HUBUNGAN KEBERSYUKURAN DENGAN PERILAKU PROSOSIAL PADA MAHASISWA

Wildatul Husna, Reza Fahmi, Rizal Kurniawan

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil data awal yang peneliti temukan di lapangan bahwa masih banyak mahasiswa yangmemiliki perilaku prososial rendah. Mereka tidak mau terlibat dengan masalah orang lain, tidak mau menolong, serta memiliki egosentrisme yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kategori kebersyukuran, kategori perilaku prososial, dan hubungan kebersyukuran dengan perilaku prsososial mahasiswa prodi Ilmu Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik korelasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kebersyukuran dan variabel terikat adalah perilaku prososial. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi Ilmu Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang berjumlah 358 Mahasiswa dengan sampel penelitian berjumlah 189 mahasiswa. Penarikan sampel penelitian dengan menggunakan proportionate stratified random. Teknik  pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala psikologi, yang berpedoman pada skala model Likert yang dimodifikasi. Penelitian ini menggunakan dua skala sebagai alat ukur yaitu skala kebersyukuran dan skala perilaku prososial. Hasil korelasi menunjukkan adanya hubungan positif antara kebersyukuran dengan perilaku prososial Nilai koefisien korelasi sebesar 0,486 yang berarah positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 56,6% mahasiswa memiliki kebersyukuran yang tinggi dan sebanyak 52,4% mahasiswa menunjukkan perilaku prososial yang tinggi.


Keywords


Kebersyukuran, Perilaku Prososial

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alqalb.v10i2.960
Abstract views : 2549 times
PDF : 2557 times

References


Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Baron, R.A. & Byrne, D. (2005). Psikologi Sosial Jilid Dua Ed Kesepuluh. Jakarta: Erlangga

Cahyono, Y.B. (2016). Persepsi Tentang Metode Service Learning, Konsep Diri dan Perilaku Prososial Mahasiswa. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, Volume 5, No. 02, 115-125

Chaplin, J.P. (2006). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Emmons, R.A. & McCullough, M.E. (2004). The Psychology of Gratitude. New York: Oxford University Press

Listiyandini, R.A., Nathania, A., Syahniar, D., Sonia, L., &

Nadya, R. (2015). Mengukur Rasa Syukur: Pengembangan Model Awal Skala Bersyukur Versi Indonesia. Jurnal Psikologi Ulayat, Volume 2. No. 2, 473-496

Nawawi, R.S. (2014). Kepribadian Qur’ani. Jakarta: Amzah

Peterson, C., & Seligman, M.E.P. (2004). Character Strength and Virtues: A Handbook & Classification. New York: Oxford University Press.

Priyatno, D. (2014). SPSS 22: Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: Andi.

Renata, S. & Parmitasari, D.L.N. (2016). Perilaku Prososial pada Mahasiswa ditinjau dari Jenis Kelamin dan Tipe Kepribadian. Journal Unika, Volume 15, No. 1, 24-39

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Taylor, S.E., Peplau, L.A., & Sears, D.O. (2009). Psikologi Sosial Ed. Kedua Belas Cetakan kedua. Jakarta: Kencana

Yulianti. (2017). Identifikasi Perilaku Prososial Siswa Kelas VII SMP Jaya Manggala. Skripsi (tidak dipublikasikan). Tanggerang Banten: Sekolah Tinggi Agama Budha Negeri Sriwijaya

Sears, D.O, Freedman, J.L, & Peplau, L.A. (2001). Psikologi Sosial Jilid Dua Ed. Kelima. Jakarta: Erlangga

Ubaid, U.A. (2014). Sabar dan Syukur: Gerbang Kebahagiaan di Dunia dan di Akhirat, Cetakan kedua. Jakarta: Amzah

Wicaksono, M.L.H. & Susilawati, L.K.P.A. (2016). Hubungan Rasa Syukur dan Perilaku Prososial Terhadap Psychological Well-Being Pada Remaja Akhir Anggota Islamic Medical Activists Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Journal Udayana, Volume 3, No. 2, 196-208


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ruang Jurnal,
Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama,
UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Mahmud Yunus No.6,Lubuk Lintah,
Kota Padang, Sumatra Barat
E-mail: jurnal-alqalb@uinib.ac.id

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.