Pemanfaatan Instagram Akun @mediasantrinu dalam Aktivitas Dakwah

Moch Risky Firdaus, Mutrofin Mutrofin

Abstract


Teknologi berkembang pesat, dan hal ini berdampak pada dakwah baik offline maupun online. Penggunaan sejumlah faktor juga diperlukan dalam pertumbuhan dakwah. Salah satunya adalah meningkatnya penggunaan media sosial, yang menyebabkan terciptanya akun media sosial @mediasantrinu pada tahun 2016 dan mewarnai dunia maya secara intens dan berkelanjutan. Karena informasinya lugas dan menarik, tidak terasa membosankan dan pas dengan jangka waktunya. Penelitian semacam ini bersifat kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana @mediasantrinu menggunakan akun Instagramnya untuk tujuan dakwah. Teknik studi kasus digunakan dalam metodologi penelitian kualitatif. Partisipan kajian tersebut meliputi akun-akun berbagai postingan Instagram dari @mediasantrinu yang kerap menggunakan media tersebut untuk menyebarkan dakwah. Wawancara dengan partisipan dan observasi audiens terhadap konten akun Instagram digunakan untuk mengumpulkan data. Menurut temuan penelitian, @mediasantrinu menggunakan akun Instagramnya untuk menyebarkan ajaran Islam dengan memposting materi yang meliputi kajian agama, tafsir, ceramah, dan doa. Selain itu, @mediasantrinu memanfaatkan Instagram untuk menampilkan diri sebagai kemajuan teknologi untuk berdakwah dan berpartisipasi dalam kegiatan dakwah serta sebagai platform untuk mempublikasikan acara dakwah yang dilakukan oleh komunitas atau lembaga yang dianutnya.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/amj-kpi.v14i1.6370
Abstract views : 23 times
PDF : 12 times

References


Affifuddin, and Beni Ahmad Saebani. 2012. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Pustaka Setia.

Al-Qahtani, Said Al, and Nasir Bin Abdul Karim Al Aql. 2003. Aqidah Ahlul Sunnah Wal Jamaah Dan Kewajiban Mengikutinya. Surabya: Pustaka As-Sunnah.

Anggraini, Desi. 2019. “Efektivitas Media Sosial Instagram Dalam Penyampaian Pesan Dakwah (Studi Pada Akun Instagram @islamdakwahcom).” UNIVERSITAS ISLAM NEGRI RADEN INTAN LAMPUNG.

Baso, Ahmad. 2013. Agama NU Untuk NKRI. Jakarta: Pustaka Afid.

Cangara, Hafied. 1989. Pengantar Ilmu Komunikasi. Armico.

Hafidhuddin, Didin. 1998. Dakwah Aktual. Jakarta: Gema Insasi Press.

Hasani, AHmad Said, and Sunandar Ibnu Nur. 2016. “Penyuluhan Islam Di Era Modern: Potret Dakwah Sebagai Media Komunikasi Profetik.”

Junaidi. 2020. “Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Dakwah Di Kalangan Mahasiswa Kabupaten Aceh Barat.”

Juniawati. 2014. “Dakwah Melalui Media Elektronik: Peran Dan Potensi Media Elektronik Dalam Dakwah Islam Di Kalimantan Barat.” Jurnal Dakwah XV(2):211–33.

Luth, Hohir, and M. Natsir. 1999. Dakwah Dan Pemikirannya. Jakarta: Gema Insani Press.

Mayasari, Silvina, and Clavinda Indraswari. 2018. “Efektivitas Media Sosial Instagram Dalam Publikasi HUT Museum Nasional Indonesia (MNI) Kepada Masyarakat.” Jurnal Komunikasi 9(2):190–96.

McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Munir, A. L., Mochamad Aris Yusuf, and Fikriyatul Islami Mujahidah. 2022. “Aktualisasi Media Dakwah Instagram @ Santribatang.” 13:133–43.

Muyana, Deddy. 2014. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdyakarya.

Nasrullah, Ruli. 2017. Media Sosial Erspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. Bnadung: Simbiosa Rekatama Media.

Putri, Wilga Secsio Ratsja, Nunung Nurwati, and Meilanny Budiarti S. 2016. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja.” Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 3(1). doi: 10.24198/jppm.v3i1.13625.

Rakhmat, Jalaluddin. 2007. No Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdyakarya.

Saiful Ma’arif, Bambang. 2010. Komunikasi Dakwah: Paradigma Untuk Aksi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sari, Ngudi Ambar, and Prima Kurniati Hamzah. 2019. “Hubungan Motif Dan Kepuasan Penggunaan Media Sosial Instagram Di Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam Angkatan 2014-2017.” 10(2):74–78.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syaifulloh, Zamzami. 2019. “Tradisi Santri Minum Bekas Air Minum Ustadz (Kajian Living Hadis Terhadap Tradisi Santri Di Lingkungan Pondok Pesantren Mambaul Hisan Kelurahan Pesantren Kota Kediri).” IAIN KEDIRI.

Tania, Guesty. 2019. “Analisis Isi Pesan Dakwah Ustadz Hanan Attaki Di Media Sosial Instagram Skripsi.” UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN INTAN LAMPUNG.

Wahid, Fathul. 2004. E-Dakwah, Dakwah Melalui Internet. Yogyakarta: Griya Media.

Wahyu, Illaihi. 2010. Komunikasi Dakwah. Bandung: PT. Remaja Rosdyakarya.

Weri, Alo Lili. 2015. Komunkasi Antar Personal. Jakarta: Kencana.

Willya, Evra, Prasetyo Rumondor, and Busran. 2018. Senarai Penelitian : Islam Kontemporer Tinjauan Multikultural. Yogyakarta: Deepublish.

Yunus, Muhammad. 1973. Kamus Arab Indonesia. Jakarta: Yayasan Penerjemah/Penafsir Alquran.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 AL MUNIR : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional