Kontrol Diri dan Motivasi Berprestasi Peserta Didik

Zulvia Trinova, Een Rasullu

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang ditemukan terlihat bahwa dalam fenomena yang terjadi di lapangan yaitu adanya peserta didik mengobrol dengan teman ketika jam pelajaran berlangsung, bahkan ada yang membantah, adanya peserta didik yang duduk di warung ketika jam pelajaran sedang berlangsung dalam masalah tersebut akan mempengaruhi kontrol diri peserta didik untuk motivasi berprestasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan kontrol diri dengan motivasi berprestasi peserta didik kelas VIII di SMPN 28 Padang. Batasan masalah dari penelitian ini adalah: (1) kontrol diri peserta didik kelasVIII di SMPN 28 Padang. (2) Motivasi berprestasi peserta didik kelasVIII di SMPN 28 Padang. (3) Hubungan kontrol dengan motivasi berprestasi peserta didik kelas VIII di SMPN 28 Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui gambaran kontrol diri peserta didik kelas VIII di SMPN 28 Padang. (2) untuk mengetahui  gambaran motivasi berprestasi peserta didik kelas VIII di SMPN 28 Padang, (3) untuk mengetahui gambaran hubungan kontrol diri dengan motivasi berprestasi peserta didik kelas VIII di SMPN 28 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi 234 peserta didik, sampel 70 perserta didik, teknik pengambilan sampel digunakan yaitu random sampling. Hasil yang didapatkan yaitu terdapatnya hubungan yang signifikan antara kontrol diri dengan motivasi berprestasi peserta didik kelas VII di SMPN 28 Padang, dimana r_xy=0,698 lebih besar dari taraf signifikan yang telah ditentukan. Artinya semakin tinggi kontrol diri peserta didik maka semangkin tinggi pula motivasi berprestasi peserta didik, dan sebaliknya semakin rendah Kontrol diri Peserta Didik maka Semakin rendah pula Motivasi berprestasinya.


References


Akbar, R. H. (2001). Psikologi Perkembangan Anak . Jakarata: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Bachri, T. S. (2010). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana.

Eugene, G. (1994). Faktor-Faktor Prestasi . Jakarta : Binarupa Aksara.

Goleman, D. (2005). Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi . Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama .

Gufron, M. N., & Rinaswita, R. (2010). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Juntika, N. A. (2009). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling . Bandung: Refika Aditama.

Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: raja Grafindo Persada.

Mujib, A. (2002). Nuansa-nuansa Psikologi Islam . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ubaedy, A. (2005). Menggalih Potensi Meraih Prestasi. Depok: Cahaya Ilmu.

Yusuf, S. (2004). Psikologo perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosdakarya.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v5i2.1136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.