Strategi Dakwah Kepala Madrasah melalui Program USA (Ustadz-Ustazah Santri Asuh) MAS Al-Falah Padang

Ahmad Putra, Syaiful Adnan, Nurfarida Deliani, Arifal Dzunuren, Sri Mulya, Indrian Saputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi dakwah yang dijalankan oleh Kepala MAS Al-Falah Padang melalui program USA (Ustadz Ustadzah Santri Asuh). Program ini lahir dengan harapan agar santri benar-benar mendapatkan pendampingan, perhatian, semangat belajar, dan kecukupan pengetahuan keagamaan serta prestasi dari para guru yang sudah ditunjuk dan diamanahkan sebagai guru pembimbing. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan observer partisipan yaitu peneliti juga mengambil bagian dalam kegiatan di lapangan dengan mengambil data dari hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah pertama; lahir siswa yang sungguh-sungguh dalam belajar (akademik), kedua; siswa menjadi mandiri dan dewasa dalam bertindak, ketiga; menjadi siswa berkarakter, bermoral dan berakhlak mulia, keempat; siswa tidak lagi berkasus dan melanggar aturan sekolah, kelima; terbangun komunikasi dan cara bicara yang baik, keenam; siswa bisa bercerita dan curhat terkait hal-hal pribadi maupun persoalan lainnya.

Keywords


Strategi dakwah, USA, Pendidikan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jmd.v6i2.6069
Abstract views : 70 times
PDF : 38 times

References


Arikunto, Suharsimi. (1998). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rieneka Cipta.

Arifin, M. (1997). Psikologi Dakwah. Jakarta: Bulan Bintang.

Azizah Mar’atul dan Apdila Miranda Nur. (2021). Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor dalam Peningkatan Kinerja Guru. Chalim Journal of Teaching and Learning, Vol. 1 No. 1.

Azizah Nur Rahmawati, dan Iswahyudi. (2022). Strategi Dakwah Kyai Dalam Menanamkan Tanggung Jawab Santri Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo. Proceeding of The 2nd Conference on Strengthening Islamic Studies in the Digital Era, Vol. 2.

Elvina Siska Novra, dkk. (2022). Strategi Dakwah Husein Ja’far al Hadar terhadap Generasi Z di Indonesia. Al-Imam Jurnal Manajemen Dakwah, Vol. 5 No. 2 (Juli-Desember).

Hayudiyani Meila, dkk. (2020). Strategi Kepala Sekolah Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Prograam Unggulan Sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. Vol. 8 No. 1 April.

Hafifuddin, Didin. (1998). Dakwah Aktual. Jakarta: Gema Insani Press.

Malla Hamlan Andi Baso, dkk. (2021). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Karakter Kepedulian Sosial pada Peserta Didik. Istiqra’: Jurnal penelitian, Vol. 9 No. 1.

Mulyasa, E. (2014). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Angkasa.

Muclahah dan Senang. (2018). Kepemimpinan dan Suvervisi Pendidikan Islam. Malang: Madani.

Munir dan Ilahi wahyu. (2015). Manajemen Dakwah. Jakarta: Prenadamedia.

Noprika Mia, dkk. (2020). Strategi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Adragogi. Vol. 2 No. 2.

Noor, Juliansyah. (2011). Metode Penelitian. Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Safitri Eka, dkk. (2020). Kepedulian Orang Tua Mengimplementasikan Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak di Desa Anggondara Kabupaten Konawe. Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1 No. 1 (Mei).

Said, Muhlis. (2017). Strategi Dakwah Pondok Pesantren Darul Istiqamah Maros dalam Meningkatkan Kualitas Santri. Skripsi. Makassar: UIN Alauddin Makassar.

Susanto, Ahmad. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep Strategi dan Implementasi. Depok: Prenad.

Sudrajat, Ajat. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter?. Jurnal pendidikan Karakter, Vol. 1 No. 1 (Oktober).

Suprapta Muzier dan Hefni Harjan. (2003). Metode Dakwah. Jakarta: Prenada Media.

Ubes, N.I (2004). Mendididik Anak dalam Kandungan: Optimalisasi Potensi Anak Sejak Dini. Gema Insani.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Imam: Jurnal Manajemen Dakwah