Konsep Dakwah Digital Melalui Platform Sosial Media (Studi Analisis Feed Istagram pada Akun @Thesunnah_Path)

Muhammad Alfreda Daib Insan Labib

Abstract


ABSTRACT
Instagram is the most accessed social media in Indonesia after whatsapp. This is then used by many Muslim figures as a strategic da'wah path. Not a few of the accounts on Instagram are only focused on discussing da'wah and Islam. One of them is the @thesunnah_path account to be researched. Discussion about digital da'wah is something that needs to be done so that Instagram users or anyone who sees da'wah posts on social media can understand the intentions of admins / content creators. This research uses a descriptive method - analysis by collecting information from primary sources and various secondary sources in order to sharpen ideas. Furthermore, the researcher conducted an analysis of the concept, substance and variety of distribution in related accounts. The conclusion of this world is that digital da'wah in the era of society 5.0 is something that needs to be considered and more encouraged. In addition, there is a need for supervision of related accounts so that there is no spread of hoax or even deviant content.

Keyword: Social Media, Instagram, Digital Da'wah, Technology

ABSTRAK
Instagram adalah media sosial paling banyak diakses di Indonesia setelah whatsapp. Hal ini yang kemudian dijadikan oleh banyak sosok muslim sebagai jalur dakwah yang strategis. Tidak sedikit dari akun di Instagram yang hanya terfokus pada pembahasan dakwah dan islam. Salah satunya adalah akun @thesunnah_path yang akan diteliti. Pembahasan mengenai dakwah digital adalah sesuatu yang perlu dilakukan agar para pengguna Instagram atau siapapun yang melihat postingan dakwah dalam media sosial dapat memahami maksud admin/ konten creator. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif- analisis dengan cara mengumpulkan Informasi dari sumber primer dan berbagai sumber sekunder demi mempertajam gagasan. Selanjutnya peneliti melakukan analisis terhadap konsep, substansi dan ragam pembahsan dalam akun terkait. Adapun kesimpulan dari dunia ini adalah dakwah digital pada era society 5.0 merupakan hal yang perlu diperhatikan dan lebih digalakkan. Selain itu perlu adanya pengawasan terhadap akun akun terkait agar tidak terjadi penyebaran konten hoax atau yang bahkan menyimpang.

Kata Kunci: Sosial Media, Instagram, Dakwah Digital, Teknologi

Keywords


Sosial Media, Instagram, Dakwah Digital, Teknologi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/amj-kpi.v14i1.6423
Abstract views : 49 times
PDF : 36 times

References


Ahmad Zaki Abdul Aziz, “Optimasi Instagram Sebagai Media Penyampaian Pesan Dakwah Ahmad,” Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 1.4 (2020), 216–26

Aji Wiryonegoro, “Pengaruh Dakwah Akun @Bagussuhar dalam Media Sosial Instagram terhadap Akhlak Followersnya,” Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 2022, 50–55

Alfatih, Muhammad, Saifuddin Zuhri Qudsy, dan Inayatul Mustautina, “Digitalisasi Hadis Ala Pusat Kajian Hadis ( PKH ): Distribusi , Ciri , dan Kontribusi dalam Kajian Hadis Indonesia Digitalisasi Hadis Ala Pusat Kajian Hadis ( PKH ): Distribusi , Ciri , dan Kontribusi dalam Kajian Hadis Indonesia,” Mashdar: Jurnal Studi al-Qur’an dan Hadis, 3.2 (2021), 105–28

ANANG SUGENG CAHYONO, “PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DI INDONESIA,” Asy Syar’Iyyah: Jurnal Ilmu Syari’Ah Dan Perbankan Islam, 5.2 (2020), 202–25

Devi, A, U Hidayah Dwi, dan ddk, “Analisis Isi Pesan Dakwah Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf Melalui Media Sosial Instagram,” Journal of Multidisciplinary Studies, 1.2 (2017), 142–60

Dimas bayu, “APJII: Pengguna Internet Indonesia Tembus 210 Juta pada 2022,” dataindonesia.id, 2022 [diakses 23 Januari 2023]

Dinillah, Ulya, dan Aka Kurnia SF, “MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Analisis Isi Pada Akun @tentangislam dan @harakahislamiyah),” KAGANGA KOMUNIKA: Journal of Communication Science, 1.1 (2019), 54–67

Fahimah, Siti, “Hermeneutika Hadis: Tinjauan Pemikiran Yusuf Al-Qordhowi dalam Memahami Hadis,” Refleksi, 16.1 (2018), 83–104

Fathimah Nadia Qurrota A’yun, “MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA JIHAD,” Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman, 9.1 (2020), 88–100

