Penerimaan Dakwah Via Akun Instagram @infokajian_bdg dalam Meningkatkan Minat Belajar Agama Islam

Alya Sasmi Lukmana, Nurti Budiyanti, Annisa Bunga Aulia, Fadhlan Yuda Pratama, Nabil Ibrahim Baria

Abstract


Minat berhubungan erat dengan kegiatan belajar mengajar, minat belajar dapat menjadi motivasi untuk membimbing individu yang dididik agar bertindak ke arah yang positif. Minat belajar merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi prestasi belajar individu yang dididik. Minat belajar dapat digunakan untuk memancing keberhasilan belajar. Seperti yang kita ketahui bahwa di zaman sekarang, hampir semua orang pasti menggunakan media sosial, media sosial itu sendiri merupakan sebuah wadah dimana orang-orang di dalamnya dapat saling berhubungan tanpa memandang jarak. Penggunaan media sosial juga dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan minat belajar agama islam, hal ini dapat dibuktikan oleh banyaknya akun-akun di media sosial Instagram yang memiliki tema dan tujuan untuk menyebarkan agama islam, salah satu contohnya adalah akun Instagram @infokajian_bdg yang memberi pengetahuan mengenai acara-acara kajian yang akan diadakan di Kota Bandung. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yakni mengetahui lebih jauh mengenai tingkat minat belajar agama islam pada pengikut akun Instagram @Infokajian_bdg. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa konten Instagram dari akun @infokajian.bdg memberikan dampak yang signifikan terhadap minat belajar agama islam para pengikut akun tersebut. Terlihat dari respons yang diberikan oleh para responden yang merasa bahwa info yang diberikan membuat mereka untuk semakin giat dalam belajar agama islam.

Keywords


Minat belajar, Agama Islam, Media Sosial, Kajian Agama Islam

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/al-hikmah.v10i1.6179
Abstract views : 85 times
PDF : 70 times

References


Acep Aripudin. (2013). Sosiologi Dakwah, Cet. I. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Al Qur'an Al Karim. Ali Mustafa Yaqub, Sejarah dan Metode Dakwah Nabi (Jakarta: Pustaka Firdaus, 2008)

Arif, D., & Pratama, N. (2019). Tantangan Karakter Di Era Revolusi Industri dalam Membentuk Kepribadian Muslim. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 198–226.

Boyd, d. m., & Ellison, N. B. (2007). Social network sites: Definition, history, and scholarship. Journal of Computer-Mediated Communication, 13(1), 210–230. https://doi.org/10.1111/j.1083-6101.2007.00393.x

Chachanidze G. Santaria V. (2004)“Technology of internet education and perspectives of its development”. Tbilisi

Darejan Geladze, “Using the Internet and Computer Technologies in Learning/Teaching Process”, Journal of Education and Practice (Volume 6, Number 2, 2015), 67-69

Dinillah, U., & Kurnia, A. (2019). MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Analisis Isi Pada Akun @tentangislam dan @harakahislamiyah). Journal of Communication Science , 54-67.

Eko Sumadi. (2016). Dakwah dan Media Sosial: Menebar Kebaikan Tanpa Diskriminasi. Komunikasi Penyiaran Islam, Vol. 01(1), 173–190.

Gorges, J., Schwinger, M., & Kandler, C. (2013). Linking University Students’ Willingness to Learn to Their Recollections of Motivation at Secondary School. Europe’s Journal of Psychology, 9(4), 764–782. https://doi.org/10.5964/ejop.v9i4.638

Ibrahim Olatunde Uthman, “Application and Practice of the Principles of Dakwah in the Age of Globalisation”, Insights (Volume 3, Number 2/3, 2010), 55-84

Ismail Abdullah & Nur Saadah bt Hamisan Khair, “The Implication of Excessive Internet Usage on the Study of Ḥadīth”, Journal of Islam in Asia (Volume 10, Number 2, 2013), 118-129

Karsaulidze Z. (2010) magazine “Mastavlebeli # 2. “Using Internet Technologies in Learning Pocess. Tbilisi

Lestari, N. R. (2020). The Relationship Between Student’s Interest in Learning English And Their Speaking Ability at Muq Langsa. In JADEs: Journal of Academia in English Education (Vol. 1, Issue 2). https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/jades

Levitt, H. M., Motulsky, S. L., Wertz, F. J., Morrow, S. L., & Ponterotto, J. G. (2017). Recommendations for Designing and Reviewing Qualitative Research in Psychology: Promoting Methodological Integrity. Qualitative Psychology, 4(1), 2–22.

Schrøder, K. C. (2000). Making sense of audience discourses. European Journal of Cultural Studies, 3(2), 233–258. https://doi.org/10.1177/136754940000300205

Syaleh, A. R. (1997). Management Da`wah Islam. jakarta: Bulan Bintang.

Umroh, U. A. (2019). DESAIN DAKWAH DI MEDIA SOSIAL USTADZ TEUKU HANAN ATTAKI MELALUI “SHIFT” PEMUDA HIJRAH (Dalam Tinjauan Teori Integrasi Informasi Martin Feishbein). 1-128.

Usman, F. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Online Sebagai Sarana Dakwah. Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam (Al-Tsiqoh), 1(1), 1–8.

Wibowo, A. (2019). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI TREND MEDIA DAKWAH PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DIGITAL. Jurnal Islam Nusantara , 339-356.

Turner, D.P. (2020). Sampling Methods in Research Design. Headache, 60, 8-12.

Zhao, Y. (2014). On How to Arouse the Students’ Learning Interest in Foreign Language Teaching.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al-Hikmah: Jurnal Dakwah dan Ilmu Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Prof. Mahmud Yunus No.1, Lubuk Lintah, Kuranji. 
Kota Padang, Sumatera Barat, 25153




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.