DETERMINAN PERILAKU SEKSUAL BERESIKO PADA SISWA SMA SEDERAJAT DI KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR

Yeni Fitri Wahyuni

Abstract


ABSTRAK

Masalah-masalah yang berhubungan dengan kesehatan reproduksi yang dihadapi oleh kelompok usia remaja saat ini, salah satu yang menjadi pusat perhatian adalah perilaku seksual remaja. Perkembangan perilaku seksual dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain perkembangan psikis, fisik, proses belajar dan sosio kultural. Remaja yang dahulu terjaga secara kuat oleh sistem keluarga, adat budaya serta nilai tradisional yang ada, telah mengalami pengikisan yang disebabkan oleh urbanisasi dan industrialisasi yang cepat. Hal ini diikuti pula oleh adanya revolusi media yang terbuka bagi keragaman gaya hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan determinan perilaku seksual berisiko pada siswa SMA/Sederajat di Kecamatan XIII Koto Kampar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan Cross sectional dengan jumlah sampel 83.

Hasil Penelitian yang memiliki hubungan yang signifikan dengan perilaku seksual berisiko pada sisiwa SMA/sederajat di Kecamtan XIII Koto Kampar adalah relijiusitas (Pv= 0,040 dan OR= 0,1) dan paparan media pornografi (Pv =0,014 dan OR= 5,4).

Orang tua disarankan untuk memberikan pembekalan agama pada anak dan bersikap terbuka tentang kesehatan reproduksi, agar tertanam di siswa atau anak tentang pengetahuan kesehatan reproduksi dan resikonya. Sekolah dalam hal tempat belajar formal agar memberikan pengetahuan kepada siswa tentang kesehatan reproduksi.

 

Kata Kunci : Perilaku seksual, Relijiusitas, paparan media, siswa


Full Text:

PDF

Abstract views : 59 times
PDF : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al Imam: Jurnal Manajemen Dakwah