Implementation of the Al-Hidayah Mosque of Bogor Dakwah Program in Increasing the Number of Congregations for the Creating of Prosperity of the Mosque

Muhamad Robby Firdaus, Khoirul Umam, Wahyunengsih Wahyunengsih

Abstract


Dakwah merupakan kegiatan yang harus dilakukan bagi setiap umat muslim. Dengan berdakwah seseorang dapat menyeru, mengajak, dan memanggil orang untuk beriman dan taat kepada Allah sesuai dengan garis akidah dan syariat islam. Begitu pula dengan jumlah jama’ah dalam suatu masjid yang terkadang naik dan terkadang turun jumlah jama’ahnya. Disini peran dakwah sangat penting dalam mengajak seseorang untuk beribadah kepada Allah agar jama’ah dapat berdatangan untuk meramaikan masjid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program yang dilakukan pengurus masjid agar terciptanya peningkatan jumlah jama’ah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan menggunakan pengumpulan data melalui responden penelitian. Cara yang dilakukan untuk memperoleh data ialah dengan melakukan wawancara dan pengamatan langsung ke objek yang diteliti. Objek pada penelitian ini adalah jama’ah masjid, dan sampel penelitian berjumlah 50 orang jama’ah. Berdasarkan hasil survei penelitian, program yang dilakukan masjid baik itu sarana prasarana, kebersihan, dan lainnya berpengaruh terhadap jumlah jama’ah yang akan datang ke masjid. Berdasarkan hasil wawancara, pengurus masjid akan terus melakukan inovasi dengan mengadakan program khusus, sebagai tujuan dengan adanya program tersebut dapat mendorong daya ketertarikan jama’ah untuk datang ke masjid, dengan bukan sekedar datang pada saat terselenggaranya program, tetapi datang terus sehingga menjadi jama’ah tetap.


Keywords


Dakwah, Jama’ah, Masjid

Full Text:

PDF

Abstract views : 20 times
PDF : 12 times

References


Nana Rukmana, 2016, Manajemen dan

Dakwah, Jakarta : AMP Press.

Eman Suherman, 2012, Manajemen Masjid

: Kiat Sukses Meningkatkan SDM Melalui Optimalisasi Kegiatan Umat Berbasis Pendidikan Berkualitas, Bandung : Alfabeta.

Alief, F.K dkk. Implementasi Perencanaan Program Ikatan Remaja Masjid Dalam Meningkatkan Kemakmuran Masjid, Jurnal Tadbir, Vol. 4 No. 4.

Aslati dkk. Pemberdayaan Remaja Berbasis

Masjid, Jurnal Masyarakat Madani, Vol. 3 No. 2.

Ahmad Fahrisi, 2020, Kecerdasan Spritual

dan Pendidikan Islam, Bogor : Guepedia.

Aziz Muslim. Manajemen Pengelolaan

Masjid, Jurnal Aplikasi ilmu-ilmu Agama, Vol. 5 No. 2.

Ismail, A. U., & Castrawijaya, C, 2010,

Manajemen Masjid, Bandung : Angkasa.

Puspitasari, M, 2018, Implementasi

Manajemen DKM Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Masjid. Jurnal Tadbir, Vol. 3 No. 4.

Sukayat, T, 2015, Ilmu Dakwah, Bandung :

Simbiosa Rekatama Media.

Nabed Nuwaerah, 2015, Peran Keluarga

dan Organisasi Remaja Masjid Dalam Dakwah Terhadap Remaja, Jurnal Al-Hiwar, Vol. 3. No. 6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Imam: Jurnal Manajemen Dakwah