HUBUNGAN KEPUASAN KERJA DENGAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI REKTORAT X DI PADANG

Novil Cut Nizar, Murisal Murisal

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya keluhan dari pegawai mengenai fasilitas yang dimiliki salah satunya yaitu seringnya mati lampu pada saat jam kerja yang menyebabkan terhambatnya dalam proses bekerja. Selain itu, terjadi pelanggaran terhadap disiplin kerja oleh pegawai seperti datang terlambat dari jam yang seharusnya, tidak hadir tanpa alasan pada jadwal kerja, keluar saat jam kerja, dan pulang kerja lebih awal dari jadwal yang telah ditentukan. Permasalahan di atas disebabkan oleh kurangnya kepuasan pegawai dalam bekerja dan kurangnya disiplin pegawai dalam bekerja.Kepuasan kerja adalah sikap senang atau tidak senang, puas atau tidak puas seseorang pegawai terhadap pekerjaannya.Sedangkan disiplin kerja adalah sikap atau perbuatan pegawai yang mengikuti pedoman-pedoman pada suatu organisasi demi tercapainya tujuan yang diinginkan dari organisasi tersebut.Populasi dalam penelitian ini adalah Pegawai rektorat X di Padang berjumlah 103 orang dengan sampel penelitian berjumlah 52 orang. Penelitian ini menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pegawai Rektorat X di Padang memiliki tingkat kepuasan kerja yang sedang, (2) Pegawai Rektorat memiliki tingkat disiplin kerja yang sedang, dan (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kepuasan kerja dengan disiplin kerja Pegawai Rektorat X di Padang.


Keywords


Kepuasan kerja, Disiplin kerja

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alqalb.v7i2.843
Abstract views : 1088 times
PDF : 1373 times

References


Azwar, Saifuddin. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bangun, Wilson. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Davis, Keith & John Newstron, terjemahan Agus Dharma.(1985). Perilaku dalam Organisasi.Jakarta: Erlangga.

T. Handoko, Hani. (2000). Manajemen Personalia Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Hasibuan, Melayu S.P. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Latainer, Alfred R dan I.E Levine. (1985). Teknik Memimpin Pegawai dan Pekerja judul asli The Techniques Of Supervisionditerjemahkan oleh Imam Soedjono 2003. Jakarta:PT Bumi Aksara

Mangkunegara, A.A. A.P. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mariati.(2013). Pengaruh Work-Life Balance dan Burnout terhadap Kepuasan Kerja.Tesis. Yogyakarta: Universitas Atmajaya Yogyakarta (tidak diterbitkan).

Munandar, Ashar Suyoto. (2001) Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia(UI-Press).

Prestawan, Anang. (2010). Hubungan Antara Kepuasan Kerja dan Disiplin Kerja dengan Produktivitas Kerja Karyawan Ansuransi Jiwa Bersama BUMIPUTERA Surakarta.Skripsi. Surakarta: Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta (tidak diterbitkan).

Rohmalia, Lilistgfaro. (2014). Analisis Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kepuasan Kerja untuk meningkatkan Kinerja Guru SMP, MTS dan Ma Tkhassus Al-quran Demak.Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dipononogoro (tidak diterbitkan).

Shihab, M. Quraish. (2002). Tafsir Al Mishbah. Jakarta: Lantera Hati.

Spector, P. E. (2012). Industrial and Organizational Psychology. Singapore: John Wiley & Sons Singapore Pte. Ltd.

Sutrisno, Edy. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana prenada media group.

Wijono, Sutarto. (2011). Psikologi Industri dan Organisasi dalam Suatu Bidang Gerak Psikologi Sumber Daya Manusia.Jakarta: Kencana Media Group.

Wirawan.(2013). Kepemimpinan (Teori Psikologi, Perilaku Organisasi, Aplikasi dan Penelitian).Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Yuwono, Ino, Fajrianti, M.Ghozali Bagus Ani Putra. (2005). Psikologi Industri dan Organisasi. Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas Airlangga.

www.koran.padek.com diakses pada tanggal 21 April 2015 pukul 13.00 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ruang Jurnal,
Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama,
UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Mahmud Yunus No.6,Lubuk Lintah,
Kota Padang, Sumatra Barat
E-mail: jurnal-alqalb@uinib.ac.id

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.