KONSEP DIRI PENYANDANG TUNA DAKSA RAPUH TULANG DI DESA CUBADAK MENTAWAI KOTA PARIAMAN

Arridha Rahmatika, Nurfarida Deliani

Abstract


Jika dilihat dari aspek psikologis, penyandang disabilitas fisik cenderung merasa apatis, pemalu, rendah diri, sensitif dan terkadang juga muncul sikap egois terhadap lingkungannya yang disebabkan oleh perkembangan dan pembentukan pribadi yang tidak didukung oleh lingkungan sekitarnya. Keadaan seperti ini mempengaruhi kemampuan dalam hal sosialisasi dan interaksi sosial dengan lingkungan sekitar atau dalam interaksi sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek penerimaan diri penderita tulang rapuh, untuk mengetahui aspek harga diri penderita tulang rapuh, untuk mengetahui aspek penerimaan orang lain terhadap dirinya.

Keywords


Konsep Diri, Tuna Daksa, Rapuh Tulang

Full Text:

pdf


DOI: https://doi.org/10.15548/jbki.v12i2.3501
Abstract views : 428 times
pdf : 0 times

References


Aini Mahabbati, (2014), Kebijakan, “Implementasi, dan Isu Strategis Pendidikan Bagi Individu Berkebutuhan Khusus”, Jurnal Pendidikan Islam, vol III, No 1 (Juni 2014/1435),

Alex Sobur, (2003), Psikologi Umum dalam lintasan sejarah, Bandung : Pustaka Setia

Alex Sobur, (2016), Psikologi Umum Edisi Revisi, Bandung : Pustaka Setia

Burhan, (2008) Metode penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial lainnya, Jakarta: Kencana

Chaplin, J.P, (2005), Kamus lengkap Psikologi, Jakarta : Pt. Raja Grafindo Persada

Dewa Ketut Sukardi, (2000), Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling di Sekolah, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fatma Laili Khoirun Nida, (2014), Membangun Konsep Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus, Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus.

G.Dariuszky, (2004), Membangun Harga Diri, Bandung : CV. Pionir Jaya

Hamka, (1975), Tafsir Al Azhar ,Surabaya: Pt Bina Ilmu Offset

Hendrianti Agustiani, (2009), Psikologi Perkembangan Pendekatan Ekologi Kaitannya Dengan Konsep Diri Dan Penyesuaian Diri Pada Remaja Edisi Kedua, Bandung : PT. Refika Aditama

Hendriati Agustiani, (2006), psikologi Perkembangan Pendekatan Ekologi Kaitannya Dengan Konsep Diri Dan Penyesuaian Diri Pada Remaja, Bandung: PT. Refika Aditama.

Hulock, Elizabeth B, (1993), Psikologi Perkembangan Anak Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Ibnu Katsir, (2018), Jurnal Tafsir Al qur’an Al-Adzim, Beirut: Dar El Fikr

Lailatul Rokhmatika, (2013), Hubungan Antara Persepsi Terhadap Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Konsep Diri Dengan Penyesuaian Diri Di Sekolah Pada Siswa Kelas Unggulan, Jurnal BK Unesa

Lexy J Moleong, (2011), Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : Pt Rosdakarya.

Laora, J. (2016). Konsep Diri Penyandang Tuna Daksa Di Kota Pekanbaru. University of Riau, Pekanbaru.

Lusli V, (2010), Ruang demokrasi bagi warga dengan kecacatan, Jurnal Perempuan : mencari ruang untuk difable.

Marzuk, Nanis Sacharina dkk, (2007) Panduan Praktik Klinis Ikatan Dokter Anak Indonesia Osteogensis Imperfecta, Badan Penerbit Ikatan Dokter Anak Indonesia

Miftahul Janna, (2019), Resiliensi pada penyandang tunadaksa non bawaan di balai rehabilitasi sosial penyandang disabilitas dan fisik budi perkasa kota palembang. Diss. Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Narbuto Cholid & Abu Ahmadi, (2004) Metodologi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhastuti, (2019), Bahan Ajar Mata Kuliah Persfektif Pendidikan Anak Tuna Daksa, UNP: Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan.

Prayitno & Erman Amti, (2004) Dasar-Dasar Bimbingan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta

Prayitno dan Erman Amti, (2008) Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, (Jakarta: Pt. Rineka Cipta.

Pudjijogyanti, Clara R, (1988) Konsep Diri Dalam Pendidikan, Jakarta: Arcan.

R.B Burn, (1993), Konsep Diri : teori, Pengukuran, Perkembangan dan Perilaku, terj. Eddy, Jakarta: Arcan.

Sarlito W. Sarwono, (2002) Berkenalan dengan Aliran-aliran dan Tokoh-tokoh Psikologi, Jakarta: Bulan Bintang

Sugiono, (2004) Metodologi Penelitian kuantitatif R &D, Bandung: Alfabeta

Sugiyono, (2014), Metode Penelitian Kuantitaitf, Kualitatif, dan R&D, Bandung: IKAPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.