Haqien, Danin, dan Aqiilah Afiifadiyah Rahman, “Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19,” SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5.1 (2020)

Indah Siti Nurazizah, dan Nia Kurniati Syam, “Analisis Isi Pesan Dakwah pada Akun Instagram @Iqomic Januari – Maret 2021,” Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 2022, 43–49

Ismawati, Dwi, dan Iis Prasetyo, “Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5.1 (2020), 665

Mahdi, M. Ivan, “Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022,” dataindonesia.id, 2022 [diakses 23 Januari 2023]

Munir, A L, Mochamad Aris Yusuf, dan Fikriyatul Islami Mujahidah, “Aktualisasi Media Dakwah Instagram @ santribatang,” Al munir. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 13.2 (2022), 133–43

Ni’amah, Luthfi Ulfa, dan Sukma Ari Ragil Putri, “Da’i dan Pemanfaatan Instagram: Tantangan Moderasi Dakwah di Era Digital,” Jurnal Komunikasi Islam, 9.2 (2019), 264–90

Nurrahmi, Febri, dan Puteri Farabuana, “Efektivitas Dakwah melalui Instagram,” Nyimak: Journal of Communication, 4.1 (2020), 1

Rosmalina, Asriyanti, dan Fawaz Altop Zulfikar, “PESAN DAKWAH TENTANG K-WAVERS HIJRAH DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DA ’ WAH MESSAGE ABOUT K-WAVERS HIJRAH IN INSTAGRAM SOCIAL MEDIA,” ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 10.2 (2019), 136–51

Saragih, Naikson Fandier, Roni Jhonson Simamora, Program Studi, Manajemen Informatika, dan Universitas Methodist Indonesia, “KONSEP PENGAMANAN VIDEO CONFERENCE DENGAN ENKRIPSI AES-GCM PADA APLIKASI ZOOM Rimbun Siringoringo , 3 Eviyanti Novita Purba,” 4.2 (2020), 109–13

Shari, Mira Fitri, “Bentuk Mediatisasi Hadis berupa Video: Respon Netizen terhadap Video Pendek Mengenai Hadis di Aplikasi Tiktok,” Jurnal Moderasi: the Journal of Ushuluddin and Islamic Thought, and Muslim Societies, 1.2 (2021)

Syahrin, Alif Alfi, dan Bunga Mustika, “Makna Hijrah Bagi Kalangan Remaja Non Santri: Dampak Penggunaan Media Sosial,” Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, 16.1 (2020), 61–72

Triyono, Agus, dan Nifsya Khaira Marhuda, “Studi Analisis Isi Pesan Dakwah Dalam Media Sosial Instagram @dakwah_tauhid,” Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4.1 (2020), 50–67

Ummah, Siti Syamsiyatul, “Digitalisasi Hadis (Studi Hadis di Era Digital),” Diroyah: Jurnal Ilmu Hadis, Vol 4.No 1 (2019), 1–10

Wiyono, Teguh, dan Abdul Muhid, “Self-disclosure melalui media instagram: Dakwah bi al-nafsi melalui keterbukaan diri remaja,” Jurnal Ilmu Dakwah, 40.2 (2020), 141

Yusuf Qardhawi, 1999),Kaifa Nata’amal Ma’a as-Sunnah an-Nabawiyah,Terj. Moh. Baqir, Bagaimana Memahami Hadis Nabi, Ma’had al-Islami lil fikr al-islamiy USA,Virginia, 1999.

https://www.instagram.com/p/Cnnznb9tJNp/?utm_source=ig_web_copy_link

https://www.instagram.com/p/CngGg6VP4sL/?utm_source=ig_web_copy_link

https://www.instagram.com/p/CmWnf3JPfhN/?utm_source=ig_web_copy_link

Wadah Media Dakwah Sunnah (@thesunnah_path) • Instagram photos and videos

Daily Qur'an and Booster (@thequran_path) • Instagram photos and videos

https://www.instagram.com/p/CnjTxGBvass/?utm_source=ig_web_copy_link

https://www.instagram.com/reel/CnazHnyIpEy/?utm_source=ig_web_copy_link

https://www.instagram.com/p/CnrkoilP7mT/?utm_source=ig_web_copy_link

https://www.instagram.com/p/Cnl4fL3PDyC/?utm_source=ig_web_copy_link

https://www.instagram.com/p/Cnrku6Av7yP/?utm_source=ig_web_copy_link

https://www.instagram.com/p/CnhQFC0vWby/?utm_source=ig_web_copy_link

https://www.instagram.com/p/CnTLw0Tvjfl/?utm_source=ig_web_copy_link

https://www.instagram.com/p/CnRUTZgv_hH/?utm_source=ig_web_copy_link


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 AL MUNIR : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional