Mengenal Lebih Dekat Dakwah Perempuan di Era Media Sosial: Strategi Dakwah Ustadzah Halimah Alaydrus Melalui Youtube dan Instagram

faras puji azizah

Abstract


Tujuan penelitian dalam artikel ini untuk memperkenalkan strategi dakwah Ustadzah Halimah Alaydrus di Media Sosial. Dakwah adalah tugas orang muslim untuk mengajak orang lain ke jalan yang diridhoi oleh Allah SWT. Artikel ini menggunakan metode kepustakaan dan kualitatif dengan analisis deskriptif melalui media sosial ustadzah Halimah Alaydrus. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa ustadzah Halimah Alaydrus menggunakan suara yang lembut dan santun dalam menyampaikan dakwahnya, sehingga mudah diterima oleh masyarakat. Dia juga aktif mengembangkan dakwahnya melalui Instagram dan YouTube serta mengadakan acara seperti Muhasabahcintaevent dan menjalankan bisnis muslimah seperti menjual madu, mukena, buku-buku, dan wall decor melalui akun media sosial WafaHalimah.

Keywords


DAKWAH, INSTAGRAM, USTADZAH HALIMAH ALAYDRUS, YOUTUBE

Full Text:

PDF

References


Adisaputo, S. E., & Sutamaji. (2021). Strategi dakwah dalam Media Sosial. Jurnal Al-Tsiqoh (Dakwah Dan Ekonomi), 6(1), 1–11.

Akun Youtube Ustadzah Halimah Alaydrus. (n.d.). https://youtube.com/@UstadzahHalimahAlaydrusChannel

ALAYDRUS, H. (n.d.). koleksi buku uztadzah Halimah Alaydrus. Halimah Alaydrus Official. diakses pada selasa 11-04-2023https://www.halimahalaydrus.com/p/buku.html

Amy, s heppy. (2020, October). Profil Ustadzah Halimah Alaydrus, Pendakwah dan Penulis Keturunan Nabi Muhammad SAW. I.news.id. https://www.inews.id/lifestyle/muslim/profil-ustadzah-halimah-alaydrus-pendakwah-dan-penulis-keturunan-nabi-muhammad-saw

Arrasyid, & Husna, M. T. (2022). Berdakwah pada Era Android ( Telaah atas Aplikasi “ HijrahApp ” Karya Yayasan Wasilah Dakwah Sunnah ). AL IMAM Jurnal Manajemen Dakwah, 5, 38–45.

Aulia, A. (2019). Analisis Pesan Dakwah Dzatiyah Pada Caption Instagram Ustadzah Halimah Alaydrus. Skripsi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/53931

Budiargo. (2015). Berkomunikasi ala Net Generation. PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.

Hamdan, & Mahmuddin. (2021). Youtube Sebagai Media Dakwah. Journal of Social Religion Research, 6(1), 2527–3752. https://doi.org/10.24256/pal.v6i1.2003

Isaura Putri, D., Salsabila Rahmatullah, R., & Syarif Hidayatullah Jakarta, U. (2019). Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang EFEKTIVITAS DAKWAH di MEDIA SOSIAL PADA AKUN YOUTUBE: OKI SETIANA DEWI. 4(1), 98–109. https://www.sewaktu.com/mutiara/pr-1531910065/ceramah-ustadzah-

Kulsum, R. U. (2020). Strategi Dakwah Ustadzah Halimah Alaydrus Melalui Media Sosial Ditengah Pandemi Covid-19.

Mulawarman, M., & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi, 25(1), 36–44. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.22759

Halimah Alaydrus. (n.d.). https://instagram.com/halimahalay

Nor Latifah, R. (2019). Trendsetter Muballigh di Medsos : Analisis Framing Instagram. 15(01), 36–48. https://doi.org/10.23971/jsam.v15i1.1150

Nurrahmi, F., & Farabuana, P. (2020). Efektivitas Dakwah melalui Instagram. Nyimak: Journal of Communication, 4(1), 1. https://doi.org/10.31000/nyimak.v4i1.2326

Nursobah, A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Youtube Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah. El Midad, 13(2), 76–85. https://doi.org/10.20414/elmidad.v13i2.4122

Pridiastuti, A. (2022). RETORIKA DAKWAH USTADZAH HALIMAH ALAYDRUS MELALUI MEDIA SOSIAL YOUTUBE ( ANALISIS PADA TEMA “ RUMAH TANGGA ” DALAM CHANNEL USTADZAH HALIMAH ALAYDRUS ) Abstrak istilah atau terminology artinya mengajak atau menyeru umat islam menuju pedoman hidup yang diri. Komunika: Jurnal of Communication Science and Islamic Da’wah, 6(2), 1–20. https://doi.org/10.32832/komunika.v6i2.7096

Riezky, P. A., Alifa, S., & Riezky Sarah Alifa, P. (2020). Analisis Metode Baru Dakwah Hanan Attaki Di Era Konvergensi. Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah, 10, 175–196. https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2.http

Rizal, S. (2020). Peran Perempuan dalam Dakwah. Dakwatul Islam, 5(1).

Setiawan, A. R. (2008). Sharifah Halimah Alaydrus. August, 1–11.

Syamsuriah. (2020). Peran Media Dalam Berdakwah Di Era Moderen. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 17(1), 47–55.

Widdia, A. L., Islamic, H., Ramadhan, A., & Putri, E. W. (2022). Analisis Konten Dakwah dalam Channel Youtube Omar &. 5, 1–9.




DOI: https://doi.org/10.15548/jmd.v6i1.6068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Imam: Jurnal Manajemen Dakwah