"Mengubah Sudut Pandang: Pemberdayaan Dakwah dalam Menangani Krisis Sampah Plastik di Pantai"

Gareisya Azizulfa Reisya, Khaerunnisa Tri Darmaningrum

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seriusnya krisis sampah plastik di pantai yang mengancam ekosistem laut dan lingkungan pesisir. Rumusan masalahnya adalah bagaimana penggunaan media sosial TikTok dan Instagram dalam konteks dakwah dapat membantu mengubah pandangan masyarakat terhadap sampah plastik di pantai, serta sejauh mana dampaknya terhadap perubahan perilaku masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi penggunaan media sosial TikTok dan Instagram sebagai alat komunikasi dakwah dalam mengatasi krisis sampah plastik, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan pengumpulan data melalui pengamatan media sosial. Metode analisis data melibatkan analisis konten pesan dakwah yang disebarkan melalui platform tersebut. Untuk memahami bagaimana pesan dakwah memengaruhi persepsi masyarakat, penelitian ini bergantung pada teori komunikasi seperti teori agenda-setting dan pembingkaian. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan wawasan tentang seberapa efektif penggunaan media sosial untuk menyebarkan dakwah terkait lingkungan, membantu dalam upaya untuk mengurangi sampah plastik di pantai, dan menguatkan peran dakwah dalam menjaga lingkungan pesisir tetap sehat.

Keywords


Sampah Plastik, Dakwah, Media Sosial

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/al-hikmah.v10i2.7237
Abstract views : 59 times
PDF : 34 times

References


Sukarna, D. R. A. (2022). PERAN 4OCEAN DALAM MENANGANI KRISIS SAMPAH PLASTIK DI LAUT INDONESIA PERIODE 2015-2020 (Doctoral dissertation, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta).

Widiantara, I. K. A. (2020). Strategi Public Relations Pemprov Bali Menuju Bali Bebas Sampah Plastik. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2-3).

Al Hazmi, M. B. (2022). Peran Perusahaan Avani Eco Dalam Menangani Krisis Sampah Plastik. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 6(1).

Gistituati, N., & Ningrum, T. A. (2019). Penerapan Program Zero Waste Melalui Workshop Manajemen Sekolah Berbasis SDGs. Jurnal Halaqah, 1(4).

Mustafa, M., Maryam, M., & Bungawati, A. (2023). Kampanye Penanganan Sampah dan Pengadaan Keranjang Sampah Pada Pedagang Kaki Lima Di Pantai Talise. Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2).

Djau, M. S., Mohi, W. K., Lamangida, T., & Pakaya, S. AKSI PENGELOLAAN SAMPAH PLASTIK DI KAWASAN WISATA PANTAI UNTUK EKONOMI PRODUKTIF.

Makinggung, V. V., Siwu, R. A., & Tuela, A. I. (2021). Krisis Ekologis di Tagulandang “Muliku Wanua” Suatu Upaya Mengatasi Krisis Ekologis di Tagulandang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4).

Amanda, D. Civil Society dan Politik Lingkungan (Studi Atas Strategi GreenPeace dalam Penanganan Sampah Plastik di DKI Jakarta Tahun 2017-2020) (Bachelor's thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Ical, I., & Mane, A. (2022). Kesadaran Lingkungan dalam Pengelolaan Sampah di Pantai Nirwana Kota Baubau. Jurnal Green Growth dan Manajemen Lingkungan, 11(2).

Saputra, S. C. (2023). TA: Pembuatan Video Clip Art Tentang Sampah Plastik Berjudul:" Elegy Of Nature (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).

Dyah Ratna Adhaleya Sukarna, 2022, (PERAN 4OCEAN DALAM MENANGANI KRISIS SAMPAH PLASTIK DI LAUT INDONESIA PERIODE 2015-2020), Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, 2022.

Rahman, A. (2020). Peran Masyarakat dalam Pengurangan Sampah Plastik di Pantai. Universitas Pesisir.

Malik, H. (2018). Pengaruh Dakwah Terhadap Perubahan Sosial. Universitas Islam Negeri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al-Hikmah: Jurnal Dakwah dan Ilmu Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Prof. Mahmud Yunus No.1, Lubuk Lintah, Kuranji. 
Kota Padang, Sumatera Barat, 25153




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.