Peranan Perempuan dalam Pengelolaan Batas-batas Praktek Keagamaan di Lembaga Pendidikan Islam Perspektif Amina Wadud

Siti Aisyah Aisyah, Siti Nur Azizah

Abstract


Artikel ini menjelaskan tentang eksistensi perempuan yang berperan dalam sebuah pengelolan pada batas-batas praktek keagamaan yang berlangsung di lembaga pendidikan Islam, kali ini kita melihatnya dalam kacamata Amina Wadud, sang filosof Amerika, dan pejuang feminisme yang kontroversial dan berpengaruh. Ketertarikannya terhadap adanya tindak diskriminatif pada perempuan, serta hilangnya kesetaraan juga menjadi salah satu sebab yang mengajaknya untuk masuk dalam Islam. Berbagai riset, dan analisis dilakukannya dengan kritis dan berani, demi mengungkapkan apa faktor dibalik adanya ketidak setaraan gender dalam lingkungan masyarakat saat ini.


Keywords


Peran, Perempuan, Amina Wadud, Keagamaan, Gender

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/attarbiyah.v14i2.2328
Abstract views : 45 times
PDF : 28 times

References


Amaliatulwalidain. Diskursus Gender: Telaah Terhadap Pemikiran Amina Wadud. Tamaddun, Vol. XV, No. 1/Januari – Juni 2015.

Bafadhol, Ibrahim. Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia, Jurnal Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 06, No. 11, (Januari, 2017).

Baried, Siti Baroroh. Konsep Perempuan dalam Islam, dalam Lies M. Marcoes-Natsir (ed.), Perempuan Islam Indonesia dalam Kajian Tekstual dan Kontekstual. Jakarta: INIS, 1993.

Dzuhayatin, Siti Ruhaini. dkk. Rekonstruksi Metodologis Wacana Kesataraan Gender dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.

Fahmi, Muhammad. Nalar Pendidikan Feminis Dalam Konstruksi Kesetaraan Gender Amina Wadud. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1 No.2 (Desember,2019).

Husin, Nixson. Suara Wanita (Tinjauan Mukhtalif al-Hadith). Jurnal Ushuluddin, Vol. XXI, No. 1, (Januari, 2014)

Kamrava, Mehran. The New Voice of Islam: Rethinking Politics and Modernity: a Reader. California: University California Press, 2006.

Muhammad, Husein. Perempuan Ulama di Atas Panggung Sejarah. Yogyakarta: IRCiSoD, 2020.

Muhsin, Amina Wadud. Qur’an Menurut Perempuan: Membaca Kembali Kitab Suci Dengan Semangat Keadilan. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta, 2006.

Purwati, Eni dan Hanun Asrohah. Bias Gender dalam Pendidikan Islam. Surabaya : Alpha, 2005.

Qardhawi, Yusuf. Fatwa-fatwa Kontemporer Jilid 1. Jakarta: Gema Insani Press, 1999.

Umar, Bukhari. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah, 2010.

Wadud, Amina. Alqur’an dan Perempuan, dalam Charlez Kurzman, Wacana Islam Liberal; Pemikiran Islam Koontemporer tentang Isu-isu Global. Jakarta: Paramadina, 2003.

____________. Inside the Gender Jihad:Women’s Reform in Islam. Oxford: Oneworld, 2006.

____________. Quran dan Perempuan: Meluruskan Bias Gender dalam Tradisi Islam. Jakarta: Serambi, 2001.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.