PENERAPAN BIMBINGAN KONSELING ISLAM MELALUI FAMILY SYSTEM UNTUK PENGEMBANGAN KONSEP DIRI REMAJA

Esli Zuraidah, Hummaira Hutagaol

Abstract


Penulisan ini dilatarbelakangi oleh konsep diri remaja yang cenderung negatif karena tidak percaya diri dengan kondisi fisik, kurang berprestasi secara akademik sehingga tidak naik kelas dan kurang bersosialisasi dengan masyarakat. Tujuan penulisan ini dilakukan untuk mengetahui konsep diri remaja, penerapan bimbingan konseling Islam melalui family systemdi Desa Aliaga Kecamatan Huta Raja Tinggi Kabupaten Padang Lawas.Jenis penulisan ini adalah penulisan tindakan lapangan. Informan diambil darei data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi.Hasil penulisan menunjukkan setelah dilakukan konseling konsep diri negatif dengan cara membuka pola pikir, memberi motivasi agar lebih percaya diri, dan merangsang informan untuk lebih menerima dirinya dengan kelebihan dan kekurangannya serta berusa mengurangi hal-hal negative yang membuat dirinya tidak percaya diri.Bimbingan konseling Islam melalui family system adalah suatu konseling dengan pendekatan keluarga. Penulisan ini diharapkan menjadi sumbangsih pemikiran kepada orang tua agar lebih berperan aktif dalam mengarahkan, membimbing, dan memperhatikan remaja baik dari segi fisik dan juga psikisnya. Perlakuan yang positif dari orang tua akan menjadikan konsep diri yang positif pada remaja.


Keywords


Bimbingan Konseling Islam, Family System, Konsep Diri, Remaja

Full Text:

pdf


DOI: https://doi.org/10.15548/jbki.v12i2.3534
Abstract views : 204 times
pdf : 0 times

References


Aep Kusnawan.Bimbingan Konseling Islam Berbasis Ilmu Dakwah. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. 2020.

Ahmad Mundzir. “Tafsir Ar-Rad Ayat 11: Motivasi Mengubah Nasib?”.https://islam.nu.or.id.

Ahmad Nizar Rangkuti. Metode Penulisan Pendidikan. Bandung: Cia Media. 2006.

Andi Prastowo. Memahami Metode-Metode Penulisan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2014.

Anwar Sutoyo.Bimbingan dan Konseling Islami Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2014.

Aspi Isminayah dan Supandi “Relasi Tingkat Keharmonisan Keluarga dengan Konsep Diri Remaja”.Jurnal Dakwah dan Komunikasi. vol. 1 no. 2, Juli-Desember 2016.

Asti Rahmawati & Suharso. “Faktor Determinan Konsep Diri Siswa kelas VIII di SMP Negeri Se-Kota Semarang”. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application. vol. 4 no. 1, 2015.

Chaplin James P.Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : Raja Grafindo Persada. 2001.

Febriyani Dina Sukma Hadi dan Diana Rusmawati. “Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga dengan Konsep Diri pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Demak”.Jurnal Empati. vol. 8 no.2, Agustus 2019.

Lexy J. Moleong.Metodologi Penulisan Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2000.

Pratiwi Wahyu Widiarti. “Konsep Diri (Self Concept) dan Komunikasi Interpersonal dalam Pendampingan pada Siswa SMP Se Kota Yogyakarta”.Kajian Ilmu Komunikasi. vol. 47 no. 1, Juni 2017.

Prayitno & Erman Amti. Dasar-dasar Bimbingan & Konseling. Jakarta: Rineka Cipta. 2013.

M. Quraish Shihahb. “Ajaran Islam tentang Manusia Sebagai Makhluk Sosial”.https://tirto.id/.

Suharsimi Arikunto.Prosedur Penulisan Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. 2013.

Sukardi. Metodologi Penulisan Kompetensi dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara. 2003.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.