EKSPLORASI DIMENSI PSYCHOLOGICAL WELL-BEING MAHASISWA PSIKOLOGI ISLAM

Rizal Kurniawan

Abstract


Jurusan Psikologi Islam (PI) merupakan jurusan yang mengalami banyak tantangan. Hal tersebut akan berdampak pada kesejahteraan mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengekplorasi bagaimana psychological well-being (PWB)  atau kesejahteraan psikologis mahasiswa PI. Teori yang digunakan adalah dari Ryff (1987)  yang menyatakan PWB terdiri dari enam dimensi. Situasi dirancang berdasarkan teori untuk melihat tingkat PWB mahasiswa untuk setiap dimensinya. Skala berbentuk semantik difrerensial digunakan untuk melihat tingkat kesulitan mahasiswa dalam merespon situasi tersebut. Sebanyak 193 orang mahasiswa PI ikut serta dalam penelitian ini dengan rata-rata umur 19 tahun. Sebagian besar mahasiswa PI dapat dengan mudah menghadapi situasi dari ke enam dimensi PWB. Dimensi yang paling sulit dihadapi oleh mahasiswa PI adalah tujuan hidup tertuma mahasiswa yang berada pada semester tiga dan lima. Mahasiswa PI mudah mencari kelebihan yang mereka miliki, namun kesulitan untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki. Mahasiswa semester awal mengalami kesulitan dalam beradaptasi pada lingkungan tempat tinggal sendangkan semester tiga dan lima mengalami kesulitan dalam adaptasi lingkungan kampus. Mahasiswa PI juga merasa mudah untuk bercerita dengan teman namun mereka sulit untuk mempercayai teman mereka.


Keywords


Psychological well-being, Psikologi Islam

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alqalb.v6i2.816
Abstract views : 563 times
PDF : 479 times

References


Bond, T. G., & Fox, C. M. 2007. Applying The Rasch Model: Fundamental Measurement in The Human Science. Second edition. New Jersey: Lawrence Erlbaum.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. 2008. Hedonia, Eudaimonia and well-being: An Introduction. Journal of Happiness Studies. 9, 1-11.

Kurniawan. R. 2015. Apakah mahasiswa Psikologi Islam bahagia?: Gambaran psycological well-being pada mahasiswa Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin IAIN Imam Bonjol Padang dengan pendekatan pemodelan Rasch. Konsorsium Keilmuan Psikologi Islam se-Indonesia.

Ryff, C. D. 1989. Happiness of everything, or is it? Exploration of the meaning of psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 57, 1069-1081.

Snyder, C. R & Lopez, S. J. 2007. Positive Psychology: The Scientific and Practical Exploration of Human Strengths. California: Sage.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. 2014. Aplikasi Model Rasch Untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial (Edisi Revisi). Bandung: Trim Komunikata.

Wilson, M. 2005. Constructing Measures: An Item Response Modeling Approach. New Jersey. Lawrence Erlbaum.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ruang Jurnal,
Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama,
UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Mahmud Yunus No.6,Lubuk Lintah,
Kota Padang, Sumatra Barat
E-mail: jurnal-alqalb@uinib.ac.id

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.