Upaya Sekolah dalam Mengidentifikasi Talenta Peserta Didik

Rilci Kurnia Illahi

Abstract


Setiap peserta didik memiliki jenis talenta yang berbeda-beda. Talenta dan ke-mampuan menentukan prestasi seseorang. Ruang Pendidik INS Kayutanam mengembang-kan kurikulum kekhasan sekolah yang disebut dengan Kurikulum Berbasis Talenta. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran di lapangan mengenai proses meng-identifikasi talenta peserta didik yang dilakukan oleh Ruang Pendidik INS Kayutanam. Pen-dekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Hasil pe-nelitian dapat disimpulkan bahwa proses yang dilakukan oleh Ruang Pendidik INS Kayutanam dalam mengidentifikasi talenta peserta didik adalah dengan tes minat bakat be-rupa psikotest dan placement test. Implikasi penelitian ini adalah proses identifikasi talenta peserta didik merupakan hal yang sulit untuk dilakukan bila tidak dibantu oleh keahlian seorang psikolog. Hendaknya Ruang Pendidik INS Kayutanam bekerja sama dengan Psikolog, sehingga dapat membantu dalam memberikan informasi khusus tentang tes prilaku peserta didik.


References


Ambrose, D. (2002). Socioeconomic Stratification and Its Influences on Talent Development: Some Interdisciplinary Perspectives. Gifted Child Quarterly. Summer 2002. Vol. 46 No. 3.

Brody, L. E. (2005). The Study of Exceptional Talent. High Ability Studies, 16 (1). pp. 87-96.

Cooper, C. R., Baum, S. M., and Neu, T. W. (2004a). Developing Scientific Talent in Students With Special Needs: An Alternative Model for Identification, Curriculum, and Assessment. The Journal of Secondary Gifted Education. Vol. XV, No. 4, Summer 2004, pp. 162-169. Copyright ©2004 Prufrock Press, P.O. Box 8813, Waco, TX 76714.

Ichrom, M. S. Y. A. (2000). Pendidikan Anak Berbakat. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Islahuzzaman, N. (2010). Identifikasi Bakat Usia Dini Siswa SD – SMP Surakarta. PAEDAGOGIA, Jilid 13, Nomor 1, Februari 2010, halaman 61 - 69

Latipah, Eva. (2009) Strategi Pengenalan Potensi Anak. Al-Bidayah Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah I vol 1 no 1 Juni 2009.

Lee, S., Matthews, M. S., & Olszewski-Kubilius, P. (2008). A National Picture of Talent Search and Talent Search Educational Programs. Gifted Child Quarterly Volume 52 Number 1 Winter 2008 55-69 © 2008 National Association for Gifted Children 10.1177/0016986207311152 http://gcq.sagepub.com hosted at http://online.sagepub.com.

Munandar, U. (2014) Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Navis, A. A. (1996). Filsafat dan Strategi Pendidikan M. Sjafei: Ruang Pendidik INS Kayutanam. Jakarta: PT Grasindo.

Obidoa, M. (2003). Infusing Talent Development Strategies Into The Regular School System In Nigeria: Enrichment Clusters As A Starting Point. Gifted Education International 2003 Vol 17, pp 297-311 ©2003 A B Academic Publishers.

Rosseli, H. C. (1998). From Passow to Gardner: Curriculum fot Talent Development. Gifted Child Quaterly. Volumr 42, No. 3.

Sayekti, S. (2013). Permasalahan Anak Berbakat di Indonesia. Majalah Ilmiah Pawiyatan, 20 (3), pp. 16 – 23.

Sjafei, M. (1979). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Centre For Strategic and International Studies.

Swiatek, M. A. (2007). The Talent Search Model: Past, Present, and Future. Gifted Child Quarterly Volume 51 Number 4 Fall 2007 320-329 © 2007 National Association for Gifted Children 10.1177/0016986207306318 http://gcq .sagepub.com hosted at http://online.sagepub.com.

Zalman, H. (2012). Kearifan Lokal Sumbar (INS Kayu Tanam). http://hendrizalman.blogspot.co.id/2012/04/blog-post.html#.VmmeoSshq-c. Diakses tanggal 10 November 2015.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v5i2.1139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.