Hubungan Motif dan Kepuasan Penggunaan Media Sosial Instagram di Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam Angkatan 2014-2017

Ngudi Ambar Sari, Bukhari Bukhari, Usman Usman, Prima Kurinati Hamzah

Abstract


Instagram is one of the most popular social media for the public. One difference between Instagram and other social media, is that instamam is more likely to be used to find information and share information with users than to interact directly with fellow users. The purpose of this study is to find out and explain the motives and active user satisfaction in using Instagram social media and find out the relationship between the motives and satisfaction of Instagram social media usage. This study uses use and gratification theory which assumes that individuals have certain goals in using media. The method used in this research is quantitative research methods. The data collection tool is the questionnaire has been validated. The research sample was 70 people. The sampling technique is simple random sampling. The statistic test that the researchers used was the Partial Correlation Test (Pearson Product Moment). Data is processed using SPSS version 20. The results of this study indicate users want to get information and knowledge that is happening at the present time. Information satisfaction becomes the most obtained by Instagram social media users. Overall Instagram social media has given satisfaction to users and there is a significant relationship between motives and satisfaction.

Keywords


motivation; satisfaction; communications

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/amj-kpi.v2i2.492
Abstract views : 1188 times
PDF : 3182 times

References


Al-Qur’an Departemen Agama RI.2003. Mushaf Al qur’an dan Terjemahannya. Jawa Barat: Cipta Bagus Segera)

Anggraeni Utomo, Dea. 2013. e-Jurnal:Motif Pengguna Jejaring Sosial Google+ di Indonesia.

Ardiyanto, dan Erdinaya.2005. Komunikasi Massa: Suatu Pengatntar,cetakan kedua. Simbiosa Rekatama Media: Bandunng.

Arikunto, Suharsini. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aulia Drestya, Dyane. e-skripsi: Motif Menggunakan Social Media Path Pada Mahasiswa di Surabaya.

Ayu Puspitoroni, Dyah. e-Skripsi: Motif Dan Kepuasan Penggunaan Instagram (Studi Kesenjangan antara Motif dan Kepuasan Penggunaan Media Sosial Instagram pada Mahasiswa Unversitas Muhammadiyah Surakrta Angakatan 2013).

Bungin, Burhan. 2006. Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, ekonomi, Dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta:Kencana.

Ghozali, Imam.. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Progrma SPSS. Semarang: BPUNDIP.

Kriyantono, Rahmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Kusuma Putri, Oriza. 2012. e-skripsi: Motif Remaja Dalam Menggunakan Media Jejaring Sosial Facebook (studi Deskriptif Tentang Motif Remaja Dalam Menggunakan Media Jejaring Sosial Facebook di Kota Mojokerto).

McQuail, Denis. 1991. Teori Komunikasi Massa Mcquail.Erlangga: Jakarta

Morissan. 2013. Teori Komunikasi. Ghalia Indonesia: Bogor.

Mulyadi, Mohammad. Penelitian Kuantitaif dan Kualitatif. Jakarta: Publica Institute.

Nastiti, Widya. e-skripsi: Hubungana Antara Motif dan Kepuasan Penonton terhadap Program Berita Islam Masa kini di Trans TV.

Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Rahmah Alfafa I, Siti. 2017. e-skripsi: Motif Pengguna New Media (Studi Deskriptif Kuantitatif Pengguna Instagram di Kalangan Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komuniasi).

Rahmawati Khairah, Nur. e-Skripsi: Motif Menggunakan Instagram Pada Mahasiswa UMY.

Rakhmat, Jalaludin. 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Rosdakarya.

Salam, Syamsir., MS., Jaenal Aripin. 2006. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: UIN Jakarta Press.

Santoso, Singgih. 1999. SPSS: Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: PT Elex Multi Komputindo.

Sobur, Alex . 2009. Psikologi Umum: Dalam Lintasan Sejarah. Bandung:Pustaka Setia.

Subgayo, Pangestu., dan Djarwanto Ps. 2005. Statislka Induktif. Yogyakarta: BPFEYpgyakarta.

Sugeng Cahyono,Anang. e- Jurnal: Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia”,

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kunatitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Tim Pusat Humas Kementerian Perdagangan RI. 2014. Panduan Optimalisasi Media Sosial Untuk Kementerian Perdagangan RI. Kemendagri RI: Jakarta.

Wahyuni, Isti Nursih. 2014. Komunikasi Massa. Graha Ilmu: Yogyakarta.

West, Richard and Lynn H. Turner.2010. Pengantar Teori Komunikasi : Analisis dan Aplikasi.Jakarta: Salemba Humanika.

Yafi Aljawiy, Abdillah. e-journal Jurusan Sitem Informasi Fakultas Teknologi Informasi: Jejaring Sosial dan Dampak Bagi Penggunanya. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Yamin, Sofyan., dan Heri Kurniawan. 2014. Teknik Analisis Terlengkap dalam Sotfware SPSS edisi 2. Jakarta: Selemba Infotek.

Yen Pangesti, Yeni. e-Skripsi: Dampak Media Soial Terhadap Pola Komunikasi Anak Dalam Pembentukan Karakter Sopan Santun di Sekolah Dasar”.

Ziadatus Syarifah, Ani. e-skripsi: Hubungana Antara Motif dan Kepuasan Penonton Pada Tayagan Drama Kore


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 AL MUNIR : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional