Pelayanan Prima Pasien Kelas 1 BPJS pada Masa Pendemi COVID 19 di Rumah Sakit Bhayangkara Padang

nazirwan nazirwan, Lisa Dahlia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya pihak rumah sakit Bhayangkara Padang dalam meningkatkan pelayanan prima pasien kelas 1 BPJS pada masa pandemi covid 19 di rumah sakit Bhayangkara Padang. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan rumah sakit Bhayangkara Padang dalam memberikan pelayanan telah berjalan dengan baik dan berpedoman pada SOP (Standar Operasional Prosedur) yang telah ditetapkan. Usaha-usaha yang dilakukan petugas, baik medis maupun non medis dalam memberikan pelayanan terhadap pasien BPJS kelas I dalam mencapai pelayanan prima bisa dikatakan telah berjalan dan berhasil dengan angka capaian hingga 90%. Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah-masalah dalam pelayanan prima pada pasien BPJS kelas I pada masa pandemi covid 19 di rumah sakit Bhayangkara, adalah dengan membuat perjanjian dengan pasien dan keluarga pasien mengenai tidak adanya jam kunjungan pasien pada masa pandemi covid 19, yaitu dengan menerapkan kontrak atau informed concern yang ditanda tangani oleh keluarga pasien.

Keywords


Pelayanan Masa Pandemi, kendala, upaya, kepuasan pasien

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jmd.v5i2.5186
Abstract views : 112 times
PDF : 58 times

References


Barata,2003.Dasar-dasar Pelayanan Prima.Jakarta:Alex Media Komputindo.

Budiastuti,2020.Faktor-faktor dalam meningkatkan kepuasaan pasien dirumah sakit, http//www//klinis.wordpress//kepuasaanpasien terhadap pelayanan keperawatan diunduh pada tanggal 2 januari 2015.

Daryanto,2014.Konsumen dan Pelayanan Prima.Yogyakarta:Gava Media.

Mardalis,2009.Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal.Jakarta:Bumi Aksara

Moenir,2005.Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia.Jakarta:Gramedia

Moedjito,2020.Pelayanan Prima di Rumah Sakit,https://www.moedjito.com/ Pelayanan Prima di Rumah Sakit diunduh pada tanggal 14 Oktober 2020

Nawawi, Hardadai dan M.Martini Hardi,1992. Instrument Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Nugroho,2004.Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan.Bekasi:Kesaint Blanch

Pohan,S.Imbalo,2013.Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan,Jakarta:EGC.

Ratminto,2015. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Gramedia

Sugiyono,2009.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung:Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Imam: Jurnal Manajemen Dakwah