Pendekatan Budaya Lokal: Strategi Missi Matteo Ricci dan Relevansinya dengan Penyebaran Islam di Indonesia

Danil Folandra

Abstract


Artikel ini secara analisis-interpretatif menjelaskan strategi beserta relevansi antara proselytizing Kristen di Cina oleh mateo Ricci dengan penyebaran Islam (dakwah) di Indonesia. Studi ini dalam bentuk deskriptif kualitatif melalui metode studi literature. Data dikumpulkan dengan menelusuri sumber-sumber tulisan yang berkaitan dengan tema yang di bahas berupa jurnal, buku ataupun tulisan lain yang relevan dengan pembahasan studi. Bertolak dari metode tersebut, studi ini menemukan bahwa adanya strategi yang relevan yang dilakukan oleh Matei Ricci sebagai seorang yesuit Kristen di Cina dengan pola penyebaran Islam di Indonesia oleh Ulama-ulamanya ketika itu. Pertama, pemahaman bahasa merupakan modal awal agar dapat mereduksi nilai doktrin agama kepada masyarakat. Kedua memasuki ranah otoritas (penguasa) cukup penting agar leluasa dalam menyebarkan nilai agama baik penguasa itu sendiri maupun masyarakat. Ketiga dengan mengakomodasi budaya dan tradisi lokal menjadi jalan pintas mendapatkan hati masyarakat.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jmd.v6i1.6157
Abstract views : 121 times
PDF : 146 times

References


A. Syaifullah. (2010). Merekam Jejak Dakwah Walisongo. Interpree Book.

Abdul Hadi dkk. (2015). Sejarah Kebudayaan Isalm Indonesia (1st ed.). Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Abubakar, F. (2016). Interaksi Islam Dengan Budaya Lokal. AKADEMIKA, Vol. 21, No. 01 Januari-Juni 2016, 21, 19–34.

Adisaputo, S. E., & Sutamaji. (2021). Strategi dakwah dalam Media Sosial. Jurnal Al-Tsiqoh (Dakwah Dan Ekonomi), 6(1), 1–11.

Alifuddin, M. (2015). DAKWAH BERBASIS MULTIKULTUR (Paradigma dan Strategi Tokoh Agama Dalam Membangun Harmoni Antar Iman Di Kendari). Jurnal Dakwah, 16(1), 37–57.

Amin, E. (2017). Etika Dakwah: Kontekstualisasi Dakwah Profesional. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 16(1), 19–34. https://doi.org/10.30631/tjd.v16i1.52

Arif, R. (2020). Sejarah Islamisasi Minangkabau: Studi Terhadap Peran Sentral Syekh Burhanuddin Ulakan. Indonesian Journal of Islamic History and Culture, 1(2), 122–136.

Arifani, M. A. (2010). MODEL PENGEMBANGAN DAKWAH BERBASIS BUDAYA LOKAL (Analisis Tentang Akulturasi Islam dan Budaya Lokal Dakwah Sunan Kalijaga. Jurnall Ilmu Dakwah, 4(15), 849–878.

BBC. (2010). Pope Benedict XVI proclaims Matteo Ricci a saint.

Bergin, T. G. (2011). Matteo Ricci: A Jesuit in the Ming Court. Bloomsbury.

Dalimunthe, D. (2017). Kajian Proses Islamisasi di Indonesia (Studi Pustaka). Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat, 12(1), 115–125. https://doi.org/10.23971/jsam.v12i1.467

Dawud, M. (2019). Penerapan Manajemen Strategi Penyiaran dalam Dakwah. Al-Hikmah, 17(2), 105–106. http://alhikmah.iain-jember.ac.id/index.php/alhikmah/article/view/10

Dunch, R. (2001). Mirroring the Past: The Writing and Use of History in Imperial China. University of Hawaii Press.

Encyclopædia Britannica. (2023). Society of Jesus.

Hadi, A. (2014). Hermeneutika Sastra Barat dan Timur. Sadra Press.

Hamdani, D. (2009). The Formalisation of Islamic Attire in Padang, West Sumatra. Journal of Indonesian Islam, 03(01), 69–96.

Hans Kung. (2010). Hans kung 2010. Jalan Dialog Hans Kung dan Perspektif Muslim, CRCS: Universitas Gajah Mada. CRCS UGM.

Hehanussa, J. M. N. (2007). MATTEO RICCI DAN PROSES KONTEKSTUALISASI KEKRISTENAN DI CINA. Gema Teologi, 31(01), 1–21.

Hendra, T., Arsya, F., & Saputri, S. (2020). Dakwah Pada Masyarakat Multikultural. Hikmah, 14, 1–14. http://194.31.53.129/index.php/Hik/article/view/2536/pdf

Hidayat, R. (2017). Strategi Dakwah Radio Syiar Fakultas Dakwah DAN KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN MUTU SIARAN KEAGAMAAN. UIN Alauddin Makassar.

