POLA KOMUNIKASI DALAM IDEOLOGI PANCASILA

lilis nailis

Abstract


Pola komunikasi dalam ideologi Pancasila mencakup interaksi komunikatif antara pemerintah dan rakyat, serta antara sesama warga negara, Hal ini melibatkan komunikasi antarlembaga negara, seperti eksekutif, legislatif, dan yudikatif, serta komunikasi antara lembaga negara dengan masyarakat, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola komunikasi dalam konteks ideologi Pancasila yang mana Ideologi Pancasila sebagai dasar negara Indonesia memegang peranan penting dalam membangun kerukunan, keadilan, dan persatuan di antara berbagai entitas dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber, termasuk buku dan jurnal yang relevan dengan topik tersebut.Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang baik dalam ideologi Pancasila didasarkan pada prinsip-prinsip keadilan, kesetaraan, persatuan, gotong royong, dan kemanusiaan. Komunikasi yang efektif antara pemerintah dan rakyat, antara sesama rakyat, antara lembaga negara dengan masyarakat, serta antara agama- agama dan antarbudaya, penting dalam membangun kerukunan, memperkuat partisipasi publik, dan menjaga persatuan dalam keragaman budaya.
Kata Kunci: Pola Komunikasi1, Ideologi Pancasila2



DOI: https://doi.org/10.15548/amj-kpi.v14i1.6479
Abstract views : 88 times

References


Abdul Rahman Sholeh,. Pendidikan Agama dan Pengembangn untuk Bangsa,. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.

Abdullah. Komunikasi Antarbudaya: Teori dan Praktik. Jakarta: Prenada media Group, 2017.

Adiyanto. “Komunikasi Politik dalam Perspektif Pancasila: Studi Kasus pada Partai Politik di Indonesia.” 6 2 (2019): 135–53. https://doi.org/10.55108/jap.v5i2.206

Amaliyah dan Mulyana. “Komunikasi Pemimpin dan Warganegara dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia.” 13 2 (2018): 209–22.

Andhika, Dedy, Bob Alfiandi, dan Aidinil Zetra. “Gaya Komunikasi Pimpinan Dalam Mengembangkan Inovasi Organisasi (Studi Kasus Kepemimpinan Kepala Dinas Kependudukan dan” 8, no. 2 (2018).

Ardi, M. A dan Suryana, A. “Pola Komunikasi dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Berdasarkan Prinsip Pancasila.” 23 2 (2020): 123–34.

Azis, M. I dan Alim, A. Komunikasi Politik dan Ideologi Pancasila. Surabaya: Pustaka Pelajar, 2019.

Djajanegara dan Martowikrido, Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa. Bandung: Kencana, 2017. Hadi. Pancasila sebagai Etika Komunikasi Politik. Jakarta: Nuansa Cendekia, 2018.

Handayani. “Perubahan Hubungan Personal dan Komunikasi Tatap Muka akibat Interaksi Sosial di Era Digital,” 2016, 203–14.

Haryani. “Komunikasi Antarbudaya dalam Perspektif Pancasila: Upaya Mewujudkan Toleransi Beragama di Indonesia.” 2 2 (2019): 1–11.

Hidayat. Pancasila sebagai Ideologi Terbuka: Relevansinya dalam Kehidupan Bangsa.

Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2018.

Hutapea dan Agustina. “Pola Komunikasi Pemimpin Politik Berdasarkan Ideologi Pancasila dalam Menghadapi Tantangan Demokrasi.” 8 1 (2020): 77-91. https://doi.org/10.55108/jap.v5i2.206

Kristiawan dan Hasyim. “Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah.” 7 2 (2019): 173–86. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620

Kurniawan dan Setiyadi. “Pola Komunikasi Relawan dalam Pemenangan Calon Legislatif Pemilu 2019 Berbasis Ideologi Pancasila.” 3 2 (2019): 193–207.

Lestari dan Indrayanti. “Eksistensi Bahasa Dalam Komunikasi Interpersonal: Pengaruh Pola Komunikasi Organisasi Terhadap Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Berdasarkan Ideologi Pancasila (Studi pada Organisasi Mahasiswa).” 11 2 (2020): 112–28. http://dx.doi.org/10.19166/pji.v16i2.2261

Mahmud. metode penelitian pendidikan. Bandung: pustaka setia, 2011.

Mun’im, Muhtadi Abdul. Metode Penelitian untuk pemula. Al-Amien Prenduan: Mutiara Press, 2013.

Nizar, Yasyva Agfa, dan Yusnia I’anatur Rofiqoh. “Komunikasi Interkultural dan Pluralitas Toleransi Antar Umat Beragama,” t.t.

Prasojo. Komunikasi Publik Berbasis Pancasila. Surabaya: Media Pressindo, 2019.

Rasyid dan Muhadjir. Komunikasi Organisasi: Perspektif Teori dan Praktik. Jakarta: Graha Ilmu., 2016.

Thalib, Shania Salma, dan Jufri Alkatiri. “POLA KOMUNIKASI PROTOKOL DALAM PELAYANAN PIMPINAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN,” t.t.

Widianto. “Pemanfaatan Media Baru Untuk Efektifitas Komunikasi: Penerapan Prinsip Keterbukaan Informasi Publik dalam Pola Komunikasi Pemerintah Berbasis Ideologi Pancasila.” 8 2 (2020): 229–40. http://dx.doi.org/10.52434/jk.v7i1.1019

Yulianti dan Nurdiana. “Komunikasi Synchronous dan Asynchronous: Pola Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat dalam Membangun Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Berdasarkan Ideologi Pancasila.” 3 1 (2020): 42–55. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v6i2.4947

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 AL MUNIR : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional