PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PERILAKU IMITASI

Efrida Mandasari

Abstract


Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pada penelitian ini, karakteristik populasi yang dipilih adalah remaja yang berusia 15-19 tahun di Kelurahan Padangmatinggi kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Hasil penelitian diperoleh thitung sebesar 3,357 dan signifikan sebesar 0,063. Sedangkan ttabel dapat dilihat pada tabel statistik pada signifikan 0,050 dengan derajat kebebasan df = n- 2 atau 15 – 2=13, maka diperoleh ttabel sebesar 1,706 maka thitung > ttabel (3,357 > 1,706) dan signifikan 0,05 (0,063 > 0,05), jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media sosial TikTok terhadap Perilaku Imitasi remaja di kelurahan Padangmatinggi kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Sedangkan perhitungan uji F diperoleh Fhitung 3,644 sedangkan Ftabel dapat dilihat dari tabel statistik pada tingkat signifikan 0,05 dengan df (jumlah variabel – 1) = 2 dan df (n-k-1) atau 15-2-1=22 (n adalah jumlah data dan k adalah jumlah variabel independen, maka Ftabel =3,42. Maka diperoleh bahwa Fhitung> Ftabel atau (3,644 > 3,42) dan signitifikan (0,628 > 0,05). Jadi kesimpulannya ada pengaruh yang signifikan penggunaan media sosial TikTok terhadap Perilaku Imitasi remaja di kelurahan Padangmatinggi kecamatan Padangsidimpuan Tenggara.

 


Keywords


Media Sosial; TikTok; Perilaku; Imita

Full Text:

pdf


DOI: https://doi.org/10.15548/jbki.v12i2.3504
Abstract views : 2057 times
pdf : 0 times

References


Aldila Safitri, Anggi, Anissa Rahmadhany, and Irwansyah Irwansyah. 2021. “Penerapan Teori Penetrasi Sosial Pada Media Sosial: Pengaruh Pengungkapan Jati Diri Melalui TikTok Terhadap Penilaian Sosial.” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis 3 (1): 1–9. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.180.

Bungin, Burhan. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, Dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan. Bandung: Rosdakarya.

Gerungan, W. A. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Heris Hendriana dan Utari Soemarmo. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung. PT Refika Aditama.

Karjauloto, H. 2008. Trust And New Tegnology : Marketing And Management On Internet And Mobile Media (Terjemahan). Chelteham, Gloss: UK. Edward Elgar.

Kusuma, P. W. 2020. “Di Balik Fenomena Ramainya TikTok Di Indonesia.” 2020.

Lathifah, Isnaini Nurul, Achmad Herman, and Muh. Isa Yusaputra. 2019. “Pengaruh Mengakses Korean Wave Terhadap Perilaku Imitasi Remaja Di Kota Palu.” KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi 6 (2): 111. https://doi.org/10.21070/kanal.v6i2.1933.

Notoadmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan Dan Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugraha, Aulia. 2018. “Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan 2018,” 1–87.

Santrock, J. W. 2003. Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Sarwono, S. W. 2002. Teori Psikologi Sosial: Individu Dan Teori-Teori Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, R & D). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Supardi. 2015. Penilaian Autentik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.