STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Zulvia Trinova, Ayu Lestari Hasibuan, Nini Nini

Abstract


The socioeconomic status of the students' parents varies widely. The socioeconomic status of a good family can have an effect on the growth and physical development of children, as well as the growth of intelligence, talents, interests, health, readiness, and maturity. The quantitative method used is based on the positivism philosophy of the population and samples were selected in the completion of this study. Samples were taken randomly, using research instruments to collect data. Data were analyzed quantitatively to test the hypothesis. The sample amounted to 70 people in this study. The results showed that the socioeconomic status of parents was in the high criteria with a frequency of 24 (34.28%). At low criteria with a frequency of 46 (65.71%). The findings about learning achievement were that 26 (37.14%) students were in the high category, 44 (62.85%) students were in the low category. In conclusion, there is a significant positive correlation between the socioeconomic status of parents and the learning achievement of students in class VIII SMPN 11 Padang.

Keywords


Social Status, Economic Status. Student achievement

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jbki.v12i1.2785
Abstract views : 639 times
PDF : 625 times

References


Bafadhol, I. (2017). Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 14.

Darlis, A. (2017). Hakikat Pendidikan Islam: Telaah Terhadap Hubungan Pendidikan Informal, Non Formal dan Formal. Jurnal Tarbiyah, 24(1).

Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan generasi emas indonesia tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Edik Informatika, 3(2), 73-87.

Darsono. Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta. 2009)

Hanafiyah, Nanang, Konsep Strategi Pembelajaran, (Bandung: Revika Aditama, 2009)

Hapnita, W. (2018). Faktor Internal dan Eksternal yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Padang Tahun 2016/2017. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(1).

Intan Mayora, M. A. Y. (2020). Upaya Guru Bimbingan Konseling dalam Mencegah Degradasi Moral Remaja melalui Layanan Informasi pada Peserta Didi Kelas X di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Jailani, M. (2019). Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Anak Untuk Berwirausaha. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1), 35-42.

Juariyah, S. (2010). Analisis kondisi sosial ekonomi dan tingkat pendidikan masyarakat Desa Srigading, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 7(1).

Kharisma, N. (2015). Pengaruh Motivasi, Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK Negeri se-Kota Semarang Tahun Ajaran 2014/2015 (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2017). Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 156-162.

Muhammad, M., Gani, H., & Arifin, A. (2017). Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Anak di Desa Wunse Jaya Kecamatan Wawonii Tenggara Kabupaten Konawe Kepulauan. Al-Ta'dib, 10(1), 163-180.

Oktariani, O. (2018). Peranan Self Efficacy Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Psikologi Kognisi, 3(1), 41-50.

Ormroad Jeanne Ellis, Psikologi Pendidikan, (Edisi VI Jakarta: Erlangga, 2008)

Primayana, K. H. (2020). Menciptakan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Dengan Berorientasi Pembentukan Karakter Untuk Mencapai Tujuan Higher Order Thingking Skilss (HOTS) Pada Anak Sekolah Dasar. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 3(2), 85-92.

Puriyanto, P. (2015). Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Miskin dengan Kenakalan Remaja Siswa Kelas VIII SMPN 2 Kalianget (Doctoral Dissertation, STKIP PGRI Sumenep).

Puspitasari, W. D. (2016). Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2).

Ramdani, Z. (2018). Kolaborasi antara kepala sekolah, guru dan siswa dalam menciptakan sistem pendidikan yang berkualitas. In National Conference on Educational Assessment and Plolicy.

Sardiman AM, Interaksi dan Motifasi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT Grafindo Persada, 2003)

Sholikhah, A. (2020). Peran keluarga sebagai tempat pertama sosialisasi budi pekerti Jawa bagi anak dalam mengantisipasi degradasi nilai-nilai moral. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 15(1), 111-126.

Simbolon, N. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2).

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, (Cet. V; Jakarta: Rineka Cipta, 2010)

Sriwahyuni, S., Salemuddin, M. R., & Rosmayanti, V. (2018). Peran Status Sosial Ekonomi Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 19 Makassar. Socioedu Journal (Pendidikan, Sosial, Humaniora), 1(2).

Sudarsana, I. K. (2016). Peningkatan mutu pendidikan luar sekolah dalam upayapembangunan sumber daya manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1-14.

Suriasumantri, Jujun S, Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer, (Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2003)

Tohirin. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2011)

Utami, Y., Purnomo, A., & Salam, R. (2019). Penanaman sikap sosial melalui pembelajaran ips pada siswa SMP Islam Sudirman Ambarawa Kabupaten Semarang. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 1(1), 40-52.

Widodo, A. S. (2013). Harga diri dan interaksi sosial ditinjau dari status sosial ekonomi orang tua. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.