Kecanduan Belanja Online: Analisis Perilaku Kaum Rebahan di Lingkungan Mahasiswa Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
Abstract
Bahkan gaya hidup ini berkembang pesat selama masa pandemi COVID 19. Dengan hanya
menunggu di rumah seeorang dapat memesan barang dan belanja dengan mudah hanya melalui
sebuah aplikasi. Perilaku seseorang seperti ini akhrnya dikenal dengan istilah perilaku rebahan.
Maksudnya hanya sambil rebahan saja di tempat tidur atau di rumah seseorang bisa melakukan
aktivitas apa saja yang biasanya hanya dilakukan di luar rumah. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui bagaimana perilaku belanja online ini berkembang di kalangan mahasiswa
yang merupakan bagian dari generasi rebahan tersebut. Perilaku belanja online ini akan
dianalisis melalui aspek kognitif, afektif, dan konatif dengan menggunakan metode penelitian
kualitatitf. Informan dipilih melalui teknik snowball sampling dan alat pengumpul datanya adalah
observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perilaku belanja online dilihat
dari aspek kognitif memperlihatkan bahwa semua informan memiliki ketertarikan yang besar
terhadap aplikasi belanja online yang ada. Hal itu dibuktikan dengan pengetahuan dan
pengalaman yang cukup baik dalam berbelanja secara online. Dari segi afektif, semua informan
yang melakukan belanja online merasa puas dalam melakukan transaksi selama ini. menurut
mereka belanja secara online sangat mudah, cepat, dan menyenangkan. hal itu ditunjukan dengan
rasa puas terhadap proses dan produk-produk yang diterima. Selanjutnya dari aspek konatif,
dengan alasan kepuasan dan kemudahan tersebut maka hampir semua kegiatan belanja di
lakukan secara online. Temuan ini juga menjelaskan bahwa belanja online dikalangan mahasiswa
adalah bagian dari gaya hidup. Karena belanja online dapat memberikan kepuasan secara
psikologis dan sosial. Dengan demikian menjadi generasi rebahan bukan hal yang negatif karena
menurut mereka perilaku tersebut sesuai dengan perkembangan zamannya.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/al-hikmah.v9i2.5706
Abstract views : 590 times
PDF : 437 times
References
Harahap, Ansari, Dedy dan Amanah,
Ditah. (2018). “Perilaku Belanja
Online di Indonesia”, Jurnal Riset
Manajemen Sains Indonesia (JRMSI).
Vol 9. No. 2.
Kotler, Philip dan Keller, Lane, Kevin,
Manajemen Pemasaran,
American: Marketing Management,
Thirtheenth Edition.
Lestari, Arum, Sekar, Winarno, Wahyu,
Wing dan Rizal Nur M. (2017).
“Analisis Faktor-faktor yang
Mempengaruhi Keputusan Belanja
Online”.Yogyakarta: ISSN: 2085-
Marliany, Rosleny, 2010. Psikologi Umum.
Bandung: Pustaka Setia.
Saputri, Eka, Marheni. (2016). “Pengaruh
Perilaku Konsumen terhadap
Pembelian Online Produk Fashion
Zalora Indonesia”. Vol. 15. No. 2.
Sari, Andira, Chacaha. (2015). “Perilaku
Belanja Online di kalangan
Mahasiswa Antropologi Universitas
Airlangga”.Jurnal Departemen
Antropologi FISIP Universitas
Airlangga. Vol. IV. No. 2.
Sears, D. O. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta:
Kencana Prenada Media Group.
Tohirin. 2012. Metode Penelitian
Kualitatif dalam Pendidikan dan
Bimbingan Konseling. Jakarta: PT
Raja Grafindo Persada.
Walgito, Bimo. 2003. Psikologi Sosial.
Yogyakarta: Perpustakaan Nasional.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Al-Hikmah: Jurnal Dakwah dan Ilmu Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Prof. Mahmud Yunus No.1, Lubuk Lintah, Kuranji.
Kota Padang, Sumatera Barat, 25153
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.