Berdakwah pada Era Android (Telaah atas Aplikasi “HijrahApp” Karya Yayasan Wasilah Dakwah Sunnah)

Arrasyid Arrasyid, Mai Tiza Husna

Abstract


Berdakwah dalam Islam merupakan diantara ajaran Islam yang pokok. Perkembangan zaman membuat pola berdakwah harus lebih bervariasi sehingga dakwah dapat terus berjalan dengan baik. Artikel ini menganalisis aplikasi dakwah “HijrahApp” karya Yayasan Wasilah Dakwah Sunnah, yang dianalisis dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode deskriptif, eksploratif dan analisis. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu bahwa aplikasi “HijrahApp” merupakan aplikasi yang ditujukan kepada penganut muslim yang ingin hijrah untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi secara spritual, khususnya. Umumnya untuk umat Islam yang ingin senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Adapun pola penyajian dakwah dalam aplikasi “HijrahApp” yaitu: ditampilkan secara tersistem mulai dari sumber ajaran Islam yaitu al-Quran,  amal harian yang dapat dilakukan pengguna aplikasi, waktu sholat dan kiblat, bahasa Arab, hisnul muslim, dzikir pagi, dzikir petang, dzikir setelah sholat, fatwa ulama, serta waris dan zakat. Kelebihan aplikasi “HijrahApp” yaitu: terdapatnya fitur referensi dalam aplikasi, fitur pengaturan, dan fitur menyimpan artikel.


Keywords


Dakwah, HijrahApp, Ajaran Islam.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jmd.v5i2.4742
Abstract views : 614 times
PDF : 187 times

References


Al-Ghazali, I. (2018). Ikhtisar Ihya ‘Ulumuddin: Karya Monumental Sang Hujjatul Islam. Wali Pustaka.

Aplikasi HijrahApp. (n.d.). https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aslam.hijrahapp%0A%0A

Bakker, A. dan A. C. Z. (1992). Metodologi Penelitian Filsafat. Kanisius.

Cahyono, G. dan N. H. (2019). “Youtube: Seni Komunikasi Dakwah dan Media Pembelajaran.” . . Al-Hikmah:Jurnal Dakwah., Vol 13 (01, 24. https://pdfs.semanticscholar.org/e695/33b91d22b4d52e80c199b3287787232db2bc.pdf.

Fajriani, S. W. dan Y. S. S. (2019). “Hijrah Islam Milenial berdasarkan Paradigma Berorientasi Identitas”. Sosioglobal: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi, Vol 03 (02, 82. https://jurnal.unpad.ac.id/sosioglobal/article/view/21643.

Hajar, I. (2018). “Youtube sebagai Sarana Komunikasi Dakwah di Kota Makassar (Analisis Sosial Media).” Jurnal Al-Khitabah., Vol 05 (02, 95.

Hidayat, M. dan S. R. (2018). “Aplikasi Dakwah Berbasis Android Menggunakan Metode User Centered Design (UCD)”. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 05 (03, 355. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/ppkm/article/view/484.

Ichwan, M. dan F. H. (2013). “Pengukuran Kinerja Goodreads Application Programming Interface (API) pada Aplikasi Mobile Android (Studi Kasus untuk Pencarian Data Buku). Jurnal Informatika., Vol 02 (02, 15.

Kaelan. (2005). Metodologi Kualitatif Bidang Filsafat. Pramadina.

Mahmuddin., H. dan. (2021). “Youtube sebagai Media Dakwah”. Palita: Journal of Social Religion Research., Vol 06 (01(66–67). http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/palita/article/view/2003.

Makdis, N. (2021). “Pusat Kajian Hadis dalam Rangka Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa di UIN Imam Bonjol Padang”. Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, Vol 02 (02(185–86). https://infobibliotheca.ppj.unp.ac.id/index.php/infobibliotheca/article/view/175/29.

Putri, E. W. (2022). “Analisis Konten Dakwah dalam Channel Youtube Omar & Hana Islamic Cartoons For Kids pada Awal Ramadan 1443 H”. Al Imam: Jurnal Manajemen Dakwah., Vol 05 (01, 1. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alimam/article/view/4115.%0A

Sulaeman, A. R. dkk. (2020). “Strategi Pemanfaatan Youtube dalam Bidang Dakwah oleh Ulama Aceh”. Communication., Vol 11 (01, 84. https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/comm/article/view/1009/777,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Imam: Jurnal Manajemen Dakwah