EKSTRAKULER SEBAGAI MODAL PENGEMBANGAN DIRI PESERTA DIDIK: Studi Pada Pondok Pesantren Modern Adlaniyah Ujung Gading Pasaman Barat

Pastal Pastal, Mahyudin Ritonga, Syaflin Halim

Abstract


Abstrak: Ekstrakurikuler pada banyak lembaga pendidikan dipandang sebagai bagian yang tidak penting sehingga keberadaannya dianggap hanya sebatas mengisi waktu luang dan kurang mendapat perhatian dari peserta didik. Hal ini berbeda dengan yang terjadi di Pondok Pesantren Modern Adlaniyyah, para santri memiliki perhatian yang tinggi terhadap ekstrakurikuler sehingga banyak yang dapat menyalurkan bakat dan minat melalui ekstrakurikuler tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengekspos bentuk-bentuk ekstrakurikuler yang ada pada pondok pesantren tersebut serta pengembangan diri santri yang terwujud melalui ekstrakurikuler. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data ialah pimpinan pondok pesantren, guru, santri serta fenomena yang terjadi di lokasi penelitian. Adapun teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, studi dokumentasi, teknik analisis data meliputi reduksi data, klasifikasi data, dan pengambilan kesimpulan, sementara teknik analisis data yang digunakan ialah triangulasi sumber, metode, waktu. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Bentuk-bentuk ekstrakurikuler meliputi: a) bidang olah raga seperti bola kaki, volly ball, badminton, takraw, beladiri, b) bidang keagamaan seperti pelatihan khatib, pelatihan imam, tahfiz, penyelenggaraan jenazah, c) bidang kesenian yang terdiri dari tilawatil qur’an, khat, melukis, d) kunjungan edukatif dalam bentuk mengunjungi perguruan tinggi dan sekolah yang lebih maju, dan ekstrakurikuler berupa e) organisasi kesiswaan. 2) Pengembangan diri santri melalui ekstrakurikuler terwujud adanya santri yang menjadi olah ragawan, pemain bola tingkat kabupaten, dipercayanya santri menjadi khatib dan imam pada beberapa masjid, didapatkannya prestasi pada kegiatan musabaqah, diterimanya alumni pada perguruan tinggi ternama serta alumni mampu menjadi kader pada berbagai organisasi bahkan partai politik.  

Kata Kunci: ekstrakurikuler, keagamaan, pengembangan diri, seni


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/attarbiyah.v11i2.2173
Abstract views : 364 times
PDF : 378 times

References


Annu, Singh, and Mishra Sunita, ‘Extracurricular Activities and Student’S Performance in Secondary School of Government and Private Schools’, International Journal of Sociology and Anthropology Research, 1.1 (2015), 53–61

Carbonaro, William, and Emily Maloney, ‘Extracurricular Activities and Student Outcomes in Elementary and Middle School: Causal Effects or Self-Selection?’, Socius: Sociological Research for a Dynamic World, 5 (2019), 237802311984549

Hakim, Rosniati, and Mahyudin Ritonga, ‘A Study of Religion Education Method With Multicultural Insight’, in International Seminar on Islamic Education (ISIE 2018) Faculty of Islamic Religion, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, July 07th, 2018 (Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2018), pp. 81–97

Hamditika, A Zakso, and G Budjang, ‘Fungsi Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Integrasi Sosial Siswa SMA Negeri 1 Segedong’, Pendidikan Dan Pembelajaran, 2.12 (2013), 1–11

Iwan, ‘Signifikansi Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Dalam Menciptakan Lingkungan Pendidikan Humanis’, Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 3.2 (2018), 133–51

Marini, Arita, ‘Building Students’ Characters Through Extracurricular Activities’, in ATLANTIS PRESS: Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 2017, pp. 266–68

Mukhlisin, and Cecep Sumarna, ‘Hubungan Kegiatan Ekstrakurikuler Dengan Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Di Kelas XI MAN 2 Kabupaten Cirebon’, Jurnal Edueksos, VII.1 (2018), 63–76

Nurlaili, Mahyudin Ritonga, and Mursal, ‘Muroja’ah Sebagai Metode Menghafal Al-Qur’an Studi Pada Rumah Tahfiz Yayasan Ar-Rahmah Nanggalo Padang’, Menara Ilmu, XIV.02 (2020), 73–82

Oberle, Eva, Xuejun R. Ji, Carly Magee, Martin Guhn, Kimberly A. Schonert-Reichl, and Anne M. Gadermann, ‘Extracurricular Activity Profiles and Wellbeing in Middle Childhood: A Population-Level Study’, PLoS ONE, 14.7 (2019), 1–16

Riawan, Moh. Agus, Muhammad Firdaus, and Kasiman, ‘The Influence of Extracurricular Activities, Teacher Teaching Styles and Learning Motivation on Learning Achievement in SMA Satya Dharma Balung Jember’, Journal of Management and Business Apblication, 2.2 (2019), 216–22

Ritonga, Mahyudin, Asrina, Rizka Widayanti, Fitri Alrasi, Julhadi, and Syaflin Halim, ‘Analysis of Arabic Language Learning at Higher Education Institutions with Multi-Religion Students’, Universal Journal of Educational Research, 8.9 (2020), 4333–39

Sadykova, Saule, Aliya Yergazina, Zhaiyk Sultan, Valeriy Korvyakov, and Valentina Ryndak, ‘Students Spiritual and Moral Development in Extracurricular Activities’, European Online Journal of Natural and Social Sciences, 7.1 (2018), 113–26

Saepudin, Asep, Jajat S. Ardiwinata, Ade Sadikin Akhyadi, and Ani Rindiani, ‘The Influence of Participation in Extracurricular Activities to Learning Motivation’, MIMBAR, Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 33.2 (2017), 251

Singh, Annu, and Mishra Sunita, ‘Extracurricular Activities and Student’s Performance in Secondary School’, International Journal of Technical Research and Applications, 2.6 (2014), 8–11

Sugiono, Sugiono, Trisno Martono, and Dewi Kusuma Wardani, ‘Implementation of The Values of Entrepreneurship in Students of SMA Negeri in DKI Jakarta’, International Journal of Active Learning, 3.2 (2018), 92–99

Suleiman, Yusuf, Zahyah Hanafi, and Thanslikan Muhajir, ‘Influence of Extracurricular Services on Students’ Academic Achievement in Secondary Schools in Kwara State: A Qualitative Approach’, IJOLAE Indonesian Journal on Learning and Advanced Education, 1.2 (2019), 1–19

Susanto, Rizki, and Utien Kustianing, ‘Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam Di Sekolah: Studi Di SMPN 3 Malang’, Journal of Research and Thought on Islamic Education, 2.1 (2019), 77–89

Yusuf, Muhammad, Mahyudin Ritonga, and Mursal, ‘Implementasi Karakter Disiplin Dalam Kurikulum 2013 Pada Bidang Studi PAI Di SMA Islam Terpadu Darul Hikmah’, Jurnal Tarbiyatuna, 11.1 (2020), 49–60


Refbacks

  • There are currently no refbacks.