PERAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL TERHADAP RESISTENSI REMAJA MELAKUKAN BULLYING

Yusriyyatur Rohmah

Abstract


Abstract:
Bullying is one of the most common cases among teenagers. The consequences of this trend are disturbing across medical, psychological and educational circles. Because until now, many studies have been carried out to obtain the most effective methods for combating this phenomenon. Emotional and spiritual intelligence, estimated to have a role in the efforts to prevent teenagers from committing acts of bullying. The aim of this study is to find out the role and influence of emotional and spiritual intelligence in adolescent self-resistance efforts not to engage in bullying. As a result, it can be concluded that emotional and spiritual intelligence is judged to play an active role in overcoming the existing bullying trends, but in its formation it requires the role of parents, teachers and the environment to it.

Keywords: emosional quotient, bullying, teenagers, spiritual quotient.

Abstrak:
Bullying merupakan salah satu kasus yang masih sering ditemukan di kalangan remaja. dampak yang ditimbulkan dari tren ini meresahkan berbagai kalangan medis, psikologis hingga pendidikan. Karena sampai sekarang masih sering dilakukan berbagai penelitian untuk memperoleh metode paling efektif untuk penanggulangan fenomena ini. Kecerdasan emosional dan spiritual, dinilai memiliki peran dalam upaya pencegahan remaja melakukan tindakan bullying. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan pengaruh kecerdasan emosional dan spritual dalam upaya ketahanan diri remaja untuk tidak melakukan bullying. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi fenomenologi yakni penelitian kualitatif terhadap fenomena yang terjadi. Hasilnya, dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional dan spiritual dinilai memiliki peran aktif dalam mengatasi tren bullying yang ada, namun dalam pembentukannya dibutuhkan pula peran orang tua, guru dan lingkungan untuk mencapainya.

Kata kunci: kecerdasan emosional; bullying; remaja; kecerdasan spiritual.

Keywords


kecerdasan emosional; bullying; remaja; kecerdasan spiritual

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jbki.v15i01.7956
Abstract views : 32 times
PDF : 29 times

References


Agustian, A. G. (2001). Rahasia sukses membangun kecerdasan emosi dan spiritual, ESQ (Emotional Spiritual Quotient): Erdasarkan 6 rukun Iman dan 5 rukun Islam. Arga.

Arfiani, Y., Dr. Yadi Purwanto, M. M., & Dr. Sri Lestari, S. P. (2014). Peran Komunikasi Orangtua Anak, Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spiritual, Terhadap Perilaku Bullying [S2, Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://doi.org/10/Daftar_Pustaka.pdf

Azzahra, A., & Haq, A. L. A. (2019). Intensi Pelaku Perundungan (Bullying): Studi Fenomenologi Pada Pelaku Perundungan di Sekolah. Psycho Idea, 17(1), Article 1. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v17i1.3849

Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry and Research Design. SAGE Publications. https://books.google.com/books/about/Qualitative_Inquiry_and_Research_Design.html?hl=id&id=Ykruxor10cYC

Fadhilah, F. (2023). Jenis-Jenis Bullying yang Dialami Anak Jalanan: Studi Kasus pada Anak Jalanan di Kota Padang [Skripsi, Univesitas Negeri Padang]. http://repository.unp.ac.id/47465/

Farid, M., Adib, Moh., Main, A., Setyowati, N., Siahaan, S., Jatiningsih, O., Rusmanto, J., & Muwaffiqqillah, M. (2018). Fenomenologi: Dalam Penelitian Ilmu Sosial. Prenada Media.

Ferraz de Camargo, L., Rice, K., & Thorsteinsson, E. (2022). A Systematic Review and Empirical Investigation: Bullying Victimisation and Anxiety Subtypes among Adolescents. Australian Journal of Psychology, 74(1), 2145236. https://doi.org/10.1080/00049530.2022.2145236

Fischer, S. M., Wachs, S., & Bilz, L. (2021). Teachers’ Empathy and Likelihood of Intervention in Hypothetical Relational and Retrospectively Reported Bullying Situations. European Journal of Developmental Psychology, 18(6), 896–911. https://doi.org/10.1080/17405629.2020.1869538

Herawati, N., & Deharnita, D. (2019). Gambaran Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Perilaku Bullying pada Anak. NERS Jurnal Keperawatan, 15(1), Article 1. https://doi.org/10.25077/njk.15.1.60-66.2019

Hinduja, S., & Patchin, J. W. (2010). Bullying, Cyberbullying, and Suicide. Archives of Suicide Research: Official Journal of the International Academy for Suicide Research, 14(3), 206–221. https://doi.org/10.1080/13811118.2010.494133

Huang, L. (2020). Exploring the relationship between school bullying and academic performance: The mediating role of students’ sense of belonging at school: Educational Studies: Vol 48, No 2. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/03055698.2020.1749032?src=recsys

Iskandar, E., Solina, E., & Elsera, M. (2022). Bullying Pada Remaja di Kota Tanjungpinang. JISHUM : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.57248/jishum.v1i2.60

KEMENPPPA. (2023). SIMFONI-PPA. https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan

Pakpahan, D. P. (2021). Kecerdasan Spiritual (SQ) dan Kecerdasan Intelektual (IQ) dalam Moralitas Remaja Berpacaran: Upaya Mewujudkan Manusia yang Seutuhnya. Ahlimedia Book.

Shemesh, D. O., & Heiman, T. (2021). Resilience and self-concept as mediating factors in the relationship between bullying victimization and sense of well-being among adolescents. International Journal of Adolescence and Youth, 26(1), 158–171. https://doi.org/10.1080/02673843.2021.1899946

Torres, C. E., D’Alessio, S. J., & Stolzenberg, L. (2020). The Effect of Social, Verbal, Physical, and Cyberbullying Victimization on Academic Performance. Victims & Offenders, 15(1), 1–21. https://doi.org/10.1080/15564886.2019.1681571

UNICEF. (2020). Perundungan di Indonesia: Fakta-fakta Kunci, Solusi dan Rekomendasi. https://www.unicef.org/indonesia/media/5691/file/Fact%20Sheet%20Perkawinan%20Anak%20di%20Indonesia.pdf

Waliyanti, E., Kamilah, F., & Fitriansyah, R. R. (2018). Fenomena Perilaku Bullying pada Remaja di Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia (JIKI), 2(1), Article 1. https://doi.org/10.31000/jiki.v2i1.831

Wuwung, O. C. (2020). Strategi Pembelajaran dan Kecerdasan Emosional. Scopindo Media Pustaka.

Yung, N. Y., Imraan, N., Aizaq, M. A., Sukri, Syahirah, F. N., Nasihah, N., Nasuha, N., & Razimi. (2019). Gejala Buli Secara Fizikal yang Semakin Berleluasa di Sekolah. International Journal of Humanities, Management and Social Science, 2(1), 65–75. https://doi.org/10.36079/lamintang.ij-humass-0201.24


Refbacks

  • There are currently no refbacks.