Kajian Bibliometrik Tentang Proyeksi Manajemen Dakwah

M Yusuf, Rosdalia Rosdalia, Anjali Sabna, Diori Antomi, Muhammad Yani, Formi Ariyo, Imam Syahputra

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk memetakan kajian manajemen dakwah yang ada di Indonesia. Pemetaan ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk merekontruksi pola manajemen dakwah yang dinamis dan adaptif sesuai dengan konteks kekinian. Dalam pendekatan metodologis, artiel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka. Data dalam artikel ini adalah meta-data yang dikumpulkan dari Dimensions.ai pada 10 April 2023 pukul 09.00 Wib dengan input kata kunci "Manajemen Dakwah" dan "Manajemen and Dakwah". Temuan dari studi ini ialah: pertama; kajian menajemen dakwah sejak tahun 2014 sampai 2023 mengalami pertumbuhan signifikan di Indonesia. Kedua; kata kunci dominan digunakan pada kajian manajemen dakwah ialah "Dakwah" "Islam" "Masyarakat" "Manajemen" "Community" "Strategy" "Institution" "Education" "Organization" "Form", dan "da'wah management". Dan ketiga; belum ada kajian mengenai menajamen dakwah yang menggunakan kata kunci "Teknologi" "Budaya" dan "Culture" dalam suatu kajian. Ini dapat menjadi celah kebaruan dalam kajian manajemen dakwah serta merekonstruksinya menjadi dinamis dan adaptif.

Keywords


Bibliometrik; Dakwah; Manajemen; Manajemen Dakwah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jmd.v6i1.6071
Abstract views : 241 times
PDF : 102 times

References


Afidah, B. N., & Zunaidi, A. (2022). Sharia Bank ’ s Directing Management Strategy for Improving Employee Performance. Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, 1(2).

Afidah, I. (2021). Spiritualitas Masyarakat Perkotaan the Spirituality of Urban Society. Jurnal Dakwah & Sosial, 1(1), 28–33.

Afiyanti, Y. (2014). Penggunaan Literatur Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 9(1), 32–36. https://doi.org/10.7454/jki.v9i1.157

Andrian, B. (2016). Efektivitas dan Indikator Keberhasilan Dakwah (Studi Kasus Pesan Dakwah Melalui Tradisi Dzikir Nazam dan Dzikir Maulid pada Masyarakat Melayu Sambas). Jurnal Al-Muttaqin, IV(1), 9–16.

Aquinas. (2007). Principles of Management and Organizational Behaviour (Issue 1). 641 046. https://doi.org/10.2307/3006966

Armstrong, M. (2016). Handbook of Human Resources Management. Kogan Page. https://doi.org/10.1007/978-3-662-44152-7

Badan Standarisasi Nasional. (2018). Grand Desain Penerapan Manajeman Resiko. Badan Standarisasi Nasional. http://www.hzg.de/imperia/md/content/gkss/zentrale_einrichtungen/bibliothek/berichte/gkss_berichte_2008/gkss_2008_1.pdf

Bustamam-Ahmad, K. (2015). 8 Dalil Sejarah Masa Depan Dunia. Serambinews. https://aceh.tribunnews.com/2015/07/07/8-dalil-sejarah-masa-depan-dunia

Cahyadi, A. (2018). Pengembangan Dakwah Melalui Gerakan Kebudayaan Oleh Ashadi Cahyadi. Sya’Iar, 18(2), 73–83.

Campbell, H. (2010). When Religion Meets New Media. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203695371

Golden Pryor, M., & Taneja, S. (2010). Henri Fayol, Practitioner and Theoretician – Revered and Reviled. Journal of Management History, 16(4), 489–503. https://doi.org/10.1108/17511341011073960

Hayati, U. (2017). Nilai-Nilai Dakwah; Aktivitas Ibadah dan Perilaku Sosial. INJECT: Interdisciplinary Journal of Communication, 2(2), 175–192.

Hefni, W. (2020). Moderasi Beragama dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. In Jurnal Bimas Islam (Vol. 13, Issue 1, pp. 1–22). Jurnal Bimas Islam, Kementerian Agama RI. https://doi.org/10.37302/jbi.v13i1.182

Kumar, P. (2015). Industrial Engineering and Management. Pearson India Education Services.

Kusek, J. Z., & Rist, R. C. (2004). Ten Steps to a Results-Based Monitoring and Evaluation System. The Word Bank.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. SAGE Publications.

