Mengoptimalkan Potensi Komunikasi Dakwah di Era Digital untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Agama Islam

Muhammad Hanif, Sabila Husna, Vicha Salmiati

Abstract


Komunikasi memiliki perkembangan yang sangant pesat saat ini segasa sesuatu dapat diakses dengan mudah melalui media digital yang merupakan alat komunikai yangbanyak di gunakan pada saat ini. Dakwah tidak dapat dipisahkan dari komunikasi, dalam proses dakwah terdapat komunikasi, pada hakikatnya komunikasi memegang peranan penting dalam kegiatan dakwah, apalagi di era digital, berhasil tidaknya proses dakwah disampaikan oleh da’i ditentukan oleh faktor komunikasi, kemampuan komunikasi yang baik menjadi modal bagi da’i untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah secara efektif dan efisien. Namun dapatkah media digital menyampaikan informasi dakwah yang disampaikan oleh para da’i dengan benar dan dapat difahamu dengan mudah oleh masyarakat untuk menjadikannya pembelajaran. Setelah dilakukan analisi terhadap masalah yang terjadi dapat di simpulkan bahwa. Komunikasi memiliki tiga peran penting dalam dunia dakwah di era digital. Pertama, membantu da'i dalam memahami karakter masyarakat di era digital. Kedua, memastikan penyampaian pesan dakwah kepada masyarakat secara efektif. Ketiga, berperan dalam menyampaikan pesan dakwah kepada seluruh lapisan masyarakat di era digital.

Keywords


Komunikasi, Dakwah, Digital, Pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Amir, Yasraf Piliang. “Masyarakat Informasi dan Digital.” Jurnal Sosioteknologi 11, no 27 (Desember 2012): 143-156.

Anazuhriah. “Pengurangan Ketidakpastian Melalui Komunikasi Interpersonal Remaja Panti Asuhan.” Jurnal Common 3, no 1 (Juni 2019): 34-51.

AR,N.W.,Pababbari,M.,&Sastrawati,N.(2023).FUNGSIONALISASI BUDAYA LOKAL SEBAGAI ALTERNATIF SARANA DAKWAH DI ERA DIGITAL. SHOUTIKA,3(1)

Basit, A. (2013). Dakwah Cerdas di Era Modern. Jurnal Komunikasi Islam.

Dermawan, Andi. Metodologi Ilmu Dakwah. Yogyakarta: LESFI, 2002.

Fachrul, Zikri Nurhadi dan Achmad Wildan Kurniawan. “Kajian Tentang Efektivitas Pesan Dalam Komunikasi.” Jurnal Komunikasi 3, no 1 (April 2017): 90-95.

Ibrahim, Duski. Al-Qawa’id Al-Fiqhiyah (Kaidah-Kaidah Fiqh). Palembang: Noerfikri. 2019.

Naila Mafayiziya Hayat, Zaenal Abidin Riam 240 | IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam| Volume 5 No. 02 2022

Kusuma, Nabila Vardhani dan Agnes Siwi Purwaning Tyas. “Strategi Komunikasi dalam Interaksi dengan Mahasiswa Pertukaran Asing.” Gama Societa 2, no 1 (Mei 2018): 916.

Littlejohn, Stephen. W. & Foss, Karen. A. (2011). Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Markarma, A. “Komunikasi Dakwah Efektif dalam Perspektif Al-Qur’an.” Hunafa 11, no 1 (Juni 2014): 128-151 MG,

Nashrillah. .”Aktualisasi Dakwah Da’i Milenial di Ruang Maya.” Islam Futura 18, no 1 (Agustus 2018): 105-126.

Puspita, Dinar Dewi. “Mencapai Puncak Peradaban dan Karakter Bangsa dengan Budaya Ilmiah Baca Tulis.” Jurnal Pustaka Ilmiah 3, no. 1 (Juni 2017): 275-280.

Sari, Sapta. “Literasi Media pada Generasi Milenial di Era Digital.” Professional 6, no 2 (Desember 2019) 30-42.

Sasono, Adi. Solusi Islam. Jakarta: Gema Insani Press, 1998. Suheri. “Peran Komunikasi Publi dalam Menyampaikan Dakwah.” Jurnal Network Media I, no 2 (Agustus 2018): 1-34.

Sumadi, Eko. “Dakwah dan Media Sosial: Menebar Kebaikan Tanpa Diskriminasi.” At-Tabsyir 4, no 1 (Juni 2016): 173-190.

Suparta, Munzier dan Harjani Hefni. Metode Dakwah. Jakarta: Kencana, 2006.

Supriyanto. “Konsep DakwahEfektif.” Jurnal Dakwah dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan 9, no 2 (Desember 2018): 239-262.

Syarif, Amri Hidayat. “Membangun Dimensi Baru Dakwah Islam: Dari Dakwah Tekstual Menuju Dakwah Kontekstual.” Risalah 24, no 2 (November 2013): 1-15.

Toni, H., Mercy Rolando, D., Yazid, Y., & Adity, R. (2021). Fenomena Cyber Religion sebagai Ekspresi Keberagamaan di Internet pada Komunitas Shift.Jurnal Dakwah Risalah,32(01)

Wibowo, Adi. “Penggunaan Media Sosial Sebagai Tren Media Dakwah Pendidikan Islam di Era Digital.” Jurnalnu 3, no 2 (Desember 2019): 339-356.

Windarti, Yayuk. “Dominasi atau Kontestasi?: Relasi Negara dan Masyarakat di Desa Karangwuni di Masa Pandemi Covid-19.” Umbara 6, no 2 (Desember 2021): 133-145. Zulkarnaini. “Dakwah Islam di Era Modern.” Jurnal Risalah 26, no 3 (September 2015): 151158.




DOI: https://doi.org/10.15548/jmd.v6i2.6030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Imam: Jurnal Manajemen Dakwah