Kerjasama Antara Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran PAI di SDN 18 Kampung Lapai Kecamatan Nanggalo Kota Padang Masa Pandemi Covid-19

Fikri Masdalendra fikri

Abstract


Kerjasama adalah kegiatan yang dilakukan oleh beberapa lembaga atau orang untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan bersama. Motivasi belajar adalah kecenderungan peserta didik dalam melakukan kegiatan belajar yang didorong oleh hasrat untuk mencapai prestasi atau hasil belajar sebaik mungkin. Pertama, Bentuk kerjasama antara guru dan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran PAI di SDN 18 Kampung Lapai Kecamatan Nanggalo Kota Padang masa pandemi covid-19 yaitu adanya komunikasi antara guru dan orang tua melalui media seperti surat menyurat, buku raport, buku penghubung, kunjungan kerumah, pertemuan guru dan orang tua serta mengontrol dan mengadakan pengawasan yang dilakukan oleh guru dan orang tua melalui perantara komunikasi gadjet yaitu grup Whatsapp. Kedua, Motivasi belajar peserta didik selama belajar daring cukup baik, hal ini secara umum terlihat bahwa peserta didik memiliki komitmen, inisiatif, dan optimis selama pelaksanaan pembelajaran PAI secara daring. Ketiga, Dengan adanya kerjasama antara guru dan orang tua, maka peserta didik terbantu dalam mengerjakan tugas, lebih mudah memahami setiap pembelajaran PAI serta memiliki kedisiplinan waktu dalam mengerjakan tugas selama pembelajaran daring.




DOI: https://doi.org/10.15548/attarbiyah.v13i2.2980
Abstract views : 80 times

References


Atmaja Purwa Prawira, (2012), Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru, Yogjakarta: Ar- Ruzz Media

Basrowi, (2005), Pengantar Sosiologi, Jakarta: Ghalia Indonesia

C. Riyana Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online, (2019), Universitas Terbuka

Cahyani Adhetya, dkk, Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19, IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam Volume 3 No 01 2020, p. 123-140 ISSN: 2338-4131 (Print) 2715-4793 (Online),h. 130

Coleman M, (2013), Empowering Family-Teacher Partnership Building Connection within Diverse Communities, (Los Angeles: Sage Publication.

Dimyati, (2009), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Hasan Mansur Nst,(2008), Pendidikan Menuju Kehidupan Berkualitas, Bandung: Citapustaka Media Perintis

Hidayat Syarif, 2013, Pengaruh Kerja Sama Orang Tua Dan Guru Terhadap Disiplin Peserta Didik Di SMP Kecamatan Jagakarsa – Jakarta Selatan, (STIMA IMMI Jakarta: Jurnal Ilmiah), Volume 1 Nomor 2

I Sudarsana Ketut, dkk, (2020), Covid-19 Perspektif Pendidikan, Denpasar: Yayasan Kita Menulis E-Book

Ihsan Fuad, (2011), Dasar-Dasar Kependidikan,Jakarta: PT. Rineka Cipta

Laila wardati,dkk, Pola Kerjasama Guru Dan Orang Tua Pada Masa Pandemi Covid 19 Di RA Masjid Agung Medan Polonia, (Al-Ulum Jurnal Pendidikan Islam: STAI Sumatera Medan), Vol 1 No 2 2020

M. Purwanto Ngalim, (2004), Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muhaimin dkk, (1996),Strategi Belajar Mengajar, Surabaya: Citra Media

Nashar, (2004), Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press

NK Roestiyah, (2001), Masalah-Masalah Ilmu Keguruan Jakarta: Bina Aksara, Cet k IV

Redja Mudyahardjo, (2004), Filsafat Ilmu Pendidikan Suatu Pengantar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sumardjo Yakob, (2000), Filsafat Seni,(Bandung, Pener- bit ITB

Suyanto Slamet, (2005), Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Hikayat Publishing


Refbacks

  • There are currently no refbacks.