Miles, M. B., & Huberman, M. A. (2012). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. In Universitas Indonesia_UI Press (Terjemahan, Issue 1). Universitas Indonesia Press.

Misra, R. (2015). Principles of management Block 1: Introduction to Management. Knowledge Management and Reserach Organization.

Mubasyaroh. (2013). M. Natsir dan Pandangannya tentang Dakwah dalam Buku Fiqhyd Dakwah. At-Tabsyir, 1(2), 139–162.

Mudlofar, M. (2022). Fenomena Era Disrupsi dalam perspektif Pendidikan Agama Islam. Tasyri’: Jurnal Tarbiya-Syariah Islamiyah, 29(01), 11–20.

Munir, M., & Illaihi, W. (2021). Manajemen Dakwah. Kencana.

Muttaqin, Z. (2020). Reinterpretasi Dakwah Islam Untuk Mengatasi Problem-Problem Kemanusiaan. Aqlam: Journal of Islam and Plurality, 5(1). https://doi.org/10.30984/ajip.v5i1.1132

Naim, N. (2013). Kebangkitan Spiritualitas Masyarakat Modern. Kalam, 7(2), 237–258. https://doi.org/10.24042/klm.v7i2.457

Nikezić, S., Dželetović, M., & Vučinić, D. (2016). Chester Barnard: Organisational-Management Code for the 21st Century. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 221, 126–134. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.05.098

Parhan, M., Rahmawati, Y., Rahmawati, I. R., Rastiadi, H. A., & Maysaroh, M. (2022). Analisis Metode dan Konten Dakwah yang Diminati pada Remaja. Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), 22(1), 65–75. https://doi.org/10.15575/anida.v22i1.16633

Pattah, S. H. (2013). Pemanfaatan Kajian Bibliometrika sebagai Metode Evaluasi dan Kajian dalam Ilmu Perpustakaan dan Iinformasi. Jurnal Ilmu Perpustakaan & Informasi KHIZANAH AL-HIKMAH, 1(1), 47–57. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/view/25

Pimay, A., & Savitri, F. M. (2021). Dinamika dakwah Islam di era modern. Jurnal Ilmu Dakwah, 41(1), 43–55. https://doi.org/10.21580/jid.v41.1.7847

Rahmah, M. N. (2013). Kredibilitas Juru Dakwah sebagai Komunikator. Alhadharah Jurnal Ilmu Dakwah, 12(24), 1–13.

Rakhmawati, I. (2013). Potret Dakwah di Tengah Era Globalisasi dan Perkembangan Zaman. At-Tabsyir : Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 1(1), 75–92.

Rakhmawati, I. (2015). Paradigma Dakwah Upaya Merespon Problematika Umat Islam di Era Modern. At-Tabsyir: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 3(2), 405–426. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/1654

Rowbotham, F., Galloway, L., & Azhashemi, M. (2007). Operatios Management in Context. Elsevier.

Shelina, C., & Panjaitan, L. H. (2023). Manajemen Strategik dan Manajemen Operasional serta Implementasinya pada Lembaga Pendidikan. MES Management Journal, 2(2), 194–206. https://doi.org/10.56709/mesman.v2i2.84

Suhada, S. A., Risladiba, Sa’dudin, I., Kusnandar, E., & Syafaah, A. (2023). Konsep Spiritualisme Masyarakat di Era Modernisasi dalam Kehidupan Sosial-Beragama. Gunung Djati Conference Series, Volume 21 (2023) The 1st Nurjati Conference, 21, 151–159.

Supriyanto. (2018). Konsep Dakwah Efektif. Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 9(2), 239–262.

Thomson, T. M. (1998). Management by Objectives. The Pfeiffer Library, 20(2), 1–516. https://doi.org/10.1111/j.1467-9310.1971.tb00090.x

Turner, B. S. (2007). Religious Authority and the New Media. Theory, Culture & Society, 24(2), 117–134. https://doi.org/10.1177/0263276407075001

Zulhazmi, A. Z., & Priyanti, E. (2020). Eksistensi komunitas hijrah dan dakwah masa kini: Studi komunitas jaga sesama Solo. Jurnal Ilmu Dakwah, 40(2), 168. https://doi.org/10.21580/jid.v40.2.6249


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Imam: Jurnal Manajemen Dakwah