Motivasi pengamen di Kota Padang

Zaharatul Fadila, Afnibar Afnibar, Hummaira Hutagaol

Abstract


Pengamen merupakan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Meskipun mengamen bukanlah sebuah pekerjaan yang layak apalagi mulia dalam Islam. Ada beberapa faktor yang menyebabkan orang menjadi pengamen salah satunya adalah faktor ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat motivasi yang menjadi alasan seseorang melakukan pekerjaan sebagai pengamen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara. Pengambilan sampel menggunakan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa motivasi pengamen di Pasar Raya Kota Padang, dilihat dari aspek kebutuhan fisiologis sudah terpenuhi. Motivasi berkaitan dengan aspek keamanan seperti keamanannya terpenuhi dari satpol PP namun tetap tidak nyaman di tengah masyarakat, karena sebagian masyarakat tidak menyukai kehadiran mereka sebagai pengamen. Motivasi berkaitan dengan aspek kebutuhan sosial, mencintai antar sesama mereka tetapi tidak dengan penerimaan masyarakat. Motivasi berkaitan dengan aspek kebutuhan harga diri, pengamen tidak terlalu memikirkan harga diri, karena bagi mereka yang penting mendapat dukungan dari keluarga. Motivasi berkaitan dengan aspek kebutuhuan aktualisasi diri, hanya saja mereka mengembangkan bakat dalam bernyanyi dan bisa hidup sehari-hari.

Kata Kunci: Motivasi, pengamen, kebutuhan


Keywords


Motivasi, pengamen, kebutuhan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jbki.v15i01.7800
Abstract views : 13 times
PDF : 13 times

References


Andjarwati Tri, “Motivasi dari Sudut Pandang Teori Hirarki Kebutuhan Maslow, Teori Dua Faktor Herzberg, Teori X Y Mc Gregor, dan Teori

Motivasi Prestasi Mc Clelland”, Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, Vol. 1 No.1. 2015.

Azizah Ulfatun, “Bimbingan Konseling Islam untuk Mengatasi Kenalakan Remaja”, Jurnal Pendidikan Islam, Vol 1, No. 01, 2018.

Alkaf Zen Fauzi, “Bimbingan Bagi Gelandangan dan Pengemis dalam Menumbuhkan Self-Determinantion di Panti Sosial Bina Karya (PSBK) Yogyakarta”, Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015

Edi Sarwo dkk, “Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru”, Ghaidan Jurnal Bimbingan Konseling & Kemasyarakatan, 2022.

Fitria, “Gambaran Konsep Diri Pengamen Jalanan”, Jurnal Al Husna, Vol. 1, No. 3, 2022

Habibi, Beni “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Karyawan di Pt. Askes Regional Vi Jawa Tengah dan D.I.Y Bagian Sumber Daya Manusia dan Umum Semarang”, Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang, 2019.

Hasnawati, “Respon Sosial Pengunjung Lesehan Terhadap Pengamen Jalanan di Kota Makassar”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Sosiologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Makassar : Universitas Muhammadiyah, 2017.

Joef, Anrian dkk, Pola Perilaku Pengamen Jalanan terhadap Masyarakat Pengguna Jalan Raya Kota Padang, Program Studi Pendidikan Sosiologi Stkip Pgri Sumatera Barat, 2022.

Karimullah Nadhifah Firyal,, “Hubungan Religius dan Resiliensi Akademik pada Mahasiswa dalam Perspektif Psikologi Islam”, Jurnal Psikologi Islam, Vol. 12, No. 1, Maret 2020.

Kembuan Yudea Tabita, dkk. “Kehidupan Pengamen Jalanan di Kawasan Boulevard Kota Manado, Vol. 14, No. 1, Januari-Maret 2021.

Lexy J Moeleong, “Metode Penelitian Kualitatif”, (Bandung : PT: Remaja Rosdakarya, 2007).

Narbuko dkk, Metode Penelitian, (Jakarta : PT Bumi Aksara, 2016).

Purnomo Hadi Andika Chandra, “Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan”, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Volume 48, No.1 Juli 2017

Purnomo Hadi Andika Chandra, “Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan”, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Volume 48, No.1 Juli 2017.

Pusparin Niken Puspita dkk, “Studi Tentang Penghidupan Berkelanjutan Pengamen Anak Di Kota Samarinda”, Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda, 2018..

Ruslan Rosadi. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. (Jakarta : PT: Raja Grafindo Persada, 2003).

Sanjaya Rido, Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pegawai dalam Perspektif ekonomi Islam, Skrips Studi di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pesisir Barat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, (Lampung : Universitas Negeri Lampung Raden Intan, 2018)

Sari Permata Nadya Dkk, “Motivasi Menjadi Manusia Perak di Kota Padang Ditinjau dari Bimbingan dan Konseling”, Al Hikmah Jurnal Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Vol 9 Nomor 2, Juli -Desember 2022.

Sejati Sendang, Hirarki Kebutuhan Menurut Abraham H. Maslow dan Relevansinya dengan Kebutuhan Anak Usia Dini dalam Pendidikan Islam, Bengkulu 2018.

Sitompul, “Lenia Meningkatkan Pemahaman Perencanaan Karir Melalui Layanan Bimbingan Karir di Sekolah Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas IX-1 Smp Negeri 1 Gebang Tahun 2017-2018”, Jurnal Tabatularasa Pps Unimed, Vol. 15 No. 3, Desember 2018.

Sugiono, “Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”, (Bandung : Alfabeta, 2017).

Susanti Endang , “Motivasi ”, (Malang : Media Nusa Creative, 2022).

Tanjung Sahrul, “Bimbingan Konseling Islam di Pesantren”, (Medan : Umsu Press, 2021).

Zebua Gunawan Try, Teori Motivasi Abraham H. Maslow dan Implikasinya Dalam Kegiatan Belajar Matematika”, Range: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 3 No. 1 Tahun 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.