STRATEGI LIVE STREAMING MELALUI APLIKASI YOUTUBE PADA FESTIVAL RANDAI HYBRID KOTA SAWAHLUNTO TAHUN 2021 DALAM MEMEBERIKAN TONTONAN PERTUNJUKAN YANG MAKSIMAL

Riki Rikarno, Tri Yuliani

Abstract


Penelitian membahas terkait Penggunaan aplikasi live streaming ini yang dimanfaatkan oleh pelaksana Festival Randai di Kota Sawahlunto tahun 2021 untuk mempertunjukan dan menyiarkan kepada seluruh penonton yang ingin menyaksikan langsung event tersebut. Fenomena penggunaan media internet khususnya YouTube yang semakin menjamur dimanfaatkan oleh penyelenggara yang tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Penelitian ini menggunakan Teknik kualitatif dengan Membandingkan data hasil wawancara dengan isi suatu dokumen dan Membandingkan hasil tayangan live streamig festival randai hybrid dengan perspektif penonton dengan berbagai pendapat dan pandangan terhadap hasil yang dinimati melalui akun Youtube Ombiln Coal Mining heritage Of Sawahlunto Dinas Kebudayaan Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman Kota Sawahlunto. Hasil penelitian ini menunjukkan Dinas Kebudayaan Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman Kota Sawahlunto dengan akun Ombiln Coal Mining heritage Of Sawahlunto memiliki Strategi konten yang bagus dan juga memiliki konten-konten kebudayaan khusunya Kota Sawahlutno yang tidak dimiliki oleh akun YouTube milik dinas lain. Sehingga strategi ini bisa dijadikan untuk menghadapi persaingan dan menjadi pembeda dengan akun YouTube milik dinas lain. Pelaksanaan ini menggunakan system manajemen dengan pola POAC fungsi manajemen yang terdiri: Perencanaan, mengidentifikasi dan menentukan indikator efektifitas, memilih dan menentukan hasil, mempersiapkan rencana tindakan, membangun pengawasan, komunikasi, pelaksanaan da sumberdaya manusia.

Keywords


Strategi, Manajemen, Live streaming, festival.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/amj-kpi.v14i1.4721
Abstract views : 34 times
PDF : 21 times

References


A.Kasim Achmad, et al., Ungkapan Beberapa Kesenian: Teater, Wayang, dan Tari. Jakarta: Direktorat Kesenian, Proyek Pengembangan Kesenian.

Austerbery, David., 2013. The Technology of Video & Audio Streaming , 2nd ed., Focal Press, Burlington, Massachusetts, USA.

Andan Widya Kusuma, M.Sarosa, Lis Diana Mustafa, 20018. Rancang Bangun Dan Analisa Media Video Streaming Pada Jaringan 3G Dan 4G, Jurnal Jaringan Telekomunikasi Digital Vol. 7, No. 2.

Andi Fachrudin, Dasar-dasar Produksi Televisi: Produksi Berita,Feature, Laporan Investigasi, Dokumenter, dan Teknik Editing, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012), 2.

Andre SW, Youtube Media Pengganti Televisi, Dalam https://kompasiana.com/amp/andresw/youtube-sebagai-media-pengganti-televisi_ (diakses 8 Oktober 2019)

Anggelina I Diwi. 2015. Quality of Service Analysis for Live Streaming Video Services on Telkom University Local Network. Buletin Pos dan Telekomunikasi Vol 12 No 3.

Anselm Strauss & Juliet corbin, (2009). Dasar-dasar Penelitian Kualitatif,Yogyakarta : Pustakapelajar

Apostolopoulos, John G. Wai-tian Tan. Susie J. Wee, Susie J., 2002. Video Streaming : Concepts, Algorithms and Systems. Mobile and Media Systems Laboratory, HP Laboratories, Palo Alto, California, USA

Bungin Burhan. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Chairul Harun, 1991/1992. Kesenian Randai Di Minangkabau. Jakarta:Proyek Pembinaan Media Kebudayaan.

Cherish, Rika. 2007. Potret Kota Tambang Sawahlunto Tempo Doeloe. Jakarta: PT. Gramedia.

Colombijn, Freek. 1994. Patches of Padang: The History of an Indonesian Town in the Twentieth Century and the Use of Urban Space. Leiden: CNWS.

Dharma, Body. 2007. Ekspresi Kota: Sawahlunto dalam Irama Garis. Pemerintah Kota Sawahlunto.

Flew, Terry. 2014. New Media, Fourth Edition. New York: Oxford University Press.

Fred Wibowo, 2007. Teknik Produksi Program Televisi. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Jaromil., 2002. Video streaming a research on current technologies. Nederlands Institute voor Mediakunst, The Netherlands.

Karyoto. Dasar-Dasar Manajemen-Teori Definisi Dan Konsep. (Yogyakarta: C.V Andi Offset, 2015)

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Mimit Primyastanto, Agribisnis Perikanan edisi revisi, (Malang: UB Press, 2011), 12

Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Morissan, Manajemen Media Penyiaran Strategi Mengelola Radio dan Televisi (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008), 142

Morissan, 2011. Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Jakarta: Kencana.

Mursal esten, 1979. “Eksistensi Randai Sebagai Teater Rakyat: Suatu Proses Perkembangan”. Payakumbuh: Makalah disampaikan pada Sarasehan Randai Ke II BKKNI Sumatera Barat.

Nasrullah, Rulli. (2016). Media Sosial: Perspetif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pacey, Arnold. 2000. The Culture of Technology. Cambridge: MIT Press.

Rikarno, R., 2019. Penyiaran, K., Fuad, I., Batusangkar, I., & Rikarno, R. (n.d.). FILM DOKUMENTER SEBAGAI DAKWAH ERA DIGITAL.

Safko, L. (2010). The social media bible: tactics, tools, and strategies for business success. John Wiley & Sons.

Slamet, Yulius. 2006. Metode Penelitian Sosial. Sebelas Maret University Press. Surakarta

Suarman, Mustika. 2007. Pengembangan Kota Sawahlunto sebagai Destinasi Wisata Tambang. Tesis tidak dipublikasikan Program Magister Perencanaan Wilayah dan Kota, Institut Teknologi Bandung.

Tulung, Sonny. 2007. Anda Juga Bisa Menjadi Presenter TV Sukses. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.

Pemerintah Kota Sawahlunto. 2001a. Sawahlunto 2020: Agenda Mewujudkan Kota Wisata Tambang yang Berbudaya. Bandung: Pemerintah Kota Sawahlunto.

Widia. 2015. Sebanyak 24 Stasiun RRI Hadir di Perbatasan Jadi Sabuk Pengaman Informasi diakses dari laman http://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/sebanyak -24-stasiun-rri-hadir-di-perbatasan-jadi-sabukpengaman-informasi.

Zulkifli, 1993. “Randai Sebagai Teater Rakyat Minangkabau Di Sumatera Barat: Dalam Dimensi Sosial Budaya”. Tesis S2 Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 AL MUNIR : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional