HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA MTsN

Hasneli Hasneli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan kecerdasan emosional dengan penyesuaian diri pada remaja di MTsN Pitalah. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data yaitu analisis Correlation Product Moment Pearson yang diolah dengan program SPSS versi 20.0 for windows. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja kelas VII MTsN Pitalah berjumlah 190 orang dengan sampel sebanyak 128 siswa. Teknik penarikan sampel yaitu simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala psikologi yang berpedoman pada skala Likert, dengan menggunakan dua buah skala sebagai alat ukur, yaitu skala kecerdasan emosional dan skala penyesuaian diri. Hasil analisis data penelitian menunjukkan (1) Remaja di MTsN Pitalah memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, yaitu sebanyak 64 orang atau 50% dan rendah yaitu sebanyak 64 orang atau 50% (2) Tingkat penyesuaian diri remaja di MTsN Pitalah memiliki penyesuaian diri yang tinggi sebanyak 64 orang atau 50% dan rendah sebanyak 64 orang atau 50%, dan (3) Hasil analisis data menunjukkan nilai Pearson Correlation sebesar rxy= 0,788 > 0,174 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Artinya, terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian diri  remaja di MTsN Pitalah.


Keywords


Kecerdasan Emosional, Penyesuaian Diri, Remaja Awal

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alqalb.v8i1.865
Abstract views : 767 times
PDF : 1220 times

References


Babaei, Mahnaz. & Cheraghali, MR. (2016). The relation of emotional intelligence with social and job adjustment among health care centers’ staffs. International Journal Of Humanities And Cultural Studies ISSN 2356- 5926:353-360.

Department of Social and Political Sciences Golestan University Iran. Diunduh pada tanggal 30 Mei 2017 pada pukul 06.25 WIB dari http://www.ijhcs.com/index.php/-ijhcs/article/view/File748660.

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Goleman, Daniel. (2015). Emotional Intelligence: Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ (terjemahan T. Hermaya). Jakarta: Gramedia.

Hasan, Aliah BP. (2008). Psikologi Perkembangan Islami: Menyikapi Rentang Kehidupan Manusia dari Prakelahiran Hingga Pascakematian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lestari, Septri Sukma. 2016. Hubungan keterbukaan diri dengan penyesuaian diri mahasiswa Riau di Yogyakarta. E-Jurnal Bimbingan dan Konseling Edisi 3 Tahun ke-5: Universitas Negri Yogyakarta. Diunduh pada tanggal 30 Agustus 2017 pad puku 05.40 WIB dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipbk/article/view/1020/908.

Listiana, Anita., & Suharyat, Y. (2016). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI: Survei di SMAN 1 Cikarang Barat. Jurnal Turats, Vol. 12, No. 2: Diunduh pada tanggal 05 April 2017 pada pukul 1:46 WIB dari http://ejournal-unisma.net/ojs/index.php/turats/article/view/139/011/81.

Muslim, Al-Imam Abi Al-Husain. (2001). Sahih Muslim. Jami’ Al-Hukub Mahfuzah.

Nisya’, Lidya S., & Sofiah, D. Religiusitas, kecerdasan emosional dan kenakalan remaja. Jurnal Psikologi Vol.7 No. 2: Universitas PGRI Nusantara Kediri dan Universitas 17 Agustus 1945 Surbaya. Di Unduh pada tanggal 10 Agustus 2016 pada pukul: 10:46 WIB dari http://jurnal.unmer.ac.id.

Prasetiyo, Anggit., & Andriani, I. (2011). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan subjective well being pada mahasiswa tingkat pertama. Jurnal Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur, & Sipil) Volume 4. Diunduh pada tanggal 8 Oktober 2016 pada pukul 5:10 WIB dari http://repository.gunadarma.ac.id/449/1/hubungan%20-antara%20kecerdasan%20emosi_ug.pdf.

Santrock, John W. (2011). Life-Span Development: Sepanjang Rentang Kehidu- pan. Jakarta: Erlangga.

Sarwono, Sarlito W. (2010). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.

Siregar, Lis.Y.S. (2014). Kecerdasan emosi dan penyesuaian diri (Studi Aplikasi Kode Etik Mahasiswa di STAIN Padang Sidimpuan). Jurnal Tazkir Vol. 9:Diunduh pada tanggal 8 Oktober 2016 pada pukul 6:30 WIB dari http://jurnal.iainpadangsidimpuan.ac.id/index.php/TZ/article/view/-103/92.

Sugiyono. (2010). Statiska Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sunarto., & Hartono, A. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sundari, Siti. (2005). Kesehatan Mental dalam Kehidupan. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, Hamzah. B. (2012). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Willis, Sofyan S. (2013). Psikologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, Syamsu. (2011). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosda Karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ruang Jurnal,
Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama,
UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Mahmud Yunus No.6,Lubuk Lintah,
Kota Padang, Sumatra Barat
E-mail: jurnal-alqalb@uinib.ac.id

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.