PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS WHOLE LANGUAGE UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PAI DI STIT SYEKH BURHANUDDIN PARIAMAN

Sri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan, merancang sebuah bahan ajar bahasa Arab khusus untuk pengajaran bahasa Arab di Program Studi PAI STIT Syekh Burhanuddin Pariaman, dengan menggunakan pendekatan Whole Language, yaitu pendekatan pembelajaran bahasa secara utuh, baik dari segi keterampilan bahasa ataupun pengetahuan bahasa yang lebih difokuskan pada keterampilan membaca dan menulis, disajikan degan prinsip kontektual, logis, dan komunikatif serta menggunakan setting nyata dan bermakn. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan pendekatan mixed method yaitu menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif,Penelitian ini menghasilkan sebuah bahan ajar bahasa Arab menggunakan pendekatan Whole Language untuk mahasiswa program studi PAI. Hasil dari validasi yang telah dilakukan oleh para validator terhadap bahan ajar ini secara umum dinilai “sangat baik”. penilaian dari dosen pengampu bahasa Arab pada ujicoba lapangan menunjukkan angka 87,27%. Penilaian ahli isi 89 % ahli desain 95 % dan mahasiswa 88,78 %  sehingga rata-rata porsentase keseluruhan  adalah 89,74 %. Nilai pre-test and post-test mahasiswa pada ujicoba lapangan t hitung 4,69 > t tabel 2,06.

Keywords


Bahan Ajar; Bahasa Arab; Whole Language;



DOI: https://doi.org/10.15548/attarbiyah.v13i1.3174
Abstract views : 128 times

References


Abdul Wahab Muhbib, Epistemologi dan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab,Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah, 2008

Cahyono Bambang Yudi, Kristal-Kristal Ilmu Bahasa Cet. I; Surabaya: Airlangga University Press, 1995

Carlo, De, J.E, Perspektive In Whole Language, USA: ALLyn & Bacon, 1995

Jihad Asep, abdul haris, Evaluasi Pembelajaran Yogyakarta: multi pressindo, 2013

Majid Abdul, Perencanaan Pembelajaran, Bandung :PT Remaja Rosda Karya, 2007

Murtadlo Nurul, Metode Pengajaran Bahasa Arab Bagi Masyarakat Indonesia. Malang: Miskat press, 2003

Ritonga Mahyudin, Semantik Bahasa Arab dalam Pandangan al-Anbari, Padang: Hyfa Press, 2013

Santoso Megawati, dkk, Dokumen KKNI,(Jakarta : Direktorat jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemeterian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, 2015

Suja’i, Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab Strategi dan Metode Pengembangan Kompetensi, Semarang: Walisongo Press, 2008

Thu’aimah Rusydi Ahmad, Ta’lim al-‘Arabiyyah li Ghair al-Nathiqin Biha: Manahijuh wa Asalibuh, Makkah: Jami’ah ‘Umm al-Qurra, 1989

Umam Chatibul et.el. Pedoman Pengajaran Bahasa Arab Pada Perguruan Tinggi Agama IAIN. Jakarta Proyek Pengembangan Sistem Pendidikan Agama RI, 1975

winarso Widodo, Membangun Kemampuan Berpikir Matematika Tingkat Tinggi Melalui Pendekatan Induktif, Deduktif, Induktif-Deduktif Dalam Pembelajaran Matematika, cirebon : Jurnal Eduma Vol.3 No.2 ISSN: 2086-3918, Desember 2014

Yusuf Enjang Burhanuddin, Kurikulum MKDU Bahasa Arab di PTKI Perspektif Arabic for AcademicPurposes (AAP), Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, (Kudus: STAIN Kudus, 2016, Vol. 8, (2), pp. 1-12.

Zulela, Pembelajaran Bahasa Indonesia Apresiasi Sastra Disekolah Dasar, Bandung; PT Remaja Rosdakarya, 2013


Refbacks

  • There are currently no refbacks.