Pengaruh Fasilitas Belajar dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Kota Solok

Tomi Farto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Kota Solok.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Kota Solok sebanyak 1.648 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 94 orang yang diambil berdasarkan rumus yang dikemukanan oleh slovin dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data untuk variabel kecerdasan emosional dan fasilitas belajar dengan menggunakan teknik angket, sedangkan untuk variabel hasil belajar pendidikan agama Islam menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik regresi sederhana dan regresi ganda.

Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan  fasilitas belajar terhadap prestasi belajar PAI sebesar 7,9%. Sisanya 92,1% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Setelah dibandingkan nilai F hitung dengan Nilai F tabel, dapat diketahui nilai F hitung > nilai F tabel (7,844 > 3,94) pada taraf signifikansi 5%. Hal ini mengindikasikan bahwa persamaan regresi yang terbentuk antara variabel fasilitas belajar terhadap prestasi belajar PAI dapat diterima keberadaannya. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar PAI sebesar 19,5%. Sisanya 80,5% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Setelah dibandingkan nilai Fhitung dengan Nilai F tabel, maka dapat diketahui nilai F hitung  (22,334) > nilai F tabel (3,94) pada taraf signifikansi 5%. Hal ini mengindikasikan bahwa persamaan regresi yang terbentuk antara variabel kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar PAI dapat diterima keberadaannya. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan fasilitas belajar dan kecerdasan emosional secara simultan terhadap prestasi belajar PAI sebesar 26,5%. Sisanya 73,5% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Setelah dibandingkan nilai Fhitung dengan Nilai F tabel, maka dapat diketahui nilai F hitung  (16,407) > nilai F tabel (3,10) Karena nilai F hitung > nilai F tabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh fasilitas belajar dan kecerdasan emosional yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar PAI di SMK Negeri 1 Kota Solok.




DOI: https://doi.org/10.15548/attarbiyah.v12i1.2610
Abstract views : 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.