Dakwah Haji: Psikologi Komunikasi Petugas Haji di Arab Saudi
Abstract
Penelitian ini berusaha untuk menganalisis tindak komunikasi yang suportif (s) versus Defensif (D), proses dan dampak komunikasi yang berlansung antar Petugas Haji Indonesia, dan unsur lainya di Sektor 1 Madinah tahun 2019. Analisis teoritis menggunakan kebijakan perhajian di Indonesia dan teori psikologi komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi deskriptif. Penelitian ini menghadirkan data yang bersifat kualitatif baik dalam bentuk data verbal dan non verbal mengenai orang dan perilaku yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar petugas Haji Sektor 1 Madinah telah menunjukkan komunikasi Suportif, hanya sebagian kecil yang berperilaku komunikasi devensif, yang berdampak pada ketidaknyaman dalam tindak komunikasi pelayanan Haji di Arab Saudi.
Keywords
![](https://ejournal.uinib.ac.id/iconimage/icon-doi.png)
![](https://ejournal.uinib.ac.id/iconimage/icon-graph.png)
![](https://ejournal.uinib.ac.id/iconimage/icon-pdf.png)
References
Asti, I. T. (2019). Paradigma Psikologi Komunikasi Dalam Upaya Pembentukan Kepribadian Muslim Dalam Lingkup Individu Dan Sosial. Jurnal Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Kajian Islam, 6(1), 75. https://doi.org/10.37064/jki.v6i1.5520
Basyir, K. D. (2019). Pembekalan terintegrasi Petugas Haji Indonesia. Asrama Haji.
Berger, A. A. (2000). Media and Communication Research Methods : An Intrduction to Qualitative and Quantitatif Approacches. Sage Publication.
Bilali, R. (2018). The Role of National Identity, religious Identity, and Intergroup Contact on social Distance Across Multiple Social Divides In Turkey. International Journal of Intercultural Relations.
Hadari Nawawi, M. H. (2006). Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Gadjah Mada University Press.
Mutia Yanti, Y. C. (2018). Psikologi Komunikasi dalam Meningkatkan Dakwah Da’i di Masjid Fajar Ikhlas Kelurahan Sumberejo Kecamatan Kemiling. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 12(2), 106–122. https://doi.org/10.24042/ajsla.v12i2.2112
Nawawi, H. (2019). Metode Penelitian Sosial. Gadjah Mada University Press.
Rahmat, J. (1996). Psikologi Komunikasi. Remaja Rosda Karya.
Ritonga, H. (2019). Psikologi Komunikasi. Perdana Publishing.
Rizky, F. U., Hasanah, E. P., & Salisah, N. H. (2021). Analisis Psikologi Komunikasi Kelompok Virtual dalam Penerimaan Konten Radikalisme. Jurnal Komunikasi, 15(1), 99–114.
Rizky, F. U., & Surya, A. (2021). Become a Professional Da’i in the Era of Digital Revolution. At-Tahdzib: Jurnal Studi Islam Dan Mu’amalah, 9(1), 8–18.
Rustandi, R. (2020). Dakwah Komunitas di Pedesaan dalam Perspektif Psikologi Komunikasi. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 8(3), 305–326. https://doi.org/10.15575/irsyad.v8i3.2009
Rustini Wulandari, D. (2018). Relasi Interpersonal Dalam Psikologi Komunikasi. Islamic Communicatio Journal, 3.
Salisah, N. H. (2015). Psikologi Komunikasi: buku perkuliahan Program S-1 Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Sunan Ampel Surabaya. Book, 332. http://digilib.uinsby.ac.id/20038/
Samowar, L. A. (2007). Communication Between Cultural. Thomson Wadswoth.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 8 tahun 2019, pasal 22 ayat-1-6. (n.d.).
Wahyuni. (2018). Identifikasi Pola Psikologi Komunikasi Resistensi Dalam Masyarakat. Peurawi, 1(1), 1–14. http://jurnal.ar raniry.ac.id/index.php/peurawi
Refbacks
- There are currently no refbacks.