GAYA KOMUNIKASI KEVIN NGUYEN DALAM MENYAMPAIKAN ISU POLITIK DI MEDIA TIKTOK

Umi Jazilatul Khanifah

Abstract


Komunikasi merupakan kegiatan pertukaran gagasan secara verbal maupun nonverbal antar manusia. Suatu kegiatan komunikasi memerlukan cara penyampaian dan gaya bahasa yang baik. Oleh karena itu dalam berkomunikasi manusia tidak akan bisa lepas dari gaya komunikasi. Begitu pula dengan Kevin Nguyen dalam menyampaikan isu politik di media TikTok Ia memerlukan gaya komunikasi yang baik. Dengan adanya gaya komunikasi yang digunakan Kevin Nguyen, pesan yang disampaikan memiliki daya tarik dan mudah diterima oleh para pengguna media TikTok bahkan di luar media sosial tersebut. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui bagaimana gaya komunikasi dan apa saja faktor pendukung gaya komunikasi Kevin Nguyen dalam menyampaikan isu politik di media TikTok. Selanjutnya pada pengelolaan data, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori gaya komunikasi Robert Norton. Dalam teori tersebut terdapat 10 gaya komunikasi yang dikemukakan oleh Norton. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya komunikasi Kevin Nguyen dalam menyampaikan isu politik di media TikTok meliputi gaya komunikasi yang dominan, gaya komunikasi argumentatif atau kontroversial, gaya komunikasi animasi ekspresif, gaya komunikasi meninggalkan kesan, gaya komunikasi santai dan gaya komunikasi bersahabat. Kemudian ditemukan adanya faktor pendukung gaya komunikasi Kevin Nguyen diantaranya, kondisi fisik, peran, bahasa dan hubungan.

Keywords


Gaya Komunikasi, Isu Politik, Media TikTok, Kevin Nguyen.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/amj-kpi.v14i1.7017
Abstract views : 78 times
PDF : 39 times

References


Atnan, A. N. (2022). Pengaruh Konten Edukasi Tiktok Terhadap Pengetahuan Mahasiswa: Sebuah Kajian Sosiologi Pendidikan. Jurnal Basicedu, Vol. 6 No. 4 , 2.

“Biodata dan Profil Kevin Nguyen: Umur, Agama dan Karier, TikToker Ganteng yang Informatif Abis”. Diakses dari https://kuyou.id/homepage/read/30387/biodata-dan-profil-kevin-nguyen-umur-agama-dan-karier-tiktoker-ganteng-yang-informatif-abis. Pada 7 Maret 2023. Pukul 15:21 WIB.

Dalman. (2015). Ketrampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dianner H. Saphiere, B. M. (2005). Communication Highwire Leveaging The Power Of Diverse Communication Styles,. Boston: Intercultural Press.

Fatikh, L. e. (2021). Gaya Komunikasi Najwa Shihab Dalam Acara Mata Najwa (Episode Pura-pura Penjara). Jurnal Al-Tsiqoh (Dakwah dan ekonomi), Vol. 6 No. 2, 2.

Hidayat, D. N. (2003). Paradigma dan Metodologi Peneltian Sosial Empirik Klasik. Jakarta: Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesa.

Moloeng, L. J. (2007). Metodelogi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakaryat.

Morrisan. (2013). Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana.

Norton, R. (1983). Communicator Style Theory, Applications, and Measures. Baverely Hills: Sage Publications.

“Pengguna TikTok Indonesia Gempar, Potensi Cuan Menggelegar!”. Diakses dari https://ginee.com/id/insights/pengguna-tiktok/. Pada 12 Juni 2023. Pukul 22:34 WIB.

Rafni, M. A. (2018). Analisis Isu Pemilihan Presiden 2019 Di Media sosial Whatsapp Mahasisswa Universitas Negeri Padang. Jurnal Of Civic Eduacation, Vol. 1 No. 4 , 2.

Ruslan, R. (1998). Manajemen Public Relation dan Manajemen komunikasi. Jakarta: Grafindo Persada.

Widjaja, A. (2000). Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: Rineka cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 AL MUNIR : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional