PEMIKIRAN IMAM AL-GHAZALI TENTANG PEMBINAAN AKHLAK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH

Mai Zendra

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  bagaimana  pemikiran imam Al-Ghazali tentang pembinaan akhlak dan implikasinya terhadap Pendidikan karakter di madrasah. Adapun jenis penelitian ini adalah kepustakaan (Library research) dalam bentuk studi tokoh dengan memperoleh gambaran tentang persepsi, motivasi, aspirasi dan ambisi sang tokoh tentang bidang yang digelutinya. Adapun teknik dari penulisan ini adalah content analysis atau analisis isi, yakni pengolahan data dengan cara pemilahan tersendiri berkaitan dengan pembahasan dari beberapa gagasan atau pemikiran para tokoh pendidikan yang kemudian dideskripsikan, dibahas dan dikritik. Selanjutnya dikategorisasikan  dengan data yang sejenis, dan dianalisis isinya secara kritis guna mendapatkan formulasi yang konkrit, sehingga pada akhirnya dijadikan sebagai langkah dalam mengambil kesimpulan sebagai jawaban dari rumusan masalah yang ada.

Penelitian ini menghasilkan temuan: 1. Pembinaan akhlak menurut Al-Gazali merupakan  suatu usaha secara sungguh-sungguh dan berkelanjutan dalam mendorong jiwa manusia untuk menjadi berakhlakul karimah. Sehingga muncul  suatu perbuatan-perbuatan dengan mudah dan gampang, tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan yang berasal dari jiwanya. Pembinaan tersebut dilakukan dengan berbagai macam metode-motode, materi-materi dan nilai-nilai yang menjadi acuan dalam pendidikan. 2) Implikasi Pendidikan akhlak terhadap pendidikan karakter di madrasah dilihat dari berbagai sudut pandang yang menjadi suatu hasil dari penelitian ini sebagai berikut: a) Pendidikan karakter di madrasah. b). Tujuan pendidikan karakter di madrasah. c) Nilai-nilai pendidikan karakter di madrasah. d). Metode yang digunakan dalam pendidikan karakter di madrasah.


Keywords


Imam Al ghazali, pendidikan karakter, akhlak



DOI: https://doi.org/10.15548/attarbiyah.v13i2.2925
Abstract views : 149 times

References


Abu Hamid, 1384,Bidayatul Hidayah, Kudus: Menara.

Akhmad Muhaimin Azzet, 2011., Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia “Revitalisasi Pendidikan Karakter terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa”, Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Al-Gazali, 1403., Minhajul Abidin, Surabaya:Al-Ikhsan,

Arief Firchon dan Agus Mainmun, 2005, Studi tokoh, Metode Penelitian Mengenai Tokoh, Jakarta: Pustaka Pelajar.

At-Ta’dib, Jurnal kependidikan Islam, Volume 3 No. 1 Gontor, Shafar.

Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama RI, 2006., Undang-undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan. Jakarta

Fathiyah Hasan Sulaiman, 1964 , Mahzababut Tarbawy Indal Ghazali Maktabah Nadhah Mesir, Cet, II, Kairo: Maktabah Nadhah Mesir.

Jamal Ma’mur Asmani, 2012 Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di madrasah, Yogyakarta: DIVA Press,Cet. III,

Melia Roza, 2020. Wali Murid Pesantren Ar-Risalah

Nur Uhbiyati,1997.,Ilmu Pendidikan Islam.Bandung: Pustaka Setia.

Tim Penyusun PPK. 2016, Panduan Penilaian Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. (Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Wibowo, Agus.,2012, Pendidikan Karakter, Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Zainudin Fananu, 2010., Pendoman Pendidikan Modern, Arya Surya Perdana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.