Strategi Keberhasilan Kegiatan Pesantren Ramadhan 1443 H Kota Padang (Studi atas Kerja Sama Pemko Padang dengan UIN Imam Bonjol Padang)

Ahmad Putra, Nurfarida Deliani, Thaheransyah Thaheransyah, Nurhaliza Nurhaliza, Bima Prasetya

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi keberhasilan yang dterapkan oleh Pemerintahan Kota Padang yang berkolaborasi langsung dengan salah satu kampus Islam di Kota Padang yaitu UIN Imam Bonjol Padang. Memanfaatkan para alumni UIN Imam Bonjol Padang, jalannya kegiatan pesantren ramadhan di Masjid-masjid di Kota Padang terasa berbeda dengan pesantren ramadhan tahun-tahun sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan sumber data wawancara dan observasi langsung di lapangan. Adapun strategi dari keberhasilan kegiatan pesantren tahun ini, di mana Pemerintahan Kota Padang dan UIN Imam Bonjol Padang melakukan beberapa upaya yang diantaranya: bersinergi dan berjuang dengan kesungguh-sungguhan, membentuk kelompok-kelompok dari tim UIN Imam Bonjol Padang, melakukan penilaian seputar jalannya kegiatan pesantren ramadhan, siap siaga menjadi pemateri dan mengontrol jalannya kegiatan.

 


Keywords


Strategi Keberhasilan, Pesantren Ramadhan

Full Text:

PDF

Abstract views : 70 times
PDF : 13 times

References


Adriansyah, “Pola Kajian Hadis Akademik di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia (Studi Skripsi Mahasiswa Tafsir Hdis UIN Raden Fatah Palembang, UIN Syarif Kasim Pekanbaru dan UIN Imam Bonjol Padang)”, JIA, Vol.19 No. 2 (2018)

Aufar Alma Fildzah dan Santoso Tri Raharjo, “Kegiatan Relaksasi Sebagai Coping Stress di Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, Vol. 2 No. 2 (2020)

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis, (Jakarta: Rieneka Cipta, 1998)

Fajrussalam Hisny, Koko Adya Winata, Ihin Solihin, Qiqi Yuliati Zaqiyah, Inovasi Pesantren Ramadhan dalam Meningkatkan Kecerdasan Spritual Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19”, EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, Vol. 1 No. 2, Juni (2020)

Mutmainnah, Arif Siaha Widodo, Ahmad Dimyati, Hanum Puspa Dhiani dan Surti Wardani, “Aplikasi Social Responsibility: Kegiatan Bakti Sosial dalam Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Kukusan RT 06 RW 05 Kecamatan Beji Kota Depok Jawa Barat 16425”, Jurnal Dedikasi PKM Unpam, Vol. 1, No. 3, September (2020)

Noor Juliansyah, Metode Penelitian (Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah), (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011)

Satriani Eka dan Ahmad Putra, “The Impact of Fiqih Ibadah Materials on Amaliyah of Vocational Higt School

Students”, Journal of Islamic Education Students”, Vol. 1 No. 2 (2020)

Suyitno, “Strategi Pembentukan Budaya Religius untuk Meningkatkan Karakter Islami di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta”, Edukasi Jurnal Pendidikan, Vol. 10 No. 2 (2018)

Yusrizal, Yummil Hasan, Zainal, Yeni Fitri Wahyuni, “Pengelolaan Panti Asuhan Al-HidayahKota Padang”, Al-Iman Jurnal Manajemen Dakwah, Vol. 4 No. 1, Januari-Juni (2021)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Imam: Jurnal Manajemen Dakwah