KONSELING REALITAS BERBASIS MUHASABAH UNTUK MENINGKATKAN KEBERMAKNAAN HIDUP LANSIA

Muhamad Alif Maulana, Nurjannah Nurjannah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep konseling realitas berbasis muhasabah sebagai pendekatan untuk meningkatkan kebermaknaan hidup lansia. Metode yang digunakan adalah library research dengan mengkaji literatur terkait konseling realitas, muhasabah, dan kebermaknaan hidup lansia secara mendalam. Konseling realitas merupakan pendekatan konseling yang berfokus pada peningkatan tanggung jawab pribadi, penerimaan realita, dan komitmen dalam bertindak. Sementara itu, muhasabah adalah praktik evaluasi diri secara berkala dalam tradisi Islam yang bertujuan untuk mencapai kesadaran diri dan perbaikan diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling realitas berbasis muhasabah merupakan kombinasi antara prinsip-prinsip konseling realitas dengan nilai-nilai spiritual muhasabah. Pendekatan ini menekankan tanggung jawab pribadi dalam memenuhi kebutuhan dasar, penerimaan realita kehidupan, komitmen dalam bertindak untuk perbaikan diri, serta evaluasi diri secara berkala melalui muhasabah. Konseling realitas berbasis muhasabah dapat membantu lansia untuk mengidentifikasi dan mengeksplorasi kebutuhan dasar yang belum terpenuhi, meningkatkan kesadaran diri, dan menemukan makna hidup melalui penerimaan realita dan upaya perbaikan diri yang berkelanjutan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa konseling realitas berbasis muhasabah berpotensi untuk meningkatkan kebermaknaan hidup lansia secara signifikan.


Keywords


Konseling Realitas; Muhasabah; Lansia

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jbki.v15i01.8266
Abstract views : 42 times
PDF : 33 times

References


Abdullah, M. A., & Riyanto, W. F. (2015). Integrasi-Interkoneksi Psikologi (Mempertautkan Model Islamic Psychology, Islamized Psychology, dan Psychology of Islam dengan Bingkai Teoantroposentrik-Integralistik). Konsorsium Keilmuan Psikologi, 17–37.

Ahmadi, A. (2007). Psikologi Sosial. Rineka Cipta.

Anggriany, N. (2006). Motif Sosial dan kebermaknaan Hidup Remaja Pagaralam. Psikologika, 10(2), 51–63.

Ardhani, A. N., & Kurniawan, Y. (2020). Kebermaknaan Hidup pada Lansia di Panti Wreda. Jurnal Psikologi Integratif, 8(1), 85–95.

Ardimen, Neviyarni, Firman, Gustina, & Karneli, Y. (2019). Model Bimbingan Kelompok dengan Pendekatan Muhasabah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 278–298.

Arifin, I. Z. (2018). BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM (AL-IRSYAD WA ALTAWJÎH AL-ISLAM) BERBASIS ILMU DAKWAH. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 4(1), 27–42.

Ariskawanti, E., & Subiyantoro. (2022). Manajemen Evaluasi (Muhasabah) Diri. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Kelimuan Dan Teknologi, 21(2), 221–235.

Bachrun, S. (2011). Manajemen Muhasabah Diri. PT Mizan Pustaka.

Bastaman, H. D. (2007). Logoterapi: Psikologi untuk menemukan makna hidup dan meraih hidup bermakna. PT Raja Grafindo Persada.

Daturrahmah, Z., & Tobing, D. L. (2023). Tingkat Stres, kecemasan dan Penyesuaian iri Pada Lansia yang Ditinggal Pasangan Hidup. Indonesian Journal of Health Development, 5(1), 39–50.

Daud, A. (2019). Penanganan Masalah Konseli Melalui Konseling Realitas. Jurnal Al-Taujih, 5(1), 80–91.

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. (2016). Modul Guru Pembelajar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Frankl, V. E. (2006). Logoterapi Terapi Psikologi Melalui Pemaknaan Eksistensi. Kreasi Wacana Yogyakarta.

Gladding, S. T. (2015). Konseling: Profesi Yang Menyeluruh (Keenam). PT Indeks.

Jannah, N. (2016). Bimbingan Konseling Keagamaan Bagi Kesehatan Mental Lansia. Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(2), 355–380.

Leksono, T. (2017). Konseling Kelompok Islam dalam Pendampingan Lansia. IVET Teacherpreneur, 24(2), 47–62.

Mahardika, I. K., Nazelia, D. S., Koirina, T. I., Wardhani, A. K., & Safitri, L. A. (2023). Pertumbuhan dan Perkembangan Lansia Ditinjau Dari Kognitifnya. Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 6(11), 62–66.

Mulyaningsih, S. A., Pamungkas, I. C., Ramadhany, A., & Sulandari, S. (2020). Permasalahan Lansia di Era 4.0: Peran Keluarga dan Lansia. Abdi Psikonomi, 1(1), 27–33.

Munawir, A. W. (1984). Al-Munawir Kamus Arab-Indonesia. Pondok Pesantren Al-Munawir.

Nazir, M. (1998). Metode Penelitian (PT Gramedi).

Ni’matuzahroh, & Prasetyaningrum, S. (2018). Observasi: Teori dan Aplikasi dalam Psikologi. UMM Press.

Novalna, S. D. (2015). Efektifitas Konseling Realitas Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri. ANALITIKA: Jurnal Magister Psikologi UMA, 7(2), 90–194.

Parasari, G. A. T., & Lestari, M. D. (2015). Hubungan Dukungan Sosial Keluarga dengan Tingkat Depresi Pada Lansia di kelurahan Sading. Jurnal Psikologi Udayana, 2(1), 68–77.

Pasmawati, H. (2020). Pendekatan Konseling Untuk Lansia. Syi’ar, 17(1), 49–60.

Potabuga, Y. F. (2020). Pendekatan Realitas dan Solution Focused Brief Therapy dalam Bimbingan Konseling islam. Al-Tazkiah, 9(1), 40–55.

Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Zifatama Publishing.

Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam. (2022). Pengembangan Modul Praktik Konseling Individu Kognitif Behavior Terapi (CBT) untuk Menurunkan Ganggunan Kecemasan Akademik Mahasiswa. Universitas Mulawarman.

Rahmawati, H. K., Djoko, S. W., Diwyarthi, N. D. M. S., Aldryani, W., Erviana, D., Miskiyah, Oktariana, D., Octrianty, E., Kurniasari, L., Fatsena, R. A., Manalu, L. O., Kholis, I., & Irwanto. (2022). Psikologi Perkembangan (N. Rismawati, Ed.). Penerbit Widina Bhakti Persada.

Salleh, N. S. K. N., & Khafidz, H. A. (2016). Penyucian Jiwa Melalui Pendekatan Muhasabah dalam Penghayatan Shalat. Fikiran Masyarakat, 4(2), 128–134.

Santrock, J. W. (1995). Life-span development: Perkembangan masa hidup (Edisi 5). Erlangga.

Suarja, S., Hidayat, M. S., Rahmadinur, W., Saputra, R., Wae, R., Palupi, T. N., & Hardika, I. R. (2023). Mikro Konseling (D. W. Retnoningtias & Y. Prameswari, Eds.). Haura Utama.

Wardah, A. (2012). Ancangan Konseling Individual Realita. CV Mandar Maju.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.