Komitme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan Akhlakul Karimah di SMA N 8 Kabupaten Tebo

mujri min

Abstract


Penelitian ini berlokasi di Sekolah Menengah Negeri 8 Tebo, yang dilatar belakangi oleh masalah komitmen guru Agama dalam peningkatan akhlakul karimah pada siswabelum secara optimal. Penelitian ini menjawab permasalahan: mengapa komitmen guru Agama dalam peningkatan akhlakul karimah pada siswa Sekolah Menengah Negeri 8 Tebo belum optimal.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penentuan subjek penelitian menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan, sedangkan uji keterpercayaan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, trianggulasi dan melakukan konsultasi pembimbing.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komitmen guru Agama dalam peningkatan akhlakul karimah pada siswa  di Sekolah Menengah Negeri 8 Tebo belum optimal karena program pembinaan akhlak saat ini belum mampu mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada. Faktor-faktor yang mempengaruhi komitmen guru Agama dalam peningkatan akhlakul karimah pada siswa  di Sekolah Menengah Negeri 8 Tebo yaitu faktor visi dan misi sekolah yang sesuai dengan pembentukan kepribadian siswa, Disiplin siswa di sekolah membuat guru Agama belum mampu menanamkan, memajukan dan meningkatkan nilai akhlak yang baik, etos kerja guru mata pelajaran lain juga kurang peduli terhadap program peningkatan akhlakul karimah pada siswa, faktor pengalaman kerja guru Agama masih lemah dalam menangani masalah-masalah akhlak siswa di sekolah. Upaya peningkatannya dengan memberdayakan guru dengan mengikut sertakan penataran-penataran sesuai dengan bidangnya masing-masing baik melalui kegiatan workshop sekolah maupun penataran di tempat-tempat lain.

Berdasarkan temuan penelitian implikasi penelitian ini adalah: 1) kepada guru Agama agar memiliki komitmen Agama dalam peningkatan akhlakul karimah pada siswa  di Sekolah Menengah Negeri 8 Tebo, 2) kepada kepala Sekolah Menengah Negeri 8 Tebo agar memiliki komitmen yang sama dengan guru Agama dalam meningkatkan dalam peningkatan akhlakul karimah pada siswa, dan 3) kepada guru mata pelajaran lainnya agar bisa bersinergi dalam dalam peningkatan akhlakul karimah pada siswa.


Keywords


Komitmen Guru Agama Islam, Akhlakul Karimah



DOI: https://doi.org/10.15548/attarbiyah.v12i1.1684
Abstract views : 38 times

References


Abu Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Mughirah bin Bardazbah al-Bukhari, SahihBukhari, Beirut: DarulFikr, 1819.

Abuddin Nata, Akhlak/Tasawuf, Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

Akhmal Hawi, Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam

Kementerian Agama RI, Kementerian Agama RI, Al-Qur’an Tajwid&Terjemahan, Jakarta: Maghfirah Pustaka, 2006

E. Mulyasa, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan:Kemandirian guru dan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Ahmad Dimyathi Badruzzaman, PanduanKuliah Agama Islam, Bandung: SinarBaru, 2004.

Beni Ahmad Soebani, IlmuAkhlaq, Bandung: PustakaSetia, 2012.

Anita E. Woolfolkdan Lorraine McCune-Nicolich, Educational Psikology for Teacher, Terj. M. KhairulAnam, Englewood Cliffs NJ: College Division Prentice Hall, 2004.

John W. Santrock, Educational Psychology, Terj. Diana Angelica, Jakarta: Salemba Humanika, 2011.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2015.

E. Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.