Moderasi Dakwah di Era Digital Tantangan dan Peluang dalam Membangun Peradaban Baru.

Bilfahmi Putra, Syabila Maghfiranda, Miftahul Hasanah

Abstract


Moderasi dalam berdakwah adalah suatu pandangan atau sikap yang selalu berusaha mengambil posisi tengah di antara dua sikap yang berlawanan dan berlebihan agar salah satu dari dua sikap yang dimaksud tidak mendominasi pikiran dan sikap seseorang. Dengan kata lain, moderasi dalam dakwah adalah sikap dakwah yang memberikan setiap nilai atau aspek yang bertentangan dengan bagian tertentu tidak lebih dari porsi yang semestinya, tidak menghakimi, memanusiakan dan mengagungkan manusia, serta hidup rukun dalam keberagaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk kajian literatur. Perkembangan teknologi saat ini memberikan pengaruh pada segala bidang, termasuk perkembangan dakwah yang berdampak pada perubahan masyarakat. Perubahan masyarakat yang fenomenal ini harus diimbangi dengan perubahan cara dakwah yang dilakukan para da''i. Dakwah tidak boleh berjalan di tempat dan hanya menggunakan cara konvensional (ceramah). Dakwah harus bersifat dinamis, progresif dan penuh inovasi. Para da'i perlu menciptakan kreasi baru yang lebih membumi dan dapat membawa kemaslahatan bagi umat. Dakwah perlu dikemas secara lebih manusiawi, dialogis, memenuhi kebutuhan dan kemampuan masyarakat. Moderasi dalam berdakwah menjadi sebuah keniscayaan di era digital ini, sebagai upaya menyongsong peradaban baru.

Keywords


Moderasi, Dakwah, Digital, Peradaban

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jmd.v6i2.6031
Abstract views : 82 times
PDF : 175 times

References


Al-Suyuthi, t. t. J. (n.d.). Lubâb al-Nuqûl Fî Asbâb al-Nuzûl,.

Alzamzami, M. (2019). Konsep Moderasi Dakwah dalam M. Quraish Shihab Official Website. Jurnal Bimas Islam, 12(1).

Baihaqi, Y. (2017). Moderasi Hukum Keluarga dalam Perspektif Al Qur’an. Istinbath, 16(2), 365–389. http://istinbath.or.id/index.php/ijhi/article/view/10

Basit, A. (2006). Wacana Dakwah Kontemporer. In Pustaka Pelajar.

Basit, A. (2008). Dakwah Antar Individu Teori dan Aplikasi. Grafindo Litera Media.

Basit, A. (2013). Dakwah Cerdas di Era Modern. Filsafat Dakwah.

Budiarti, I., & dkk. (2018). Statistik Gender Tematik: Profil Generasi Milenial Indonesia. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Efendi, Uchjana, onong. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Citra Aditya Bakti.

Habermas, J. (2007). Rasio dan Rasionalisasi Masyarakat. Kreasi Wacana.

Mardiana, R. (2020). Daya Tarik Media Digital Sebagai Media Dakwah Untuk Generasi Milenial. Media Komunikasi Dan Dakwah, 10(2), 148–158. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/komunida.v10i02.1373

Meilani. (2014). BerbudayaMelalui Media Digital.,Jurnal Humaniora (Vol. 5, Issue 2). jurnal humaniora.

Nasrullah, R. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Prenamed Group.

Rajab, M. (2014). Dakwah dan Tantangannya dalam Media Teknologi Komunikasi. Dakwah dan Tantangannya dalam Media Teknologi Komunikasi.

Shihab, M. Q. (2006). Menabur Pesan Ilahi. Lentera Hati.

W, I., H, H., & H. (2015). Pengantar Sejarah Dakwah. Prenada Media.

Widjaja. (2000). Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Imam: Jurnal Manajemen Dakwah