RAGAM PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19

Mansyur S, Nurus Sa'adah, Wanda Fitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menjelaskan bagaimana bentuk peran orang tua dalam mendampingi anak belajar daring pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan cara wawancara daring (via WhatsApp), sedangkan sumber datanya adalah orang tua yang memiliki anak usia sekolah kelas 3-5 SD, berita online serta beberapa hasil penelitian terdahulu. Penelitian ini dilakukan di Komplek Pesona Filano, Kelurahan Pisang, Kecamatan Pauh, Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua terlalu intervensi terhadap tugas dan tanggung jawab anak ketika belajar daring, seperti: mencari referensi, mencari jawaban, mengerjakan tugas, bahkan menyelesaikan tugas anak.

Keywords


Peran Orang Tua, Belajar Daring, Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jbki.v13i2.4722
Abstract views : 118 times
PDF : 106 times

References


Erzad, A. M. (2017). Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Sejak Dini di Lingkungan Keluarga. Thufula, 5 (2), 414-431.

Fadillah, M. (2014). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini, Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif, dan Menyenangkan. Jakarta: Kencana.

Fahrizal, Z. (2018). Quo Vadis Pendidikan Indonesia? (Refleksi Hari Guru Nasional 2018). Serang: Guepedia.

Gichara, Jenny. (2006). Mengatasi Perilaku Buruk Anak. Jakarta: Kawan Pustaka.

Iftitah, S. L. dan Mardiyana, F. A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education). Vol. 4 No. 2 Tahun 2020. Hal. 71-81.

Iriani, D. (2014). Kesalahan dalam Mendidik Anak. Jakarta: Gramedia.

Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio. Vol. 10, No. 1, Januari 2018. Hal. 1-136.

Latif, M. dkk. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Lestari, N. G. A. M. Y. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

Pebria, A. (2019). How Maximing Child Potential. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Prashnig, B. (2007) The Power of Learning Style. Bandung: Kaifa.

Sygiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Indonesia: Alfabeta.

Trisna Dewi, K., dan Muliani, N. M. (2020). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Umar, M. (2015). Peran Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Ilmiah Edukasi, 1 (1), 20-28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.