Pembentukan Perilaku Keagamaan Peserta Didik di SMPN 30 Padang

Vera Ayu Putri, Asmaiwaty Arief, Rehani Rehani

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi SMP Negeri 30 Padang yang merupakan salah satu sekolah umum yang memiliki keunggulan program keagamaan seperti adanya tahfiz dan TPA serta seluruh pihak sekolah menanamkan nilai-nilai agama kepada peserta didik yang telah membudaya di sekolah tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Guru PAI dan Data sekunder adalah kepala Hasil temuan penelitian ini ditemukan bahwa pembentukan perilaku keagamaan peserta didik di SMPN 30 Padang, yaitu sebagai berikut: pertama, pelaksanaan ibadah peserta didik melaksanakan program keagamaan, seperti membaca doa sebelum dan sesudah belajar, membaca asmahul husna, membaca alquran, melaksanakan shalat berjemaah, pesantren ramadhan, Rohis dan infak dengan proses Guru sebagai contoh dan pembiasaan bagi peserta didik. kedua, pembentukan akhlak peserta didik terdapat akhlak kepada Allah SWT dengan membiasakan beribadah kepada Allah, Akhlak kepada sesama dengan membiasakan 5 S (Sapa, Salam, Senyum, Sopan dan Santun) dan Akhlak kepada lingkungan dengan menjaga kebersihan sekolah. ketiga, faktor pendukung dalam pembentukan perilaku keagamaan peserta didik di SMPN 30 Padang adalah adanya kerjasama dan keteladanan dari Sekolah kemudian tersedianya sarana dan prasarana dalam pembentukan perilaku keagamaan peserta didik. Sedangkan faktor penghambat dalam pembentukan perilaku keagamaan peserta didik, yaitu: masih kurangnya sarana dan prasarana pendidikan, rendahnya motivasi Peserta Didik, dan Pengawasan guru yang kurang optimal.

Kata Kunci: Pembentukan, Perilaku Keagamaan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/attarbiyah.v11i2.2180
Abstract views : 287 times
PDF : 380 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.