TINGKAT PERILAKU KONSUMTIF REMAJA STUDI DI GUNUNG PANGILUN

Anggi Fitria, Nurfarida Deliana

Abstract


Remaja dalam  mencapai dan memenuhi tugas perkembangannya harus mampu mempersiapkan diri dibidang ekonomi dalam artian disini remaja harus pintar  di bidang perilaku kewirausahaan, hal ini bisa tercapai tentu dengan mengurangi perilaku konsumtif. perilaku konsumtif adalah suatu perilaku membeli barang-barang dan jasa yang sifatnya kurang di perlukan dan hanya mementingkan faktor keinginan dibandingkan faktor kebutuhan, serta tidak ada skala  prioritas atau juga dapat diartikan sebagai gaya hidup yang bermewah-mewah sehingga orang yang konsumtif dapat dikatakan tidak lagi mempertimbangkan fungsi atau kegunaaan ketika membeli barang melainkan mempertimbangkan prestise yang melekat pada barang tersebut yang menkonsumsi barang atau jasa secara berlebihan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perilaku konsumtif remaja guna untuk bisa membantu pembina remaja dalam upaya mengurangi perilaku konsumtif remaja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penyusunan tes melibatkan  tiga ahli serta pelaksanaannya  dibantu oleh pembina remaja. Instrumen yang digunakan berupa pernyataan angket perilaku konsumtif dengan menggunakan skala likert. Analisis data dilakukan dengan deskripsi dan hasil analisis data menunjukkan bahwa perilaku konsumtif remaja berada pada kategori sedang dan cenderung tinggi.

 

                


Keywords


Remaja, perilaku Konsumtif

Full Text:

pdf


DOI: https://doi.org/10.15548/jbki.v12i2.3498
Abstract views : 422 times
pdf : 0 times

References


Anggreini, R., & Mariyanti, S. (2014). Hubungan antara kontrol diri dan perilaku konsumtif Mahasiswi Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 12(01).

Asiyah, N. (2013). Pola asuh demokratis, kepercayaan diri dan kemandirian mahasiswa baru. PERSONA. Jurnal Psikologi Indonesia. 2(2).

Azwar, Syaifuddin, (2005). Penyusunan Skala Psikologi, Yogyakarta, Pustaka Belajar,

E.B. Harlock. (1999). Psikologi Perkembangan. Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan.Jakarta: Erlangga.

Damsar. (1997). Sosiologi Ekonomi. Jakarta: Rajawali Press.

Fauziah, D. M. (2017). Bimbingan konseling Rational Emotif Behaviour Therapy teknik homework assigment dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa korban bullying di SMP Negeri 3 Terbanggi Besar Tahun Ajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, IAIN Raden Intan Lampung.

Fausih, M. (2014). Pengembangan media e-modul mata pelajaran produktif pokok bahasan “instalasi jaringan LAN (Local Area Network)” untuk siswa kelas XI jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal mahasiswa teknologi pendidikan, 2(3).

Imron, M. (2003). Kemiskinan dalam masyarakat nelayan. Jurnal Mayarakat dan Budaya, 5(1), 63-82.

Lury, Celia. (1998). Budaya Konsumen. Jakarta: Yayasan Obor.

Pertiwi & Hidayati. (2018). Kecanduan media sosial terhadap motivasi belajar pada remaja di SMA Muhammadiyah 1 Semarang Kecamatan Candisari Kota Semarang.

PRASTIWI, Y. N. (2018). Pengaruh Label Halal Dan Citra Merek Terhadap Perilaku Pembelian Kosmetik Sariayu Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating.

Suharsimi, Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek,Jakarta: Rineka Cipta, 1992

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2013

Tambunan. (2001). Remaja dan perilaku konsumtif Masyarakat. Jakarta: Rajawali Press

VIOLINA, E. I. (2013). Pengaruh Penggunaan Teknik Assertive Training dalam Mereduksi Perilaku Konsumtif pada Siswa SMPN 2 Delitua Tahun Ajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, UNIMED).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.