Motivasi Kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Dinul Irson, Alfian Alfian, Mulyanti Syas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Indikator penilaian motivasi kerja meliputi motivasi internal dan motivasi eksternal Penelitian ini adalah penelitian lapangan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa Motivasi intern pegawai ASN dalam melaksanakan program kerja di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan yaitu, Keinginan untuk dapat hidup (kondisi kerja yang aman dan nyaman, kompensasi yang memadai) keinginan untuk dapat memiliki, keinginan untuk memperoleh penghargaan, keinginan untuk memperoleh pengakuan dan keinginan untuk berkuasa. Motivasi ekstern pegawai ASN dalam melaksanakan program kerja di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan yaitu, kondisi lingkungan kerja, kompensasi memadai, supervisi yang baik, adanya jaminan pekerjaan, adanya status dan tanggung jawab, dan peraturan yang fleksibel.

Keywords


Motivasi Kerja, pegawai Aparatur Sipil Negara

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jmd.v5i2.5184
Abstract views : 157 times
PDF : 87 times

References


Ahmadi, Rulam, Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Amalia, Syarah, Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Gramedia Asri Media Cabang Bintaro Emerald. Jurnal Computech & Bisnis, Vol.10, No.2, Desember 2016,119-127 ISSN 2442-4943.

Hasibuan, Malayu S. P, Manajemen Sumber daya Manusia, Jakarta: PT Bumi Aksara,2009 KUA Kecamatan Lengayang, Sejarah Berdirinya KUA Kecamatan Lengayang, 2013.

Rivai Zainal, Veihzal dkk, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan dari teori ke praktik, Jakarta: Rajawali Pers, 2015

Sellang, Kamaruddin Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Aparatur Sipil Negara di Kantor Kelurahan Manisa Kec. Baranti Kab. Sidenreng Rappang Prov. Sulawesi Selatan.

Solihin, Ismail, Pengantar Manajemen, Bandung: Erlangga, 2009

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung: Alfabeta, 2011, Cet ke-12

Sutrisno, Edy, Manajemen Sumbar Daya Manusia, Jakarta: Kencana, 2009


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Imam: Jurnal Manajemen Dakwah