Immanuel C. Y. Hsü. (1970). The Rise of Modern China. Oxford University Press.

Karim, A., Adeni, A., Fitri, F., Fitri, A. N., Hilmi, M., Fabriar, S. R., & Rachmawati, F. (2021). Pemetaan untuk Strategi Dakwah di Kota Semarang Menggunakan Pendekatan Data Mining (Mapping for Da’wah Strategy in Semarang City Using Data Mining Approach). Jurnal Dakwah Risalah, 32(1), 40. https://doi.org/10.24014/jdr.v32i1.12549

Kohar, W., Aqil, M., & Folandra, D. (2022). Map of Social-Cultural Dakwah Communications (Da’i) and Audience (Mad’u) in Padang City. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 16(1), 19–36. https://doi.org/10.15575/idajhs.v16i1.16683

Leonardo Sacco. (2019). MATTEO RICCI AND THE METAPHOR OF THE BRIDGE BETWEEN CIVILIZATIONS. SOME CRITICAL REMARKS. Storia, Antropologia.

Ma’arif, B. S. (2017). Mapping Of Dakwah Activity In Bandung City. MIMBAR, Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 33(2), 275. https://doi.org/10.29313/mimbar.v33i2.2340

Marfu’ah, U. (2018). Strategi Komunikasi Dakwah Berbasis Multikultural. Islamic Communication Journal, 2(2), 147. https://doi.org/10.21580/icj.2017.2.2.2166

Marsaid. (2016). Islam dan Kebudayaan: Wayang Sebagai Media Pendidikan Islam di Nusantara. Kontemplasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 4(1), 101–130. http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/kon/article/view/132

Michela Fontana. (1994). Matteo Ricci: AJesuit in the Ming Court. In Revue française d’histoire d’outre-mer (Vol. 81, Issue 304).

Muslim, N., Aziz, A., & Zainab, S. (2018). Tantangan Dakwah Pada Masyarakat Multikultural Di Kalimantan Tengah. Wardah, 19(2), 122–134. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2449

Naufaldi Aldi. (2020). Akulturasi Budaya Jawa dan Budaya Islam Melalui Dakwah Sunan Kalijaga. Al-’Adalah, 23(2).

Nawawi, N. (2009). Kompetensi Juru Dakwah. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 3(2), 287–297. https://doi.org/10.24090/komunika.v3i2.131

Nirwan Wahyudi AR. (2020). Dakwah Kultural melalui Tradisi Akkorongtigi (Studi pada Masyarakat Kelurahan Limbung, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa) Nirwan. Al-Mutsla, 2(1), 39–55. https://doi.org/10.46870/almutsla.v2i1.48

Puspianto, A. (2018). Dakwah Antarbudaya Diperlintasan Zaman. Dakwah Antarbudaya Diperlintasan Zaman, 7(1), 45–68. https://e-jurnal.stail.ac.id/index.php/annida/article/view/45

Putra, A., & Rijal, A. (2019). Sufi Role in Transforming Nusantara Socio-Culture: Historical Reflections and Contemporary Discourse. PROCEEDING IAIN Batusangkar, 4(1), 287–297. http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/view/1565

Sabara. (2018). Islam dalam Tradisi Masyarakat Lokal di Sulawesi Selatan. Mimikri: Jurnal Agama Dan Kebudayaan, 4(1), 50–67.

Saefulloh, A. (2021). Multicultural Dakwah Strategies and Social Change in Purwokerto. Al-Ulum, 21(1), 151–165. https://doi.org/10.30603/au.v21i1.2113

Safitri, E. N. (2021). Strategi Dakwah Radio Citra Gayabaru Lampung Tengah Dalam Mengolah Pesan Dakwah. 1–46.

Sirajudin, M. (2014). Pengembangan Strategi Dakwah Melalui Media Internet (Peluang dan Tantangan). Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, Vol.1(No.1), 11–23.

Siregar, M. (2021). Membaca Peta Dakwah Kota Langsa : Upaya Merumuskan Strategi Dakwah yang Kontributif Bagi Masyarakat. Jurnal Komunika Islamika: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Kajian Islam, 8(2), 77–90.

Spence, J. D. (1991). The Memory Palace of Matteo Ricci. Viking.

Spence, Jonathan D. (1985). The Memory Place of Matteo Ricci. Penguin Books.

Thomas Banchoff. (1999). Mateo Ricci and the Jesuit Mission in China. Cambridge University Press.

Ummah, A. H. (2020). Dakwah Digital dan Generasi Milenial (Menelisik Strategi Dakwah Komunitas Arus Informasi Santri Nusantara). Tasâmuh, 18(1), 54–78. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tasamuh/article/view/2151

Yu Liu. (2008). The Intricacies of Accommodation: The Proselytizing Strategy of Matteo Ricci. Journal of World History, 19(4), 465–487. https://doi.org/10.1353/jwh.0.0030


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Imam: Jurnal Manajemen Dakwah