Politik Santri dalam Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia Pasca Orde Baru

Mustamar Iqbal Siregar

Abstract


Tulisan ini mengkaji tentang politik santri terhadap pembaruan pendidikan Islam di Indonesia pada era pasca orde baru (era reformasi). Kajian ini menarik karena bahasannya akan fokus terhadap relasi dependen antara politik santri dan gerak progresif pendidikan Islam di Indonesia pasca orde baru. Penggunaan metodologi riset kepustakaan yang didukung oleh beberapa wawancara tokoh politik semakin mempertajam content analytic dalam melahirkan beberapa konklusi. Diantaranya ditemukan bahwa posisi politik santri yang omnipresence (ada di mana-mana) telah menempatkan posisi pembaruan pendidikan Islam tetap prosfek dalam situasi politik apapun. Selain itu, proses pembaruan pendidikan Islam di Indonesia berjalan secara progresif ke arah integrasi keilmuan.

Keywords


Politik Santri; Pembaruan; Pendidikan Islam



DOI: https://doi.org/10.15548/attarbiyah.v13i2.2291
Abstract views : 81 times

References


Abdullah, Amin. 2014. Agama, Ilmu dan Budaya: Kontribusi Paradigma Integrasi-Interkoneksi Ilmu dalam Menghadapi Isu-Isu Islamic Studies Kontemporer, dalam Amin Abdullah, dkk, Praksis Paradigma Integrasi-Interkoneksi dan Transformasi Islamic Studies di UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta: Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga.

Abdullah, M. Amin. 2006. Islamic Studies di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-interkonektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Achmadi. 2005. Ideologi Pendidikan Islam. Yogyakakarta: Pustaka Pelajar.

Ansor, Muhammad. 2016. Post-Islamism and The Remaking of Islamic Public Sphere in Post-reform Indonesia. Jurnal Studia Islamika, Vol. 23, No. 3, h. 471-515.

Basri, Seta. 2011. Pengantar Ilmu Politik. Jogjakarta: Indie Book Corner.

Buletin Parlementaria. 2019. Nomor 1072/V/IX/2019. Jakarta: DPR RI, h. 5.

Cambell, R.F., J.E. Corbally, dan R.O. Nystrand. 1983. Introduction to Educational Administration. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Daradjat, Zakiyah. 1991. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Dauly, Haedar Putra. 2001. Historisitas dan Eksistensi Pesantren, Sekolah dan Madrasah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Geerzt, Clifford. 2013. Agama Jawa: Abangan, Santri, Priyayi dalam Kebudayaan Jawa. Jakarta: Komunitas Bambu.

H.M, Muhammad Anwar. 2018. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prenamedia Group.

Hayadin. 2019. Orientasi Pilihan Studi dan Profesi Siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia (MAN-IC) Serpong, Banten School System, Edukasi: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Keagamaan, 17 (1), h. 14-26.

Heywood, Andrew dalam Budiardjo Miriam. 2007. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hidajat, Imam. 2009. Teori-Teori Politik. Malang: Setara press.

Isjwara, F. 1995. Pengantar Ilmu Politik. Bandung: Bina Cipta.

Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri.

Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 2002 tentang Perubahan Institut Agama Islam Syarif Hidayatullah Jakarta Menjadi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kuhn, Thomas S. 1996. The Structure of Scientific Revolutions, Edisi Ketiga. Chicago: The University of Chicago Press.

Lampiran Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 7264 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Khusus Seleksi Nasional Peserta Didik Baru Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia, Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan, dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri Tahun Pelajaran 2020/2021.

Ma’arif, Ahmad Syafi’i. 2004. Harapan pada RUU Sisdiknas, dalam Hasyim Muzadi, Syafi’i Ma’arif, dan Didin Hafidhuddin, Refleksi 3 Kiai. Jakarta: Republika. Cet. I.

Maarif, Ahmad Syafi’i. 1996. Islam dan Masalah Kenegaraan. Jakarta: LP3ES.

Madjid, Nurcholish. 1977. Bilik-bilik Pesantren; Sebuah Potret Perjalanan. Cet. I. Jakarta: Paramadina.

Miftahuddin. 2019. Model-Model Integrasi Ilmu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Yogyakarta: Diandra Kreatif dan Anggota IKAPI.

Mulkhan, Abdul Munir, dkk. 1998. Rekonstruksi Pendidikan dan Tradisi Pesantren: Religiusitas IPTEK. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulkhan, Abdul Munir. 2003. Menggagas Pesantren Masa Depan. Yogyakarta: Qirtas.

Mulkhan, Abdul Munir. 2003. Moral Politik Santri: Agama dan Pembelaan Kaum Tertindas. Jakarta: Erlangga.

Nasution, Harun, et.all. 1993. Ensiklopedia Islam. Jakarta: Depag RI.

Nata, Abuddin. 2005. Tokoh-Tokoh Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Noer, Deliar. 1965. Pengantar ke Pemikiran Politik. Medan: Dwipa.

Nurdin, Syafruddin dan Adriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: P.T. RajaGrafindo Persada.

Peraturan Menteri Agama Nomor 42 Tahun 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia, Pasal 1 Ayat (2).

Ramayulis dan Samsul Nizar. 2009. Filasafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokoh. Jakarta: Kalam Mulia.

Republika, 22/11/2019.

Saadah, Siti Fatihatus. 2019. Hari Santri dan Respon Organisasi Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) di Surabaya Tahun 2015-2018. Skripsi. Surabaya: Fakultas Adab dan Humanora UIN Sunan Ampel.

Suharto, Babun. 2011. Dari Pesantren Untuk Umat: Reiventing Eksistensi Pesantren di Era Globalisasi. Surabaya: Imtiyaz.

Suyanto. 2004. Undang-Undang Sisdiknas Yang Pernah Menjadi Terdakwa”, MIIPS Vol. 3, No. 1 Maret, h. 93-104.

Terry, George R. dan Leslie W. Rue. 2005. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: PT, Bumi Aksara.

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren.

Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.

Wasito, Wojo dan Poerwadaminta. 1980. Kamus Lengkap (Inggris-Indonesia/Indonesia Inggris). Bandung: HASTA.

Wawancara dengan Bapak Dede Rosyada, mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, sekaligus mantar Direktur Pendidikan Tinggi Islam, Ditjend Pendidikan Islam, pada tanggal 22 Oktober 2018, di Padang.

Wawancara dengan Bapak Dr. Saleh Partaonan Daulay, M.A, Anggota DPR RI Periode 2014-2019 dan 2019-2024, pada tanggal 30 Oktober 2018.

Wawancara dengan Bapak Dr. Saleh Partaonan Daulay, M.A, Anggota DPR RI Periode 2014-2019 dan 2019-2024, pada tanggal 30 Oktober 2018.

Wawancara dengan Bapak Iskan Qobla Lubis, Lc, M.A., Anggota Komisi VIII DPR RI (2014-2019 dan 2019-2024) pada tanggal 3 Maret 2020, pukul 14.00 –15.30 Wib, di Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah.

Wawancara dengan Bapak Iskan Qobla Lubis, Lc, M.A., Anggota Komisi VIII DPR RI (2014-2019 dan 2019-2024) pada tanggal 3 Maret 2020, pukul 14.00 – 15.30 Wib, di Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah.

Widoyoko, S. Eko Putro. 2010. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yasmadi. 2005. Modernisasi Pesantren: Kritik Nurcholish Madjid Terhadap Pendidikan Islam Tradisional. Jakarta: Ciputat Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.