penanaman nilai-nilai sains dalam proses pembelajaran diharapkan dapat berkontribusi dalam pencegahan tindak kekerasan di lingkungan sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat diimplikasikan secara teoritis dan praktis bagi para pendidik, peserta didik, maupun peneliti selanjutnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, S. Q. (2018). Fenomena Kekerasan Di Sekolah (School Bullying) Pada Remaja Di Kabupaten Pati. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK, 12(1), 51–60. https://doi.org/10.33658/jl.v12i1.52
Andarie, W. (2023). Kumpulan Esai Gerakan Literasi Sains di Sekolah (Sebuah Renungan Awal) (R. A. Nugroho (ed.)). Penerbit Jejak Pustaka.
Arumsari, A. D., & Setyawan, D. (2019). Peran Guru dalam Pencegahan Bullying di PAUD. MOTORIC. https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v2i1.739
Asror, M. A. K., & Nurjannah, N. (2022). PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DAN ORANG TUA DALAM MENANGGULANGI PELANGGARAN SISWA DI MTs NW AIK AMPAT. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.54549
Christiana, E. (2019). Identifikasi Bentuk kekerasan dan Penangannya di Lingkungan Sekolah Dasar. Child Education Journal, 1(2), 58–64. https://doi.org/10.33086/cej.v1i2.1368
Fredi A. Malabali, M. P. (2023). Permendikbudristek No 46 Tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan. Website Pengawas Sekolah.
Harefa, D., & Sarumaha, M. (2020). Teori Pengenalan Ilmu Pengetahuan Alam Sejak Dini (D. Banu (ed.)). PM Publisher.
Isrok’atun, Hanifah, N., Maulana, & Suhaebar, I. (2020). Pembelajaran Matematika dan Sains secara Integratif melalui Situation-Based Learning (Julia (ed.)). UPI Sumedang Press.
Karmawan, Munawati, S., Azhari, A., Setyawati, A., Nurislamiah, S., & Haromaini, A. (2021). Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi (I. A. Pangestu (ed.)). Penerbit Insania.
Ligina, N. L., Mardhiyah, A., & Nurhidayah, I. (2018). Peran Orang Tua Dalam Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Sekolah Dasar Di Kota Bandung. Jurnal Keperawatan, 9(2), 109–118.
Moreno, G., Alba, Jurado, M., & del Mar, M. (2023). Relación de la violencia en el rendimiento académico de estudiantes de educación primaria y secundaria: un estudio de revisión sistemática. In Revista Argentina de Ciencias del Comportamiento. https://doi.org/10.32348/1852.4206.v15.n3.36813
Mufrihah, A. (2016). Perundungan Reaktif di Sekolah Dasar dan Intervensi Berbasis Nuansa Sekolah. Jurnal Psikologi, 43(2), 135. https://doi.org/10.22146/jpsi.15441
Narti, S., Ratmiati, R., & Husaini, H. (2021). Integrasi Nilai Religius dalam Pembelajaran MI/SD untuk Membangun Karakter Siswa. el-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 4(1), 65. https://doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.12372
Neherta, M., Fajria, L., & Mansur, A. R. (2024). Overview of Child Violence in the Family in Padang Indonesia. Indian Journal of Public Health, 68(1), 26–30. https://doi.org/10.4103/ijph.ijph_48_23
Nelly Wedyawati, & Yasinta Lisa. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Penerbit Deepublish.
Nusantara, A. (2008). bullying (Mengatasi Kekerasan Di Sekolah Dan Lingkungan Sekitar Anak). In kajuan teori bab II.
Prasetyo Utomo, E. (2018). Internalisasi Nilai Karakter Gotong Royong Dalam Pembelajaran Ips Untuk Membangun Modal Sosial Peserta Didik. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS. https://doi.org/10.17977/um022v3i22018p095
Radja, R. D., Kaunang, T. M. D., Dundu, A. E., & Munayang, H. (2016). Gambaran kekerasan pada anak sekolah dasar di Kecamatan Malalayang Kota Manado. e-CliniC. https://doi.org/10.35790/ecl.4.2.2016.14598
Rahman, I. A., & Erianjoni, E. (2023). Peran Guru dalam Mencegah Tindakan Kekerasan Fisik pada Siswa di SMPN 1 Banuhampu. Jurnal Perspektif. https://doi.org/10.24036/perspektif.v6i1.733
Apa saja yang terkandung dalam Permendikbudristek No. 46 Tahun 2023? - Inspektorat Jenderal Kemendikbudristek, Inspektora Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2023).
Rustaman, N. Y., & Rustaman, A. (2010). Asesmen Portofolio dalam Pembelajaran (IPA) Di Sekolah Dasar *Nuryani Y. Rustaman & **Andrian Rustaman. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains.
Saparudin, Y. (2023). Pembelajaran IPA: Kompetensi Guru dan Supervisi (K. Ummatin (ed.)). CV. Jakad Media Publishing.
Suja, I. W. (2020). Keterampilan Proses Sains dan Instrumen Pengukurannya (Nuraini (ed.)). Rajawali Pers.
Sujana, A., & Jayadinata, A. K. (2018). Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar (A. A. Syahid (ed.)). UPI Sumedang Press.
Sulastri. (2018). Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kimia. Syiah Kuala University Press.
Suparno, P. (2020). Guru Sains Indonesia pada Zaman Modern (C. Heni (ed.)). PT. Kanisius.
Yang, A., & Salmivalli, C. (2013). Different forms of bullying and victimization: Bully-victims versus bullies and victims. European Journal of Developmental Psychology. https://doi.org/10.1080/17405629.2013.793596
Yuver Kusnoto. (2017). Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial.
DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v14i1.8850
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Dwi Nur Umi Rahmawati, Fitri Akbar Emilia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.